Cara Install PHP di Ubuntu 20.4 LTS Server

Cara Install PHP di Ubuntu 20.4 LTS Server

Sistem Operasi Ubuntu dijadikan sebagai server web, mestilah harus menginstall yang namanya PHP. Karena aplikasi website biasnaya bukan hanya menggunakan bahasa HTML, CSS dan javascript, namun juga menggunakan bahasa pemprograman PHP. Oleh karena itu, agar bahasa PHP apat berjalan dengan benar di sisiserver, maka diperlukan install PHP di ubuntu server.

tutorial ini merupakan lanjutan artikel sebelumnya yang berjudul “cara install apache di ubuntu Server“. Jadi webserver yang digunakan adalah apache2.

Cara Install PHP di Ubuntu server. Pertama – tama kalian sebagai admin server. Masuk kedalam Server menggunakan akun root. Contohnya seperti mimin masuk menggunakan akun root, dengan bantuan aplikasi remote SSH.

tuliskan perintah berikut untuk memulai instalasi php.

apt-get install php libapache2-mod-php

jika ada notif. klik y untuk melanjutkan. proses instalasi php berjalan.

Setelah instalasi selesai, kalian dapat mengecek phpinfo dengan cara masuk kedirektory website. default berada di /var/www/html, kalian dapat membuat sebuah file dengan nama info.php

caranya, kalian masuk kedalam diroctory tersebut dengan perintah

$ cd /var/www/html

kemudian, masukkan perintah

$ nano info.php

kalian isi dengan

<?php 
phpinfo();

untuk menyimpannya, klik ctr+x kemudian tekan y untuk menyimpan dan enter. untuk mengeceknya, kalian dapat menggunakan browser dengan memasukkan link : ip-server/info.php

sampai sini, instalasi PHP berhasil. php yang diinstall yaitu php versi 7.4.3. Sekarang kalian dapat memasukkan program dengan coding php ke server kalian. Kalian dapat menjalankannya aplikasi PHP kalian pada sisi client.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.