Apa saja profesi dalam pengembangan aplikasi web

oleh
Apa saja profesi dalam pengembangan aplikasi web

kalian pasti sudah tidak asinglagi dengan yang namnya web. Halaman web dapat kalian akses melalui browser yang terinstall pada perangkat cerdas yang terhubung ke internet. Aplikasi web itu sendiri dibangun menggunakan bahasa HTML, CSS, Javascript, PHP, Phyton dan bahasa lainnya yang mendukung basis web. Dalam pengembangan aplikasi web, ada beberapa profesi didalamnya, berikut Apa saja profesi dalam pengembangan aplikasi web.

profesi dalam pengembangan aplikasi web

ada banyak ragam profesi dalam pengembangan aplikasi berbasis web. berikut profesi dalam pengembangan aplikasi web.

profesi dalam pengembangan aplikasi web yang kita ketahui ada sebagai Web developer. Web developer merupakan seorang atau sekelompok orang pencipta aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemprograman seperti bahasa PHP, HTML, JS, CSS menjadi sebuah instruksi menjadi sebuah aplikasi dan kemudian dapat dijalankan sesuai dengan fungsi pengkodeaannya.

dalam beberapa kasus, nyatanya mengerjakan sebuah aplikasi berbasis web tidak dapat ditangi oleh satu orang, olehkarena itu banyak industri atau perusahaan membagi beberpa pekerjaan/profesi dalam pengembangan aplikasi web. Diantanya

Front End Developer

Front End Developer berfokus kepada UI/UX desaigner. Memastikan tampilan memudahkan pengguna baik dari segi layout ataupun pengalaman pengguna untuk mengoperasikan aplikasi. Dalam website hal ini berjalan pada sisi Client.

Jika didalam sebuah team work terdapat seorang khusus desain tampilan layout web. Maka tugas dari Front End membuat tampilan web sesuai dengan dibuat oleh designer baik itu layout, tampilan ataupun fungsi.

Front End Developer hanya berurusan UI/UX yang bersangkutan dengan pengguna.

Front End Developer juga wajib menguasai bahasa pemprograman terutama bahasa yang berjalan pada sisi client, sepeprti bahasa HTML, CSS, JS ataupun menggunakan framework yang pada umumnya digunakan sekarang, seperti Bootstrap, Jquery, Angular dan lainnya.

Tugas Front End Developer

secara umum Tugas Front End Developer memiliki beberapa tugas, diantaranya

  • merancak desain tampilan website
  • memastikan tampilan / UI user freindly
  • memastikan tampilan dapat maksimalkan User Experience dan meningkatkan Usr Experience.
  • memastikan tampilan website kompatible di berbagai platfoarm (reponsive)
  • melakukan optimasi website dalam segi pengcodean dan kecepatan page load
  • bekerjasama dengan Back End Developer

Back End Developer

Back End Developer orang yang bertugas pada sisi server pada sebuah website. Seorang Back End Developer berbeda dengan Front End Developer. Seorang Banck End Developer selain bertanggungjawab pengkodean aplikasi yang dibangun pada sisi server/server side, Back End Developer juga berkaitan pada logika dan database.

Ada beberapa kasus dalam perusahaan/industri tugas Back End Developer dipecah lagi, antara pengkodean aplikasi yang berhubungan dengan logika dan pembuatan database. Jika demikian yng bertugas dalam membangun databse tersebut dinamakan Database Enginer. Database Enginer adalah yang bertanggung jawab penuh pada pembuatan database.

Seorang Back End Developer dapat dikatakan sebagai core dari membangun aplikasi, karena dia bertanggung jawab memastikan functional aplikasi yang dibangun sesuai dengan logika. Baik itu rumus aritmatika didalam aplikasi atau fitur lainnya, dalam artian functional. Bedanya dengan Pront End Developer dia memastikan tampilan dapat berjalan sesuai functional desainer.

Seorang Back End Developer wajib menguasai bahasa client side contohnya seperti bahasa PHP dan Sql untuk database.

Tugas Back End Developer

Back End Developer memiliki beberapa tugas umum, yaitu

  • Merancang Database.
  • Merancang Alur aplikasi
  • Mengembangkan Struktur Data.Terkadan Back End Developer memerlukan mengembangkan struktur data, jika aplikasi yang dikerjakan / dikembangkan sudah ada. Dan ingin diupgrade kemampuannya.
  • Pengkodeaan sampai Percobaan /Testing.
  • Keaman Aplikasi / Website
  • Update baik itu fungsi atau logaridma aplikasi jika diperlukan. Seperti penambahan ide pada aplikasi
  • bekerjasama dengan Front End Developer

Web Administrator

Aplikasi web yang telah dibuat tidak akan dapat berjalan jika tidak memiliki sebuah server. Perlu kalian ketahui, pada penjelasan mimin tugas web Dev terbagi ataran Front dan Back, yang hasilnya berjalan pada sisi client (para pengguna) dan server. Dari hal tersebut artinya aplikasi web membutuhkan server untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Seorang yang menjalankan dan konfigurasi server web itu dinamakan Web Administrator. Bertanggung jawab dari segi konfigurasi sampai pemasangan/instalasi aplikasi pada server.

Web Administrator paling tidak harus menguasi

  1. Sistem Operasi Server, dari instalasi sampai konfigurasi.
  2. Mengatasi Trouble Shooting Server
  3. Maintance Server, baik itu pemeliharaan rutin, Upgrade atau lainnya hal yang dibutuhkan untuk mengupgrade server agar dapat berjalan dengan aman.
  4. Jaringan baik itu Lan, Wan ataupun Intranet.
  5. Keamanan Jaringan Server.

Web Master

Seorang yang menguasai dan bertanggung jawab baik itu Front End, Banck End ataupun Web Administrator.


Sekarang industri semakin berkembang, dan kebutuhan akan IT semakin bertambah. Begitu juga bahasa pemprograman juga semakin berkembang, dan kebutuhan akan belajar bahasa pemprograman semakin bertambah.

Itulan beberapa mengenai Apa saja profesi dalam pengembangan aplikasi web. Jika kalian ingin bertanya, diskusi atau lainnya. Dapat menggunakan menu kotak kami pada menu atas untuk menghubungi mimin. Semoga bermanfaat, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.