3 Komponen Utama Sistem Komputer

oleh
3 Komponen Utama Sistem Komputer

Selain Handphone, komputer termasuk alat yang harus dimiliki di era sekarang, terutama yang bekerja di kantoran atau hanya sekedar freeline pun membutuhkan sebuah komputer. komputer bukan hanya sebagai mesin pengolah kata atau tempat bermain game. Komputer juga mampu memecahkan masalah artimatika dengan cepat dan tepat. Komputer tidak dapat beroperasi begitusaja, melainkkan memerlukan 3 Komponen Utama Sistem Komputer.

3 Komponen Utama dari Sistem Komputer ini melitupi Hardware, Software dan Brainware. Ketiga hal ini yang akan mimin bahas pada artikel kali ini. Baca dan simak artikel ini sampaihabis.

3 Komponen Utama dar Sistem Komputer : Hardware, Software & Brainware

berikut 3 komponen utama dari sistem komputer.

1. Hardware

Hardware atau biasa yang disebut dengan perangkat keras. Komponen komputer yang memiliki bentuk nyata. Bentuk fisik yang dapat diraba dan dipegang. Hardware sendiri dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bagian seperti, Input Device, Output Device, Processing Device dan Storage Device.

4 komponen tersebut juga akan mimin bahas pada artikel ini, berikut pembahasan dari Input Device, Output Device, Processing Device dan Storage Device.

Inpput Device

Input Device juga sering disebut sebagai perangkat masukkan. Perangkat yang dapat memberikan perintah masuk kedalam komputer, misalnya seperti mengolah kata, gambar, video maupun suara. Contoh dari alat Input Device ini seperti Keyboard, Mouse, Scanner, Web Cam dan Mic.

Output Device

Output Device atau alat keluaran. Perangkat yang memberikan hasil dari data yang diproses oleh komputer. Contoh dari output device ini adalah printer, monitor, speker.

Processing Device

Processing device atau yang kita sering sebut dengan alat pemprosessan. Komputer pasti memiliki alat pemprosessan. Processing device berjalan ketika setelah melakukan input sebelum menuju output. Jadi perintah dahulu di input ke processing, lalu dari processing menghasilkan output.

Contoh gampangnya, ketika kalian mengetik pada MS Word. Kalian inputkan kalimat menggunakan keyboar, setiap huruf dan angka yang kalian ketik, akan menuju ke pemprosessan, kemudian akan muncul di layar komputer kalian.

Alat yang termasuk kedalam pemproses Device ini adalah CPU atau kepanjangannya adalah Central Prosessing Unit. CPU berperan sebagai otak dari computer. Karena ini adalah sebagai otak, dapat berarti CPU adalh core/inti penting dalam komputer.

Storage Device

Storage atau dapat diartikan sebagai penyimpanan. Storage Device merupakan perangkat penyimpanan dari komputer. Berfungsi untuk menyimpan berbagai data yang diperlukan atau yang diolah oleh komputer.

Penyimpanan dari komputer sendiri ada yang bersfat sementara yaitu Random Akses Memori atu yang kita sebut sebagai RAM, dan penyimpanan bersifat permanen. Device yang dapat menyimpan data secara permanen ini adalah Hardisk Baik itu HDD atau SSD yang terbaru sekarang adalah SSD NVME, Flash Disk, CD, DVD dan Floppy Disk.

Disk Ploppy diantara kalian mungkin tidak tahu atau baru mendengar. Disk ini dulu sempat digunakan untuk komputer lawas. Kapasitas penyimpanan hanya beberapa MB.

2. Software

Komponen utama komputer berikutnya adalah software. Atau yang biasa kita sebut dengan perangkat lunak. Jangan salah komputer yang keras jika dilemparkan kekepala kalian bisa jaddi kepala kalian benjol itu memiliki perangkat lunak.

Perangkat lunak dalam komputer tersebut merupakan data digital pada sebuah komputer dan memiliki fungsi tertentu. Perangkat ini tidak memiliki bentuk fisik namun kalian dapat mengoperasikannya melalui Hardware/perangkat keras. Contoh dari software ini adalah Sistem Operasi dari komputer itu sendiri.

Software dari komputer dapat berguna untuk mengatur perangkat keras agar bekerja dengan baik. Misal kalian ingin menggunakan printer, kalian memerlukan software driver printer yang kalian gunakan agar bisa mengoperasikan printer tersebut.

3. Brainware

Komponen Utama Sistem Komputer yang terakhir yaitu Brainware. Brainware yang dimaksud disini adalah sipengguna dari komputer itu sendiri. Peran dari brainware sangat penting, karena jika tidak ada brainware komputer tidak akan dapat berjalan.

yang termasuk kedalam brainware ini selain pengguna biasa ada programer, data analysis, operator dan administrator.

sampai sini pembahasan mengenai 3 Komponen Utama Sistem Komputer, semoga menjawab pertanyaan dan berguna untuk kalian yang mampir ke website ini. Sampijumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.