fungsi router

fungsi router

hello, apa kabar sob, mimin republic code di sini, kita akan bersama – sama membahas mengenai fungsi router. Kalian tau router? jika kalian berlanggangan layanan internet (ISP) seperti indihome atau provider lainnya, biasanya menggunakan alat yang namanya router yang berfungsi untuk memancarkan sinya wifi, yang kemudian kalian gunakan untuk internetan. lebih tepatnya alatnya seperti gambar dibawah ini

fungsi router secara umum
router

penampakan alatnya seperti gambar di atas, est jangan salah sangka. jika kalian menyangka ini adalah mainan pesawat terbang yang ditempelkan, ok kita sama, mimin dulunya menyangka demikina. Hehehe.

Tapi kalian tahukah apa sebenarnya router itu?

Secara umum router merupakan sebuah alat yang digunakan agar perangkat seperti komputer atau handphone dapat saling terhubung. Bukan terhubung kesebuah jaringan internet lo ya. Karena hanya sebuah router tanpa modem maka tidak dapat terhubung kejaringan internet.

Beberapa layanan ISP menggabungkan router dan modem dalam satu perangkat. Meski demikian keduanya berbeda dan memiki fungsi yang beda. Router berfungsi untuk mengelola aliran data dalam jaringan, sedangkan mode menghubungkan jaringan ke internet

Modem menyambungkan kalain ke internet dengan cara mengubah sinyal dari ISP menjadi sinyal digital. Modem hanya bisa dihubungkan ke satu perangkat. Namun router dapat mendistribusikan sinyal dari modem agar bisa terhubung ke banyak perangkat.

Fungsi Router

router sekarang banyak kita jumpai bukan hanya di area pekerja kantoran atau kafe – kafe, namun sekarang telah banyak di rumah – rumah pribadi, warung – warung kecil, angkringan, toko – toko dan tempat lainnya, yang menggunakan layanan provider internet kabel.

terlihat dari kondisi sekarang internet makin dibutuhkan dan menjadi kebutuhan sehari hari, dunia terasa menjadi rimba jika tidak ada internet, padahal sebelum diserang internet, dulunya tanpa internet masih sangat mengasikkan. Tapi sekarang jika tidak ada internet terasa hampa.

dulunya internet menggunakan kartu GSM untuk handphone dan jaringan kabel LAN untuk komputer, dan sekarang berkembang dengan ditemukannya teknologi baru yang namanya jaringan wifi.

artikel berikutnya kita akan membahas lebih dalam mengenai wifi.

dengan WiFi kita dapat membagi sebuah jaringan tanpa kabel ke beberapa perangkat terhubung ke internet, jika menggunakan hp bukan menggunakan kartu GSM yang ada pada handphone kita.

kan jika menggunakan hotspot Hp teman, kita internetan pakai kartu GSM teman kan ?.

Jaringan WiFi ini, dapat kita temukan pada alat yang namanya router, fungsi dari router tersbut yaitu

1. Memancarkan Sinyal Wifi

Router dapat mengubah sinyal modem menjadi sinya wifi yang kemudian dapat kita gunakan kepada prangkat elektronik contohnya seperti laptop dan HP.

keuntungan dari hal ini, misal kalian memiliki rumah lantai 2, dan router ada di lantai 1 dan di lantai dua kalian ingin terhubung ke internet menggunakan handphone dan kouta di kartu sudah Habis, dan kalain mager turun ke kalantai 1, sudah mager rebahan. Handphone tidak memungkinkan untuk menggunakan kabel LAN untuk terhubung ke router, solusinya yaitu dengan memanfaatkan jaringan dari sinya wifi yang ada di router.

2. Menghubungkan Beberapa Perangkat

Router dapat mentransmisikan data dari satu jaringan ke jaringan lain. Cara kerja router mentransmisikan data ke antar jaringan yaitu seperti bridge (jembatan) sehingga memunginkan setiap perangkat yang terhubung dapat saling berkomunikasi. Karena dengan cara kerja demikian router dapat menghubungkan perangkat dengan dua jaringan yang berbeda.

Dengan router meski tanpa modem, kalian dapat membuat sebuah jaringan kecil yang membuat perangkat yang terhubung pada jaringan tersebut saling terhubung dan dapat berkomunikasi, Jika dalam suatu jaringan terbut ditambahkan modem, jaringan yang terhubung tentu memungkinkan untuk terhubung ke internet.

3. Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi Router lainnya adalah sebagai penghubung antara jaringan dengan DSL (Digital Subscriber Line) atau DSL Router. DSL Router berguna sebagai firewall untuk melindungi data dan mencegah ancaman cyber dari jaringan internet.

Fungsi ini membuat router dapat menutup lalu lintas data yang mencurigakan. Intinya, kalian dapat memblock IP Address dengan router. Selain itu, DSL juga bisa mencegah broad cast storm yang menyebabkan kinerja jaringan melambat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.