Apa Itu Server

Apa Itu Server ?

hallo sobat republiccode.com, apa kalian tahu apa itu server? jika kalian sedang mencari tahu mengenai hal ini, klaian telah datang ke website yang tepat. Sebagian orang, apa lagi alumni jurusan teknik informatika pasti mengetahui apa itu server, karena kalian mereka biasanya sudah belajar mengenai beberapa hal soalan server, apa kalian penasaran pelajaran apa yang kalian dapat jika masuk teknik informatika ? Mimin juga sudah share mengenai pengalaman serta mengenai teknik informatika itu belajar apa aja, di postingan mimin yang berjudul

teknik informatika belajar apa aja sih?

Namun ada beberapa orang, yang mungkin baru masuk teknik informatika, atau sekedar menambah ilmu pengetahuan, pada artikel ini mimin akan membahas server, sebagian juga bahan ini mimin dapatkan waktu kulian dan sumber sumber lain.

Pengertian Server

Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan sumber daya untuk penyimpanan data dan layanan khusus. Penyimpanan data yang dimaksud di sini yaitu, biasanya pada server dilakukan penyimpanan beberapa data yang kemudian diolah kemudian diperuntukkan untuk sebuah layanan contohnya seperti website ataupun game online.

Server dapat digunakan untuk beberapa client, dalam artian orang – orang dapat mengakses, sesuai dari role atau pengaturan dari server sendiri, bisa di akses oleh umum ataupun kelompok tertentu. Hal ini termasuk di dalam keamanan jaringan komputer. Yang membahas mengenai sebuah jarngan komputer, cara untuk menemukan celah keaman serta memperbaiki dari celah yang rentan tersebut.

Server biasanya berbentuk perangkat keras (Hardware) yang didalamnya tentusaja terdapat bebera media penyimpanan, prosessor, memori seperti layaknya komponen komputer dengan kapasitas besar. Biasanya yang menggunakan perangkat keras ini mencakup jaringan yang besar atau luas. Selain menggunakan Perangkat keras, dpat juga menggunakan sebuah Virtual Mesin, klaian dapat mempraktekkannya dengan menggunakan aplikasi virtual box. Menggunakan virtual mesin ini, biasanya berada pada jaringan kecil, untuk CBT dalam sekala kecil, misal 10-20 pengguna.

cara kerja dari server sederhana, server akan berinteraksi ketika client melakukan interksi yang terhubung di dalam jaringan yang sama. Client akan melakukan request terhadap layanan, kemudian server akan menerima requset tersbut, memprosesnya lalu mengirimkannya kembali kepada client.

Untuk membangun sebuah server, khususnya webserver, klaian dapat menggunakan Sistem Operasi Linux seperti ubuntu ataupun debian. Kalian dapatm menggunakan sistem operasi lainnya misalnya seperti windowsserver. Untuk hanya sekedar belajar, kalian dapat menggunakan aplikasi virtual yang namanya virtual box, VM Ware atau aplikasi lainnya yang sejenis. Sesuaikan dengan kinerja komputer kalian.

Yang perlu kalian ketahui yaitu pemakaian bandwith agar tidak memenuhi request yang menyebabkan down, jika menggunakan layanan jasa, seperti VPS ataupun hostingan, biasanya tertera kapasitas bandwidth yang dapat tersedia uantuk satu buah. Jika melebihan layanan kalian akan terkena suspend.

Untuk menanggulangi hal ini, kalian dapat melakukan optimasi, seperti mengurangi request code html, JS, CSS. kalian juga dapat melakukan upaya untuk optimasi gambar agar tidak telalu besar daat ditampilkan.

Untung mengetahu lebih lanjut mengenai Apa Itu Bandwidth ?, mimin telam membuat artikel khusus untuk membahas hal tersebut, dengan judul

Apa Itu Bandwidth ?

link tertaunt, kalian dapat klik link tersebut untuk menuju postingan langsung.

Fungsi Server

berikut beberapa fungsinya

1. Melayani Request Client

seperti yang mimin jelaskan di atas, akan menerima request dari client baik itu berupa data ataupun lainnya, berikutnya akan dikirimkan kembali kepada client. Untuk mendukung dari tindakan ini, biasanya didukung dungan sistem operasi yang cepat, dan sfesifikasi yang mendukung. Agar request daru client dapat bertransmisi dengan cepat dan lancar.

2. Penyimpanan Data

Selain melakukan request dari clinet, juga berfungsi sebagai penyimpanan data, baik berupa teks yang biasanya disimpan di database maupun file lainnya yang disimpan pada media penyimpanan.

client dapat mengirim sebuah file, file ini akan disimpan di dalam media penyimpanan. Bukan hanya file, Client dapat juga mengirim dapat berupa teks, biasanya client akan mengisi sebuah form yang akan dikirim. Data yang dikirim ini akan disimpan kedalam sebuah database.

dari data – data tersebut akan diolah dan dijalankan, bahkan dapat diakses oleh pengguna sesuai dengan role atau peraturannya masing masing, jika sebuah aplikasi website, berarti sesuai ketentuan dan kebijakan website tersebut, data yang dimasukkan dapat digunakan untuk apa ja, baik diakses pengguna umum atau pengguna itu sendiri, yang mengupload data.

3. Keamanan

Jika ada media penyimpanan data, itu berarti harus ada pengamannya, Keamanan dalam sebuah server adalah hal yang sangat penting. Untungnya setiap layanan server biasanya dibekali dengan tingkat kemamanan yang mumpuni. Untuk mencegah dari pencurian data atau sering kita sebut dengan para hacker, akan melakukan pengecekkan pada IP dan informasi lainnya pada client, jika terdapat anomali atau hal yang mencurigakan, akan dilakukan proses pemblokiran.

Jenis – Jenis Server

dari beberapa fungsi di atas, server terdapat beberapa jenis, bukan hanya sebagai website, namun juga beberapa hal lainnya, berikut jenis – jenis serve

1. WebServer

Webserver merupakan layanan perangkat luank yang berperan dalam menjalankan website. Webserver ini digunakan selaku pusat pengaturan dalam memproses web serta buat menaruh bermacam informasi web semacam dokumen HTML, file CSS, serta file Javascript.

agar dapat menampilkan halaman website, dari webserver , menerima dan memproses permintaan dari web browser, berikutnya hasilnya dikirim kembali oleh webserver ke browser client untuk ditampilkan. Webserver memiliki beberapa jenis, kalian dapat memilih jenis – jenis dari webserver tersebut sesuai dengan kebutuhan kalian.

mimin juga sudah pernah membahas mengenai beberapa jenis – jenis dari webserver pada artikel mimin yang berjudul

Jenis Jenis Web Server

link tertaunt, kalian dapat mengunjungi artikel tersebut dengan klik link yang mimin sertakan di dalam teks di atas.

2. Mail

Mail server ialah penyedia layanan sarana pengelolaan serta penyimpanan informasi email pengguna. layanan Mail ini menampung dan meneruskan email dari pengirim ke penerima email.

Layanan Mail ini mempunyai protokol spesial buat melaksanakan pengiriman email serta penerimaan email. Buat mengirim email, seperti protokol SMTP. Kemudian, terdapat POP3 selaku protokol buat menerima serta menempatkan email.

Bila diibaratkan, mail server ialah suatu kantor pos virtual. Kala Kamu mengirim email ke seorang, mail server hendak mengenali alamat penerima. Barulah sehabis itu email dikirimkan ke penerima.

Layanan Mail ini umumnya digunakan para pebisnis sebab bisa mengirim email marketing ke lebih banyak penerima dalam satu waktu. Tidak hanya itu, Layanan Mail ini pula mempunyai sistem keamanan spesial yang sanggup menghalau email masuk spam serta email keluar selaku spam.

3. Application

Application server ialah suatu fitur yang membagikan layanan ataupun melaksanakan proses layanan terhadap tiap permintaan akses dari client yang tersambung dengan jaringan. Komunikasi antara client serta application server ini bisa memakai protokol HTTP.

Application ini biasa digunakan buat mengeksekusi sesuatu prosedur, baik itu program ataupun script sehingga aplikasi bisa berjalan.

Sepintas, hal ini mirip dengan webserver yang bersama sediakan layanan untuk client serta memakai protokol HTTP. Tetapi, ada satu perihal yang membedakannya.

Webserver umumnya digunakan buat membuat web statis, di mana data konten di dalamnya tidak berganti. Sedangkan Application server biasa digunakan buat membuat web ataupun aplikasi yang dinamis, semacam object pooling, layanan pesan, aplikasi transaksi, serta yang lain.

Sebagian besar application server ini juga mempunyai webserver pada sebagian integralnya. Sehingga application server umumnya pula sanggup melaksanakan fungsi webserver.

4. Database

Database server merupakan sistem layanan buat mengakses serta mengambil informasi di database. hal ini banyak digunakan industri buat menaruh serta mencerna informasi dan data mereka.

Akses database dapat dicoba lewat tampilan pengguna( front end) ataupun lewat remote shell yang langsung mengakses ke server database( back end).

Buat bisa mengakses database, pengguna butuh memakai bahasa query yanng cocok dengan databasenya. Salah satu bahasa query yang sangat terkenal merupakan SQL( Structured Query Language).

5. FTP ( File Transfer Protocol )

FTP atau File Transfer Protocol ialah sistem yang dirancang buat bisa tersambung ke server dapt memungkinkan pengguna bisa mendownload serta mengupload file.

FTP pula bisa digunakan buat mengirimkan file yang berdimensi besar ke website hosting. FTP dapat tersambung dengan file yang ada pada server serta sediakan layanan pemindahan, unduh, serta upload file dengan memakai internet.

Guna dari FTP pengguna dapat lebih gampang dalam melaksanakan transfer file.

6. DHCP ( Dynamic Host Configuration Protocol )

Dynamic Host Configuration Protocol ataupun yang biasa kerap kita kenal dengan DHCP Server merupakan suatu fitur yang berperan buat mengendalikan serta membagikan alamat IP ke pc client secara otomatis.

DHCP ini pula berperan melaksanakan pembaruan konfigurasi ataupun pergantian dari alamat IP, semacam alamat IP yang kadaluarsa ataupun fitur portabel berpindah posisi.

Juga proses konfigurasi yang dicoba DHCP bisa meminimalkan error yang sering terjalin bila dicoba manual. Semacam kesalahan ketik ataupun terbentuknya IP conflict.

DHCP pula bisa digunakan dalam jaringan besar buat memproses banyak permintaan client secara bertepatan. Dengan demikian, proses administrasi jaringan bisa lebih ringkas serta gampang.

7. File Server

File server ialah suatu jaringan pc yang menaruh serta mengelola seluruh informasi pc pada suatu jaringan. Informasi tersebut meliputi file dokumen, foto, video, musik, serta yang lain. hal ini pula digunakan buat mengendalikan data serta komunikasi yang terjalin jaringan pc. Umumnya file server dipakai pada jaringan lokal semacam jaringan pc di ruangan kantor, warnet, serta yang lain.

8. Proxy

Proxy server ialah fitur ataupun pc yang digunakan buat sediakan layanan proxy. Nah, proxy sendiri merupakan sistem yang membolehkan Kamu mengakses jaringan internet dengan IP yang berbeda dari IP asli fitur Kamu.

Layanan proxy biasa digunakan buat mengamankan bukti diri user dikala mengakses internet, pembatasan akses pada web tertentu, sampai pemblokiran akses ke web serta media sosial.

Bila Kamu mempunyai web, Kamu pula dapat memakai proxy buat mengendalikan akses ke web Kamu.

9. Streaming

Streaming server ialah server yang sediakan layanan buat bisa memutar video secara langsung di web web, semacam Youtube, Netflix, Viu, serta yang lain. Dengan terdapatnya server ini, Kamu bisa menikmati siaran suara ataupun video berdimensi besar tanpa butuh mengunduhnya terlebih dahulu.

10. Game

Game Server ialah pusat game yang berperan buat menghubungkan ataupun mempertemukan antar pemain. Tipe Game server mempunyai 2 jenis server, ialah server eksternal serta server internal. Di mana eksternal ialah penyimpanan yang memanglah disediakan oleh pengembang permainan. Sedangkan internal ialah penyimpanan dari pc pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.