cara mengatasi laptop not responding

cara mengatasi laptop not responding

laptop kalian sering terjadi not responding ? kali ini mimin akan membahas mengenai sebuah cara mengatasi laptop not responding, perlu kita kenali terlebih dahulu penyebab kenapa laptop menjadi not responding, dan kemudian cara mengatasi untuk menanggulangi notresponing, yang dapat kalian coba sendiri.

ada beberapa penyebeb laptop kalian menjadi notresponding, diantaranya

1. RAM yang Kurang Sedangkan Aplikasi Banyak yang Berjalan

kemungkinan penyebab notreponding yaitu, RAM yang kecil namun banyak terdapat aplikasi yang berjalan dibelkang, karena kurangnya kapasitas RAM, sehingga membuat antrian menumpuk dan sangat banyak, menjadikan proses berdesakkan, kinerja komputer menjadi terbebani, hal ini juga dapat memicu overhead. Memicu notresponding, bahkan memicul gangguan lainnya seperti laptop nge lag, blue screen, atau mati dengan sendirinya karena overhead.

Untuk mengatasinya yaitu dengan manajement aplikasi yang terinstall, dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.

2. Karena Virus

Bisa jadi juga terinverksi virus, program berbahaya. Yang menyebabkan gangguan dari kinerja komputer, klaian dapat mengatasinya dengan cara mengscan virus secara berkala dan secara teratur dengan aplikasi antivirus.

3. OS Rusak Atau Bajakan

OS atau Operating System, dapat rusak karena virus, ada beberapa file core yang hialng misalnya, hal tersebut tentu akan berpengaruh pada kinerja komputer klain. Atau OS Bajakan dapat berpotensi membahayakan, karena bisa jadi OS tersebut telah dimodifikasi dan didalamnya terinject sebuah virus atau aplikasi berbahaya untuk komputer kalin.

Mengatasi hal ini, kalian dapat melakukan install ulang Operating system kalian, dengan OS resmi, untuk windows yang berlisensi, kalin dapat membelinya pada bursa yang terpercaya. Dan misalkan menggunakan OS yang open sorce kalian dapat mendownload nya pada situs resminya.

4. Hardisk Penuh atau Sudah Rusak

Hardisk yang penuh dapat mempengaruhi dari kinerja, karena setiap kita menjalankan aplikasi akan membuat sebuah file yang dinamakan temporary atau .temp. File tersebut akan disimpan pada disk, jika penuh dan tidak dapat menambah file temporary, akan mempengaruhi dari kinerja aplikasi yang dibuka, dampaknya yaitu bisa jadi notresponding.

Hardisk yang rusak juga dapat mempengaruhi, kerusakan dari pembaca akan menjadikan ketika load file yang ada pada disk akan menjadi masalah ataupun file akan rusak. hal ini berdampak sangat merugikan, kinerja kalian akan sangat terganggu.

5. Tidak Update OS

Os lama pasti kinerja nya tidak sebaik OS baru yang update, pasti para devloper, akan memperbaiki Bug dan beberapa masalah yang ada pada OS sebelumnya, disarankan kalian melakukna update OS pada versi terbaru, guna mengikuti perkembangan dan mendapatkan khasiat dari OS yang baru.

itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop not responding, semoga bermanfaat, sampai ketemu pada artikel berikutnya.

baca juga Cara Mengatasi Laptop Ngelag Mulai Lemot, Tips dan Trik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.