Content Management System

Content Management System (CMS) dan Fungsinya

Content Management System – Content Management System atau yang sering disebut CMS, merupakan sebuah Software yang berfungsi untuk mengatur konten – konten pada situs web, bisa situs web yang berupa company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnya.

dengan CMS anda akan diberikan kemudahan untuk membuat dan membangun sebuah website tanpa harus membuat atau coding dari awal. Perkembangan CMS tidak hanya untuk blogger saja melainkan sudah merambah ke bisnis, sehingga saat ini sudah banyak CMS yang ditujukan khusus untuk e-commerce. – Wikipwdia : CMS

Content Management System pengertian dan fungsinya

Kelebihan Content Management System (CMS)

ada beberapa alasan kenapa harus menggunakan CMS diantaranya

  1. Efisiensi dan cepat. Tentu saja dengan menggunakan CMS akan lebih efesien, tidak banyak pengusaha punya waktu untuk membuat situs web dari awal, apalagi jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat website, tetapi ingin memiliki website dengan cepat, dengan CMS pilihan yang tepat untuk anda. tidak perlu khawatir dengan biaya, karena dengan CMS sangatlah murah dan terjangkau.
  2. Instalasi Mudah, instalasi dari CMS sangatlah mudah dan sederhana tidak ada cara – cara khusus atau tertentu untuk melakukannya. selain itu juga keudahan lainnya yaitu mengubah desain, selain terdapat ribuan tema yang tersedia, anda juga dapat mengubah atau mengatur tema dengan sesuka hati.
  3. Fitur Lebih Banyak, fitur yang ada di CMS dapat dikatakan lengkap dan dengan fitur fitur yang ada anda dapat mengatur banyak hal malalui CMS melalui fitur plugin
  4. Penambahan Fungsi, CMS juga dapat dilakukan penammbahan kode atau custom kode sumber,dan menjadi lebih fleksiel menyesuaikan pengaturan dengan kebutuhan.
  5. Banyak Pengguna, dengan CMS anda dapat dengan mudah menambahkan beberapa orang pengguna untuk dijadikan pengelola website dan membuat sebuah konten. tidak hanya satu hak akses yang tersedia, namun ada beberapa hakakses dari beberapa tipe.
  6. mudah dalam proses maintance. Saat Anda menggunakan CMS, hampir semua sruktur situs web sama dan terfokus pada satu bagian saja, sehingga jika ada pembaharuan situs tidak akan merusak situs yang saat ini ada. Anda juga tidak perlu melakukan perbaruan satu persatu, CMS akan melakukan hal itu secara otomatis.

Jika Anda termasuk orang yang peduli dengan SEO, ada plugin yang berjalan pada CMS khusus untuk mengoptimalkan SEO pada konten situs web Anda. Jika berjalan dengan baik, SEO ini akan menempatkan konten Anda pada peringkat atas mesin pencarian.

CMS yang sekarang banyak digunakan ialah CMS WordPress. Baca juga alasan mengapa memilih CMS WordPresss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.