Apa Itu Bandwidth ?

oleh
Apa Itu Bandwidth ?

Kalian sering mendengar instilah bandwidth ?. apalagi jika kalian pengguna internet aktif pasti sering mendengar istilah ini, apa lagi jika kalian pengguna layanan VPS atau Shared Hosting, sering mendengar dan mendapatkan istilah bandwidth ini.

singkatnya, Bandwidth adalah maksimal besar transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu dalam pertukaran data.

pada artikel ini, mimin akan membahas sedikit mengenai Bandwidth, kegunaanya dan pentingnya Bandwidth ini.

Apa Itu Bandwidth Internet ?

Bandwidth merupakan kapasitas yang bisa dipakai pada kabel ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dengan maksimal tertentu. Pengertian lain dari bandwidth internet adalah jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second ( bps ).

Dapat disimpulkan, Bandwidth adalah kapasitas maksimal jalur komunikasi dalam melakukan pertukaran transfer data. Semakin besar bandwith semakin besar juga dapat melakukan pertukaran data. Karena ini, Badwidth menjadi pertimbangan pemakai jaringan internet. Dikarenakan inilah semakin besar bandwidth maka semakin cepat pertukaran data yang terjadi dan semakin banyak data yang dapat melaluinya dalam satu waktu.

Fungsi

Banwidth dalam jaringan internet memiliki beberapa fungsi yang berdasarkan penggunanya

Sebagai Ukuran Media Transper Data, Bandwidth sangat berguna untuk distribusi data dalam sebuah jaringan, ukuran menjadi sebuah patokan bagi pengguna untuk memilih provider atau layanan yang berhubungan dengan jaringan internet, semakin besar maka semakin baikjuga layanan yang diberikan.

Pembagi Kecepatan Transper Data, fungsi lainnya sebagai pembagi kecepatan transfer, hal ini berguna agar adil dalam mendistribusikan kecepatan kesetiap pengguna provider internet. Hal ini juga dapat membatasi pengguna dan agar tidak berebut bandwidth.

Mengatur Besaran Transfer Data, administrator jaringan terkadang melakukan hal ini untuk mengurangi trafik tinggi dalam jangka waktu yang lama, karena jika jumlah trafik tinggi dalam waktu yang lama dapat mempengaruhi stabilitas jaringan.

bagaimana dengan layanan hosting ? ketika memilih layanan hosting ataupun VPS pasti ada yang namanya bandwidth, dan apakah itu? apakah berpengaruh pada hostingan atau VPS

sama halnya pada pengertian dan fungsi di atas. Bandwidth pada hosting berfungsi untuk membatasi jumlah komunikasi pertukaran data pada akun hosting kalian. Dan jika terjadi kelebihan maka akun hosting kalian biasanya akan tersuspend untuk sementara waktu. Kalian dapat mencari hosting yang menyediakan unlimited Bandwidth.

Pengaruhnya pada hostngan kalian, ketika aplikasi atau website kalian melakukan trasfer atau komunikasi data akan terbatas seperti yang tertera atau disediakan permasing masing akun hosting kalian.

hal yang mempengaruhi banwidth pada website biasanya terletak pada tampilan website, aktivitas upload dan dwonload, SMPT dan POP3. aktivitas tersebut akan sangat berpengaruh karna melakukan dwonload secara tidak langsung dan melakukan request kelayanan.

Saran mimin, pilih hosting sesuai kebutuhan kalian, dan jangan lupa untuk membaca Term Of Service & Acceptable Uses Policy penyedia hosting yang kalian pilih, dan pastikan sesuai dengan kalian. Guna menghindari sesuatu yang tidak diinginkan kemudian harinya. Cari juga layanan hosting yang mampu memberikan uptime 99%. agar website kalian tidak sering down, dan berkualitas, mampu bersaing pada kompentitor lainnya. Jangan tergiur dengan harga murah namun layanan kan kualitas buruk. Pastikan sesuai budged dan hati kalian, agar kalian tidak menyesal dikemudian.

itu dia sekilas penjelasan dan uraian dari mimin, jadi kalian perlu memahaminya, walau kadang tidak terlalu berpengaruh. Namun jika transfer data sudah mulai besar maka akan sangat berpengaruh untuk kalian.

Semoga artikel ini bermanfaat, sampaijumpa pada konten dan artikel selanjutnya. CIAO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.