Apa Itu Lubuntu ?

Apa Itu Lubuntu ?

Apa itu Lubuntu ?. Mungkin dari sebagian orang asing dengan ini, kecuali mungkin jika kalian berkecimpung dalam bidang IT atau mengambil kejuruan Teknik Informatika, sudah mengenal dari sistem operasi ini. Namun kalian tahukan fakta mengenai lubuntu? kali ini, mimin akan membahas mengenai sistem operasi ini. dengan menjawab pertanyaan apa itu lubuntu? dan sedikit pakta tentang sistem operasi ini.

mungkin sebagaian kalian terasa asing dengnan lubuntu, dan mungkin kalian merasa sedikit mirip dengan ubuntu dari segi penamaan. Namun itu benar, Lubuntu dengan Ubuntu merupakan seperti orangtua dan anak. karena Lubuntu merupakan sistem operasi turunan dari ubuntu. Dengan kata lain, lubuntu remastering dari Ubuntu. Sistem Operasi ini merupakan turunan resmi dari ubuntu dibuat dengan versi yang lebih ringan, lebih hemat sumberdaya dan ramah dengan energi, dengan menggunakan Dekstop LXQT, yang dulu sebelumnya menggunakan LXDE.

Seperti yang mimin tuturkan di atas sistem operasi ini, rama dengan sumberdaya dan energi, bahkan juga sistem operasi yang ringan untuk digunakan. Menurut mimin dengan kelebihan tersebut, sangat cocok untuk digunakan di laptop ataupun komputer lama yang sudah jadul dan ketinggalan jaman. Untuk sekarang, komputer setidaknya memiliki sfesifikasi dengan Memori RAM minimal 4GB CPU 2.0 ghz, agar dapat beroperasi dengan nyaman menggunakan windows 10, dan sekarang ini telah update menjadi windows 11. Tentu saja jika sfesifikasi dibawah itu akan kesusahan komputer beroperasi.

Kalian dapat menjadian Sistem operasi ini menjadi sebuah alternetif untuk komputer ataupun laptop lama. Daripada tidak terpakai. hehe

Sistem Operasi ini hanya dengan bermodalkan 1 GB Ram pun sudah dapat berjalan dengan lancar dan maxsimal.

Sistem Operasi lubuntu merupakan Software Sumber terbuka dan sekarang masih aktif untuk dikembangkan, keluarga dari LINUX dengan kernel type Monolitik (LINUX) dengan lisensi GNU. diambil dari wikipedia Situs resmi dari sistem operasi ini, yaitu https://lubuntu.me.

Kelebihan dari sistem operasi ini, tentu saja dia mewarisi dari induknya yaitu Ubuntu, seperti halnya ubuntu, Sistem Operasi ini juga memiliki sistem keamanan yang baik. Memiliki Software center seperti sistem operasi Linux lainnya. Dan interfaces dari sistem operasi ini menurut mimin, sangat bagus dan user friendly. Pengguna baru pun dapat mengoperasikannya, baik operasi standart maupun pengoperasian lainnya seperti menggunakan terminal dll.

kekurangan dari sistem operasi ini, seperti sistem operasi linux kebanyakan, kurangnya support aplikasi untuk sistem operasi linux.

Untuk Versi lubuntu sekarang, yang mimin pernah pakai dan install yaitu 21.10. didalamnya telah terinstall aplikasi kantor seperti libre office, libreOffice Cala, LibreOffice Draw, LibreOffice Impress, LibreOffice Math dan LibreOffice Writer.

dan untuk pemutar media seperti video dan lagu, di dalam sistem operasi ini juga telah terinstall secara otomatis VLC Media Player, K3B dan Pulse Audio.

Menurt mimin, untuk aplikasi standart Komputer Dekstop telah terpenuhi, selain beberapa aplikasi yang telah mimin sebutkan di atas. Browser dan yang lainnya juga terinstall didalamnya sepert mozilla firefox, LXImage, LXQT File Archive dan lainnya.

Sejarah Lubuntu

Diambil dari wikipedia, Dektop LXDE Pertamakali tersedia sebagai paket opsional untuk sistem operasi ubuntu semenjak versi 8.10 Intrepid Ibex. dan LXDE juga nenungkinkan untuk dipasang pada versi ubuntu sebelumnya.

Pada Februari 2009 Mark Shuttleworth mengundang proyek LXDE menjadi proyek tersendiri dalam komunitas Ubuntu, dengan bertujuan untuk menghasilkan turunan resmi terbaru dari ubuntu, yang sekarang ini dinamakan dengan lubuntu.

Pada bulan Maret 2009, proyek Lubuntu dimulai pada Launchpad oleh Mario Behling, termasuk peresmian logo awal. Tujuan proyek Lubuntu adalah untuk mendapatkan sokongan dana dari Canonical. Proyek ini juga membuat sebuah halaman proyek wiki Ubuntu resmi, juga dipimpin Behling, yang mencakup daftar aplikasi, paket dan komponen. Dan pada bulan Agustus 2009, berkas ISO percobaan pertama diterbitkan sebagai Live CD, tanpa opsi untuk pemasangan.

Cara install

baca juga : Cara Install Lubuntu dengan Virtual Box

Tampilan

Sistem Operasi Lubuntu
riview sistem operasi lubuntu linux
lubuntu linux

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.