apa itu wifi

apa itu WiFi, Jangan Hanya memakai kalian juga harus tahu

Dikala kouta habis, wifi tetangga menjadi solusi. dari kata WiFi sebenarnya apakah kalian tahu sebenarnya apa itu Wifi ?.

Untuk kalian yang penasaran, kalian mendarat pada bog yang tepat. Kita akan membahas mengenai apa itu wifi, bukan hanya memakai saja, kita juga perlu tahu apa itu wifi agar tidak ketinggalan informasi.

Teknologi sekarang semakin berkembang, telah ditemukan teknologi internet pada tahun 1969 dan berkembang pesat sampai sekarang yang kita gunakan untuk berselancar di dunia maya. Dengan adanya internet, kita dapat terhubung dengan orang – orang diluar sana sesama pengguna internet dari belahan dunia manapun.

Jadi bijaklah dalam bersosial media di internet ya…

internet ada bersama kita sejak tahun 1969 dibentuk oleh departemen pertahanan amerika serikat untuk keperluan militer.

berkembang dan ada sampai sekarang. Internet yang dulunya hanya dapat digunakan menggunakan modem untuk satu device sekarang kita dapat berbagi dengan yang namanya teknologi wifi.

kalian pasti tidak asing dengan istilah WiFi, apalagi kalain sseorang yang tidak lepas dari perangkat seperti handphone ataupun laptop. Sekarang keberadaan Wifi menjadi sebuah spot penting untuk kebanyakan orang, misalnya seperti kafe, untuk menarik pelanggannya, kafe akan memberikan SSID dan Password wifi untuk pelanggan kafe mereka.

Banyak yang mengatakan kata WiFi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, nyatanya pernyataan tersebut kurang tepat. Diambil dari berbagai media, teknologi WiFi sendiri awal kali diperkenalkan oleh lembaga sertifikasi jaringan AS, Wireless Ethernet Compatibility Alliance( WECA) pada 1999 di Atlanta.

WiFi diperkenalkan ke konsumen dengan nama produk” Institute of Electrical and Electronics Engineers( IEEE) 802. 11″.

karena nama produknya susah diingat dan panjang pula maka WECA mencari alternatif nama yang lebih gampang diucapkan dibanding harus menyebutkan nama “ IEEE 802. 11b Direct Sequnce“. mimin yakin lidah kalian akan keseleo ketika inta sinya wifi ke kafe, jika namanya tidak dirubah.

dengan melakukan melakukan konsultasi, WECA kesimpulannya meilih nama Wi-Fi yang lebih enak didengar dan diignat. Awalnya kata Wi-Fi merupakan pelesetan dari Hi-Fi( High Fedelity), Mereka juga menghasilkan slogan iklan sembarangan ialah” The Standar for Wireless Fidelity” yang pernah digunakan dalam waktu pendek.

Slogan asal-asalan itu setelah itu jadi salah mengerti di warga yang mengasumsikan slogan tersebut selaku adalah akronim dari WiFi. Sementara itu, kenyataannya WiFi tidak mempunyai makna apapun juga.

Web startup MyWebspot juga menuliskan perihal seragam. Slogan tersebut dicopot dari tagline WECA pada dekat akhir tahun 2000- an.”.. serta sebutan” wireless fidelity” wajib dilenyapkan,” ucap Belander.

WECA setelah itu berganti jadi Wi-Fi Alliance tahun 2002. Dirangkum KompasTekno dari web resminya, Wi- Fi Alliance mempunyai misi buat mempromosikan serta menyertifikasi teknologi Wi-Fi yang digunakan secara global.

Awal mulanya, merk” Wi-Fi” serta desain logonya berperan selaku cap persetujuan yang diberikan buat bahan-bahan anggota WECA, yang sudah sukses menuntaskan uji interoperabilitas sesuai persyaratan.

Cap tersebut didesain simpel bercorak monokrom, mirip simbol” yin” serta” yang”. Cuma bahan- bahan Wi-Fi yang sudah terujilah yang boleh memakai cap Wi-Fi Certified.

jadi logo dan gambar Wi-Fi yang hitam puti itu adalah merupakan sebuah Cap Wi-Fi Certified.

Sampai hari ini, logo legendaris itu masih akrab ditemui di tempat yang sediakan koneksi jaringan Wi-Fi.

sumber ini diambil dari kompas.com dan sumber lainnya yang membahas mengenai Wi-Fi.

Wi-Fi merupakan teknologi jaringan nirkabel, memungkinkan perangkat saling terhubung tanpa menggunakan kabel (nirkabel). Perangkat terbeut dapat seperti komputer, laptop, smartphone dan perangkat lainnya misal seperti printer, smart TV dan lainnya. Namnya jaringan jadi perangkat yang terhubung menggunakan Wi-Fi memungkan masing – masing perangkat terhubung dan dapat berbagi informasi ataupun data.

Fungsi Wifi

Dalam benak kalian mungkin fungsi dari Wi-Fi yaitu untuk terhubung kejaringan internet. Sebenarnya tidak hanya itu, kalian pernah kah terhubung ker salah satu Wi-Fi namun tidak ada internetnya?

1. Penghubung Tanpa Kabel Ke Modem

Sebenarnya yang menghubungkan ke internet adalah modem, dengan wifi kalian dapat terhubung kemodem tanpa harus menggunakan kabel.

2. Menghubungkan Antar Perangkat

Kalain dapat membuat sebuah jaringan bukan hanya pakai kabel LAN kalian juga dapat membuatnya menggunakan jaringan nirkabel (Wi-Fi). Tanpa internet kalian dapat menggunakan Wi-Fi sebagai penghubung antar perangkat, misalnya seperti komputer sharing atau lainnya. Komputer yang terhubung pun dapat saling berinteraksi atau berbagi data meski tanpa ada internet.

Itu adalah beberapa mengenai hal Wifi, semoga bermanfaat sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.