Apa itu Composer?

Apa itu Composer?

di dalam dunia pemprograman, ada yang namanya composer. Bukan composer di dunia permusikkan. Mungkin jika sebagai pemprograman pemula tidak mengetahui, atau mungkin baru mendengar istilah ini. Apakah ini berhubungan dengan musik ?.

Composer adalah

Secara definisi, composer adalah aplikasi manager paket untuk bahasa pemprograman PHP, Penyedia format standar untuk depedency bahasa php dan beberapa library yang dibutuhkan.

Composer Merupakan tools depedency untuk bahasa pemprograman PHP. maksud dari depedency yaitu ketergantungan, misal seperti membuat sebuah laporan dalam bentuk PDF, project kamu memerlukan sebuah library dari luar. Dengan menggunakan depedency ini, memungkinkan kamu menggunakan library dari packagist.org.

Pada situs packagist.org sendiri, terdapat banyak sekali library yang dapat kamu gunakan. Dengan menggunakan composer sebagai depedency, kamu tidak perlu lagi untuk include satu persatu library.

Normalnya kita jika ingin menggunakan sebuah library, kita akan dwonload library tersebut, kemudian melakukan include satu persatu, sebanyak library yang kita inginkan. Dengan menjadikan komposer sebagai depedency, kita dapat menggunakan library yang ada pada packagist.org, tanpa harus melakukan include satu persatu library yang kita butuhkan. Dan juga tidak harus include satu persatu.

Jika kalian ingin dwonload composer, kalian dapat mengunjugi link resmi di

https://getcomposer.org/

composer adalah

dengan menggunakan depedency ini, kalain akan dimudahkan untuk penggunaan library. oleh karena itu, untuk seorang programer terutama bahasa PHP, sangat dianjurkan untuk menggunakan depedency ini. Penjelasan di atas mungkin sudah menjawab, kenapa dianjurkan untuk menggunakan depedency ini.

Depedency ini memiliki sebuah fitur atau code yang namanya auto load, sehingga memudahkan kita dalam penggunaan library, memudahkan kita untuk tidak perlu load library stu persatu.

Cara keja dari depedency composer ini yaitu membantu kita dalam menemukkan bundle di dalam packagist.org. Sehingga kita tinggal menggunakan dan meaplikasikan kedalam bahasa pemprograman yang kita kerjakan.

seperti repository github, sebagian besar meyertakan tautan perintah yang siap untuk digunakan, dan sesuai untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan bundle yang diinginkan oleh programer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.