apa itu ftp dan fungsinya

apa itu ftp dan fungsinya ?

hello soba, kali ini mimin akan membahas mengenai FTP, dari definisi dan fungsinya FTP. Apa itu FTP? FTP Merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. FTP merupakan sarana atau perangkat yang digunakan untuk melakukan transfer file pada TCP/IP atau internet.

fungsinya dari FTP yaitu untuk memudahkan melakukan trasfer file dari server melalui jejaring internet tanpa menggunakan kabel. Trasfer file di sini maksudnya kita dapat melakukan dwonload ataupun upload file dari server ke komputer kita. FTP untuk sekarang banyak digunakan untuk melakukan transfer file dari server ke clinet, karena penggunaan nya yang mudah dan nyaman dan mudah.

Dengan FTP, kalian dapat melakukan trasfer file tanpa harus login ke akun hosting atau Virtual private server. Salah satu kegunaan FTP yang bermanfaat sekali yaitu, mudah dalam melakukan uggah file, sehingga memudahkan untuk update website. Tentusaja dengan FTP kita dapat melakukan Cread Update dan Delete file yang ada di server, sesuai dari hak akses akun pengguna FTP.

Namun FTP juga memiliki kekurangan dan kelebihan, berikut kekurangan dan kelebihan FTP

Kelebihan FTP

  • mudah digunakan dan ringan, namun ini untuk beberapa aplikasi FTP saja menurut mimin.
  • dapat melakukan trasfer dengan data jumlah besar, beda dengan melakukan upload pada website atau file explore website panel server, yang biasa dibatasi. Dengan FTP kalian dapat melakan trasfer file yang lebih besar
  • dapat melakukan pause dan resume, koneksi terputus bukan hambatan dan bukan juga menjadi faktor file kalian corup atau gagal untuk di dwonload. Dengan FTP kalian tidak perlu khawatir jika koneksi terputus atau komputer sleep dengan sendirinya, kalian dapat melakukan resume dwonload file kalian, dan kembali seperti normal kembali.

Kekurangan FTP

  • sangat bergantung pada sistem keamana enkripsi
  • bayak bertebaran aplikasi FTP Client yang abal abal. Kalian sebagai pengguna bijak, lebih baik kalain dwonload aplikasi FTP Client dari sumber terpercaya, jangan asal comot, karena kemungkinan aplikasi tersebut telah dimodifikasi agar dapat melakukan pencurian data.

Aplikasi FTP untuk Client

aplikasi FTP clinet, merupakan aplikasi yang digunakan dan berjalan di sisi client, biasa digunakan untuk terhubung ke server FTP agar dapat melakukan manajement file. Dengan aplikasi ini kita memungkinkan terhubung ke server untuk manajement data yang ada di direktory server. Dengan FTP dapat melakukan hubungan dengan Cross Sistem Operasi. Misalkan server adalah ubuntu dan clinet adalah windows, dengan menggunakan FTP kalian tetap bisa melakukan manajement data atau file yang ada di dalam direktory server ubuntu.

Diinternet sekarang banyak aplikasi FTP bertebaran, ada beberapa aplikasi FTP yang terkenal, sering digunakan dan terpercaya seperti, File Zilla, WINSCP dan GFTP.

aplikasi FTP Clinet File zilla dan WinSCP mendukung sistem operasi terkenal seperti linux dan widowns sedangkan GFTP hanya sistem operasi linux saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.