Apa itu Ubuntu ?

Apa itu Ubuntu ?

Apa itu ubuntu ? apa pertanyaan itu terbesit dibenak kalian? mungkin di sebagian orang belum mengetahui mengenai ubuntu. di sini kita akan membahas sedikit, sekilas mengenai sistem operasi ini, agar kalian lebih memahami dan mengenal sistem operasi ini. Kita juga butuh mengenal walau hanya sekedar mengobati rasa penasaran kita.

Ubuntu merupakan Sistem Operasi Komputer turunan dari debian Open Source, Sistem operasi dengan lisensi perangkat lunak bebas (GPL).

Sistem Operasi ini dikembangkan oleh perusahaan canonical Ltd. yang merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang perangkat lunak komputer yang berpusat di Britania Raya.

Sistem Operasi ini merupakan keluarga dari Linux dan pada saat ini sistem Operasi ini masih aktif dan banyak digunakan, Sistem Operasi ini merupakan model perangkat lunak Open source atau sumber terbuka, sehinga orang orang diluarsana memungkinkan untuk memodifikasi atau mengembangkan Sistem Operasi ini, karena hal ini Sistem Operasi ini pula memiliki komunitas yang besar dan tersebar dimana – mana, termasuk indonesia.

Sitem Operasi ini pertama rilis pada 20 Oktober 2004, dan kemudian pada tahun 2021, 22 april merilis versi stabil yaitu ubuntu 20.4 LTS.

Sistem operasi ini mendukung kurang lebih 55 bahasa, termasuk bahasa indonesia, jadi kalian yang dapat leluasa dengan mudah dalam mengoperasikan sistem operasi ini. Sistem operasi ini dengan kernel type monolitik (LINUX) ruang pengguna GNU, situs resmi dari sistem operasi ini adalah ubuntu.com.

Sistem OPerasi ini tersedia dalam berbagai jenis dalam pengembangannya dan dari berbagai jenis, sistem operasi ini memiliki pengembangan yang berbeda pula.

Jenis – Jenis Ubuntu

Ubuntu Dekstop merupakan versi yang dikembangkan oleh perusahaan Canonical Ltd. Seperti halnya dekstop memiliki tampilan antarmuka yang digunakan untuk memudahkan pengguna dalam pengoperasian sistem opersai dalam mengelola perangkat lunak ataupun pernagkat keras. Versi sistem Operasi Dekstop ini dulunya menggunakan Gnome 2 sebagai desktop environment untuk menampilkan user interface. dan sekarang digantikan Unity (sejak Ubuntu 11.04 hingga Ubuntu 17.04) GNOME (hingga Ubuntu 10.10, dilanjutkan mulai Ubuntu 18.04 LTS).

Ubuntu Server Dari kalian juga pernah mendengar atau mendapatkan istilah Ubuntu server. di situs resmi ubuntu pun juga memberikan link untuk mendwonload Sistem OPerasi ini.

Apakah ubuntu Dekstop dan Ubuntu Server berbeda?

menurut mimin secara tampilan pasti berbeda, dan sangat jauh perbedaanya. Salah satunya yaitu perbedaan dari interface yang signigfikan. Ubuntu server hanya menampilkan berupa teks atau biasa disebut dengan CLI (Command Line Interfaces) berbeda dengan versi dekstop yang memiliki tampilan grafis yang menarik. Sistem Operasi ini hanya dikhususkan untuk pengoperasian server dan pengguna yang memiliki pengetahuan mengenai pengoperasiannya, atau bisa dikatan dikhususkan untuk pengguna yang mahir dalam ubuntu, penguasaan terminal root. namun apakah versi Dekstop juga dapat melakukannya? jawaban mimin, iya versi dekstop juga dapat melakukannya, namun akan memiliki perbedaan dari segi kinerja. Salahsatunya dalah penggunaan memori akan lebih besar versi dekstop dibandingkan dengan versi server.

selain dari dua buah jenis di atas, ubuntu juga memiliki banyak jenis – jenis lainnya, yaitu:

Ubuntu Gnome, salah satu versi dari ubuntu yang menggunakan Gnome sebagai desktop environment untuk menampilkan antar muka ke pengguna. Sistem Operasi ini merupakan awal munculnya ubuntu dari Canonical Ltd. pada saat pengemmbangan pertama. Kemudian memutuskan untuk mengganti standar desktop environmentnya menggunakan Unity desktop environment untuk menggantikan Gnome 2.

Ubuntu Mate, merupakan versi dari ubuntu yang menggunakan Mate sebagai desktop environment untuk tampilan antarmuka pengguna. Mate adalah sebuah desktop environment yang dikembangkan dari gnome 2. Pada awal Rilis Sistem Operasi ini tidak mendapatkan pengakuan secara resmi dari Canonical Ltd. sehingga dianggap sebagai Ubuntu versi unofficial atau versi tidak resmi. namun setelah mendapatkan pengakuan dari Canonical Ltd. Sistem Operasi Ubuntu Mate berubah status nya menjadi salah satu varian atau jenis dari Ubuntu yang official.

Ubuntu Budgie merupakan versi dari Sistem Operasi ubuntu yang menggunakan Budgie sebagai desktop environment untuk tampilan antarmuka penggunanya. Sama seperti jenis Sistem Operasi ubuntu lainnya, para pengembang sistem Operasi ini memasangkan budgie yang merupakan desktop environment yang berkembang bersama Gnome. Pengembangan desktop environment budgie berkeinginan untuk membuat pengalaman tampilan antarmuka pengguna yang berbeda daripada Gnome. Sistem OPerasi ini sudah mendapatkan pengakuan secara official dari Canonical Ltd. dan termasuk jenis ubuntu yang official.

Lubuntu, merupakan Sistem operasi yang terlahir dari penggabungan kata LXDE dan Ubuntu. Lubuntu memiliki kelebihan lebih dari sisi pemaikaian sumber daya hardware dan juga pemakaian energy daripada jenis ubuntu yang lainnya. Meski dengan keterbatasan hardware dari komputer jadul sekalipun, lubuntu dapat berjalan dengan baik. Karena kelebihan lubuntu ini yaitu sistem operasi yang ramah dengan sumberdaya dan energi, sehingga sistem operasi ini ringan ketika digunakan, Karena kelebihan inilah Lubuntu banyak dipakai pada mikrokontroller, tablet, dan juga komputer komputer jadul yang memiliki spesifikasi rendah. Mimin juga pernah membahas mengenai sistem operasi lubuntu pada artikel sebelunya yaitu dengan berjudul “Apa Itu Lubuntu ?“.

Kubuntu, merupakan perpaduan dari dari KDE dan Ubuntu. Kubuntu menggunakan KDE sebagai dekstop environment untuk menampilkan interface ke user. Kubuntu pada awalnya disponsori oleh Canonical Ltd. dan dikembangkan sebagai salah satu jenis ubuntu official. Sejak tahun 2012, Kubuntu berganti sponsor menjadi Blue System.

Edubuntu, Versi ini merupakan versi Sistem Operasi ubuntu yang memiliki pengguna yang yang terbilang cukup banyak. Edubuntu dirancang dan dipergunakan untuk pembelajaran dalam sekolah. Sistem operasi ini masih menggunakan GNOME dan GDM

Ubuntu Studio, Jenis sistem Operasi ini meiliki fngsi yang dikkhuuskan untuk mutimedia, seperti editor video, foto maupun audio. Sistem Oeprasi ini menggunakan Desktop Environment Xfce. Siste opersai ini tidak kalah dengan sistemoperasi windows untuk segi penggunaan bidang multimedia. Banyak tersedia apllikasi yang dapat diinstal pada sistem operasi ini, slah satunya yang populer yaitu Blender,Inkscape,Mypain, Shotwell dll.

Ubuntu Touch, Sistem operasi ini merupakan jenis ubuntu versi phone mobile yang dikembangkan oleh canonical Ltd. Namun seiring berjalannya waktu, dikabarkan sistem operasi ini kalah dalam hal mendapatkan dukungan dari sistem operasi android dan juga popularitas di dunia sistem operasi untuk ponsel pintar. Hingga pada akhirnya pada tahun 2017, Canonical Ltd. resmi membatalkan projek Ubuntu Touch ini.

Ubuntu Game Pack, Sistem Operasi ini dikembangkan dan dikhuskan untuk bermain game, Sistem operasi yang ringan. Dikembangkan agar sumberdaya ramah digunakan untuk bermain game, dan pengalaman bermain menjadi lebih nayamn.


Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Ini

Sistem operasi ini, telah menjadi vavorit banyak orang, kerana kelebihannya, yaitu

Open source Gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan sistem operasi ini, kalian bisa mendapatkan sistem operasi ini secara percuma di situsresminya yaitu ubuntu.com.

Mudah Digunakan, Sistem operasi ini versi dekstop khususnya, mengutakam pengalaman pengguna dan user friendly. Banyak tanggapan dari mereka diluarsana, bahwa sistem operasi ini mudah digunakan.

Lebih Aman Dari Virus, Sistem operasi ini lebih tahan terhadap virus, namun harus kalian ingat, tidak ada sistem yang sempurna dan aman 100%. Namun sistem operasi ini lebih aman kebanding windows. Tentu hal ini memiliki alasan kenapa bisa lebih tahan terhadap virus, diantaranya karena Sistem operasi ini memiliki hak akses yang ketat, tidak sembarang pengguna dapat memasukinya, setiap file memiliki izin yang terbatas oleh sistem.

Komunitas, salah satu keunggulannya dari sistem Operasi ini yaitu memiliki komunitas yang banyak, sehingga jika kalian ingin belajar dalam menggunakan sistem operasi ini, kalain mendapatkan ruang untuk belajar dan bertanya kepada komunitas sistem operasi ini. Bukan hanya komunitas dari luar negeri, sekarang komunitas dari indonesia pun banyak diluar sana, orang – orang dari indonesia sekaran juga lumayan banyak dalam menggunakan sistem operasi ini. Jadi kalian jangan takut tersesat dalam penggunaan sistem operasi ini, ataupun takut tidak bisa menggunakannya.

dari adanya kelebihan tentusaja memiliki sebiah kekurangan

aplikasi sedikit, jika dibandingkan dengan windows, aplikasi dari Linux lebih sedikit, karena para pengembang diluarsana dalam artian pengembang dan pembuat aplikasi diluarsana, lebih menuju kesistem operasi windows.

Harus belajar, untuk kalian yang terbiasa dengan windows, mungkin klaian akan perlu belajar kembali dalam menggunakan sistem operasi ini. Namun sekarang pengembang dari Linux menurut mimin sudah bagus dalam hal Interfaces, mungkin kalian tidak terlalu perlu dalam belajar terlalu lama. Di ingat juga komunitas dalam Sistem Operasi ini juga besar dan banyak tersebar dimana – mana. Sehingga jika kalian ingin mengakses bahasan ajar, sanagatlah mudah.


Sekian mengenai Sistem Operasi ini, ulasan di atas yang mimin dapatkan diberbagai sumber dan juga sebagian dari pengalaman penguna dari mimin sendiri. Karena sistem operasi ini gratis, kalian dapat dengan mudah untuk mendapatkannya. Kalian hanya dengan cara dwonload dari situs resminya Sistem Operasi yang kalian inginkan, kalian sudah mendapatkan Sistem Operasi Ubuntu yang full Versi, tanpa menggunakan kunci atktivasi apapun.

Sistem Operasi ini beberapa memang dikhususkan untuk pengguna mahir dulunya, seiringnya berkembang, sekarang telah banyak berkembang dan sekarang terdapat sistem Operasi yang dapat kalian coba walaupun kalian pengguna pemula.

Jangan takut untuk mencoba hal baru dalam pengalaman, mungkin saja nanti kalain entah dalam pekerjaan atau dalam keadaan tertentu, kalian diharuskan menggunakan sistem operasi selain OS Windows.

Alternative untuk mencoba Sitem Operasi tanpa harus menginstall langsung di komputer yaitu menggunakan sebuah Virtual Mesin. Bisa dengan bantuan aplikasi tambahan, Khususnya kalian pengguna Windows, klaian dapat menggunakan aplikasi Virtual Box, Vm-Ware atau aplikasi lainya yang fungsinya sama.

Dengan aplikasi tersebut memungkinkan kalian untuk membuat sebuah virtual mesin komputer, dan dapat melakukan instalasi Sistem Opersai di dalamnya, layaknya komputer pada umunya.

Dari jenis jenis sitem operasi di atas, kalian dapat mendwonload dan mencobanya sendiri. Mungkin nanti kedepannya mimin akan membuat sebuah tutorial untuk cara menginstall sistem Operasi yang ada di atas. Dan demikian penjelasan di ata mengenai, pengertian pengenalan jenis – jenis dan lainnya mengenai Ubuntu. Dan ternyata sistem operasi ini memiliki banyak sekali turuanan dan varian jenisnya, yang sekarang ini masih aktif dalam pengguna dan pengembangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.