apa itu django

Apa itu Django?

untuk kalian yang ingin belajar Django, dan mencari info seputar Django. mimin mengulas sedikit Django, dan sepenarnya apa itu Django?. Dari wikipedia Django merupakan kerangka Framework web Open source, atau yang kita kenal sebagai sumber trerbuka, yang namanya Opensource, bisanya pasti Gratis. Frame Work Django ini berbasis Python yang mengikuti pola arsitektur model–templat–tampilan. Django dikelola oleh Django Software Foundation, sebuah organisasi independen yang didirikan di AS sebagai 501 nirlaba.

diambil dari logique.co.id, Framework ini memiliki beberapa kelebihan. Karena Django merupakan framework berbasis Python, maka Djago juga memiliki kelebihan yang dimiliki python.

  • Portabilitas, Anda dapat melakukan porting kode ke berbagai platform.
  • Multi- paradigma, Python mendukung object-oriented programming.
  • Python dianggap lebih interaktif daripada bahasa pemrograman yang lain sehingga dapat membantu Anda untuk bisa lebih fokus pada penyelesaian tugas bukan pada sintaksis.

Framework ini dalam segi keaman pun sudah cukup mumpuni, Tentu sebagai framework mensi mampu mengatasi berbagai serangan seperti cross-site scripting atau SQL injection. Dan framework Django ini sudah memilikinya.

Framework ini juga menggunakan prinsip KISS dan DRY. KISS atau kepanjangannya adalah Keep It Short and Simple, yang berarti jika menggunakan prinsip KISS ini, penulisan code program menjadi lebih pendek, simple dan mudah dimengerti. dan DRY, atau Don’t Repeat Yourself, dengan menggunakan prinsip ini, tidak akan mengulangi proses yang sama secara berulang kali, yang mana sebenarnya proses tersebut dapat dilakukan dengan suatu solusi hanya satu kali saja.

Dokumentasi, merupakan hal yang perlu ada dalam sebuha framework, untuk memudahkan penggunaannya. Untuk framework ini, jangan khawatir, karena memiliki dokumentasi yang jelas. kalian dapat melihat dan mempelajari Framework ini di situsresminya docs.djangoproject.com.

kalian dapat memilih framework ini, untuk membuat website kalin. Untuk beberapa hostingan, terutama hosting indonesia pun sudah support dengan Phyton, sehingga kalian dapat menggunakan Framework ini dan kalian masukkan kedalam hostingan kalian.

ada beberapa pertimbangan untuk kalian, jika kalian masih bingun ingin menggunakan ataupun tidak framework ini.

  1. Framework Django ini termasuk Framework dengan kinerja cepat. Dengan menggunakan Framework ini, website atau aplikasi web kalian akan berjalan cepat.
  2. Framework ini mudah digunakan, sekaran sudah banyak beredar buku ataupun forum untuk belajar framework ini. Bukan hanya itu, seperti yang mimin jelaskan di atas, framework ini memiliki dokumentasi yang lengkap dan jelas.
  3. Framework ini dalam segi keaman juga sudah mumpuni, dapat menjaga website kalian dari serangan, misalnya clickjacking, cross-site scripting, request forgery, SQL Injection, dan lain-lain.
  4. Framework Django maupun Python sendiri, untuk sekarang ini telah banyak penggunanya, dan sekarang digandang gadang sebagai bahanya pemprograman yang lebihs stapil dan powwerfull. Powwerfull dalam penggunaan aplikasi skala kecil maupun sekala besar.

apa kalian tertarik untuk menggunakan atau belajar menggunakan framework ini ?.

baca juga :

Belajar microsoft excel Pemula

Kelebihanan dan Kekurangan Ubuntu Server

apa itu ftp dan fungsinya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.