Belajar SEO, Apa itu SEO?

oleh

pada artikel ini kita akan membahas dan belajar SEO, mengupas kulitnya, apa itu SEO dan kita akan belajar sama – sama mengenai SEO.

Belajar SEO Terbaru untuk Pemula

Belajar SEO

belajar SEO itu mudah, kamu hanya perlu mempelajari dan memahami SEO dasar, sebelum belajar seo lebih dalam, kalian harus mengenal apa itu SEO

Apa Itu SEO

SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization yaitu, sebuah teknik yang dilakukan untuk otmisai website agar dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari, contohnya seperti mesin pencari google dan bing. teknnik yang dilakukan yaitu dengan mengoptimalkan keyword melalui meta tag. meta tag yang dioptimalkan yaitu title tag, meta description tag dan img alt tag.

jadi, di dalam meta tersebut harus di isi keyword – keyword yang tepat. kita akan mengupas ini secara tuntas satu satu. berbicara mengenai teknik SEO, tidak semua teknik SEO itu aman, dalam artian ada beberapa oknum bermain curang atau bermain nakal, ini dinakan teknik Black Hat SEO, Search Engine, terutama google yang akan menjadi fokus pembahasan kita, dapat mendeteksi teknik teknik nakal ini.

Pengoptimalan meta tag pada sebuah konten adalah langkah awal yang harus dilakukan, langkah awal dalam pengoptimalan suatu website dapatdengan teknik SEO On Page

SEO On Page

SEO On Page merupakan teknik optimasi halaman website dengam memainkan internal link. adalam merangkai internal link, sehingga pengunjung website juga tertarik mengunjungi konten yang lainnya, membuat pengunjung menjadi lebih lama stay pada website. selain dengan teknik SEO On Page, juga diiringi dengan teknik SEO Off Page

SEO Off Page

SEO Off Page merupaga teknik Optimasi SEO diluar dari halaman Website, dengan cara membangun Back Link sebanyak mungkin.

baca juga SEO On Page dan SEO Off Page : perbedaan

tapi dengan teknik SEO Off Page ini belum cukup juga, dikarenakan logaridma google berubah dan selalu diperbarui untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin dalam pencarian. Sejak tahun 2014 , puncaknya pada tahun 2015 google menerapkan sistem SEO semantik, dalam praktisi kalian harus memeperhatikan konten yang dibuat, serta menyusun konten sesuai kaidah SEO.

SEO Natural

yang dinamakan denga SEO natural disini yaitu suatu upaya optimasi website dengan teknik SEO On page dan SEO Off Page untuk mendapatkan hasil terbaik. jika website dapat menempati page 1-20 google, website tersebut sudah berpotensi untuk bersain dari kompentitor, karena memiliki kemungkinan pengunjung berdatangan. Tentu saja website paling atas akan mendapat kunjungan paling banyak.

selain kedua teknik ini kalian juga menggunakan layanan adword dan google ads, namun kalian diharuskan mengeluarkan biaya untuk menggunakan layanan ini.

Bagaiman Melauakn SEO Yang Tepat?

terlepas dari kalian dengan masalah membayar jasa iklan adword ataupun google ads, website juga dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari google. SEO itu muda, hanya menyesuaikan meta tag dengan keyword yang sesuai. ada beberapa faktor agar anda mendapatkan hasil yang maksimal dalam SEO.

Jangan Menggunakan Hosting Gratisan

kamu akan sulit mendapatkan hasil yang optimal jika menggunakan histingan gratis untuk hasil SEO yang baik. website kamu harus berada pada hostingan premium. sekarang sudah banyak penyelenggara Share Hosting yang cukup untuk sebuah website, namun jika kamu memiliki cukup dana dapat menggunakan Prive Hosting atau PVS Hosting.

selain itu juga perhatikan Up Time hosting yang dipilih, karena hosting yang sering mengalami downtime juga berpengaruh kepada SEO atau hasil pencarian. dan kemungkinan terburuk, jika hosting seringkali mengalami dwontime, maka robot Seach Engine sering menemukan website dalam keadaan downtime, website kamu akan dihapus dari halaman, yang berakibat tidak lagi ditemukan lewat search engine.

Website Harus Memiliki Konten Yang cukup

konten website harus cukup dengan kaidah SEO, setidaknya halaman website harus memiliki 600 kata, dari sumber lain juga ada yang mengatakan minimal 1000 kata dan minimal 10 halaman. oelh sebab itu copywriting hal penting dalam SEO. copywriting dalam SEO sangatlah mudah asalkan mengerti mengai kaidah SEO sehingga dapat menyusun konten sesuai keyword yang menjadi sasaran, dan website dapat menempati hal terbaik dalam mesin pencarian.

Konten Update

bukan hanya konten yang cukup, dalam optimasi SEO, juga harus update konten juga ke hal yang lebih terbaru, atau yang sedang lagi hangat dibicarakan, usahakan membuat sebuah konten dapat bertahan lama, agar konten tidak pernah mati dari pembahasan.

dari pembahasan sebelumnya SEO merupakan permainan dari meta tag kunco keyword yang sedang tranding, maka dari itu konten harus tetap upde dan menggunakan meta tag yang sedang tranding.

Struktur Sebuah Konten

selain itu juga SEO juga dipengaruhi olelh struktur sebuah konten, ada harus memperhatikan struktur keyword, dari judul, pembuka isi dan penutup, selain itu juga diharuskan memiliki sub judul yang tepat.

Struktur Website

struktur website juga tidak kalah penting dalam SEO, karena dengan rapinya struktur website akan memudahkan pengunjung atau pembaca dalam mencari sebuah konten, dan bukan hanya itu, struktur website yang rapi, juga akan memudahkan googlebot dalalam melakukan index website anda.

teknik menagtur struktur website ini dinamankan SILO

baca juga SILO : SILO Dalam Struktur SEO

Kecepatan Website

Kecepatan dari load page website juga berpengaruh terhadap SEO, karena ini akan lebih mengarah kepada pengguna, jika pengguna masuk kedalam website, dan ternyata website load nya lambat, kemungkinan pengguna akan keluar dari website tersebut, tentu hal ini akan berpengaruh kepada SEO website kalian.

Gunakan SSL

SSL merupakan kependekan dari Secure Socket Layer, yaitu sebuah protokol layer transport yang digunakan dalam koneksi internet secara aman. SSL sesuatu yang dibutuhkan oleh website moderen, dahulu SSL hanya diperuntukkan kepada E-Learning, toko online atau website yang berbasis membership. namun sekarang SSL juga diperuntukkan untuk semua jenis website, jika tidak menggunakan SSL google akan memberikan sebuah peringatan bahwa website tersebut tidak aman, karena tidak menggunakan SSL.

jika kalian menggunakan google crome, kalian tidak dapat membuka website jika tidak menggunakan SSL, karena sistem google crome sudah diperbarui sistemnya.

selain sebagai keamanan website, SSL juga membuat lebih baik dari hasil mesin pencarian, seperti dilansir pada security.googleblog.com . dari informasi tersebut, sudah cukup untuk alasan agar menggunakan SSL.

dengan menguasai dasar – dasar dari SEO yang berupa permainan meta tag dan ketepatan memilih keyword, kamu sudah cukup dalam bersaing dengan kopentitor, dengan mengaplikasikannya pada keseharian ngonten pada website, dan juga aktif dalam membuat backlink, akan meningkatkan poin SEO website mu.

baca juga belajar seo wordpress untuk pemula

baca juga cara membuat permalink SEO Frendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *