Hal Yang Harus Diahami Untuk Menjadi Programer

Hal Yang Harus Diahami Untuk Menjadi Programer

hallo, apakabar sob, baik baik saja ya. Sebelumnya mimin telah membuat sebuah artikel dengan judul Tips dan Trik Mudah Belajar Coding Bagi Pemula, pada artikel kali ini, mimin akan membahas hal yang tida jauh dari artikel sebelumnya, seperti di judul kita akan membahas Hal Yang Harus Diahami Untuk Menjadi Programer.

Sebelumnya mimin haraf kalian telah membaca mengenai Tips dan Trik Mudah Belajar Coding Bagi Pemula. Jika belum kalian dapat membaca pada link tertaut dibawah ini

Tips dan Trik Mudah Belajar Coding Bagi Pemula

Mungin dari artikel ini, mimin hanya menjelaskan dari pengalaman mimin belajar bahasa pemprograman, dari bangku SMK sampai Kulian dan sekarang. Belajar bahasa pemprograman itu tidaklah sulit, jika kalian mendapatkan kuncinya. Kunci dari bahasa pemprograman adalah diri kalian sendiri, dari cara belajar, pengkodeaan, penyusunan dan logika setiap programer berbeda – beda. Jadi kunci dari semua itu adalah diri kalian sendiri, keunikan dari diri kalian.

Memahami Bahasa Program

ada beberapa poin penting yang harus kalian kuasai, salah satunya kalain harus menguasai paling tidak salah satu bahasa program yang kalian pelajari, semisal bahasa pemprograman PHP. Untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web kalian harus menguasai PHP dan kawan – kawannya yaitu, HTML, CSS dan Java Script. Untungnya mimin membuat beberapa artikel mengenai tutorial belajar dasar dari beberapa bahasa tersebut, jadi jangan ragu untuk kepoin website republiccode.com. Mimin akan update beberapa artikel mengenai belajar bahasa pemprograman.

Dasar

Poin dari artikel sebelumnya kalian wajib memahami dan menguasai dasar dari bahasa pemprograman, baik itu. Minimal kalian dapat membuat sebuah aplikasi yang dapat melakukan Cread Read Update dan Delete atau bahasa kerennya CRUD. Jadi bukan hanya aplikasi yang dapat menyampaikan informasi, didalam aplikasi tersebut juga dapat memasukkan informasi.

Langkah berikutnya kalian hanya perlu memoles kemampuan kalian, misal kalian mengaplikasikan didalam CRUD kalian berupa rumus aritmatika. Membuat sebuah program sederhana, misal membuat aplikasi inventory barang. Di aplikasi tersebut kalian memasukkan data barang dan jumlahnya lalu ditotal dengan otomatis, dengan melakukan latihan ini, secara tidak langsung kalian mengasah logika pemprograman kalian. Mimin yakin jika kalian memiliki tekad dalam belajar, kalian berlatih terus, kedepannya akan terasa mudah dalam menggarap aplikasi lainnya. Karena kalian hanya perlu pondasi yang kuat, pondasinya yaitu CRUD dan rumus didalam aplikasi.

Dari pengalaman mimin, belajar menjadi programer tidakakan ada habisnya, sampai kapanpun. Semakin teknologi berkembang, bahsa pemprograman pun juga berkembang, karena dituntut dengan adanya kebutuhan. Mngkin sebagian ada yang mengeluh, kuliah IT tapi masih belum paham bahasa program, pemahaman setiap orang beda- beda. Mimin sarankan kalian untuk menguasai dasarnya aja dulu, kemudian sedikit – demi sedikit klaian poles. Di bangku kuliah kalian juga akan lebih banyak mendapatkan pembelajaran programing dasar. Untuk membuat sebuah aplikasi yang bagus dan kompeks biasanya kalian harus eksplorasi sendiri. Untuk membuat aplikasi yang kompleks, tentu didalamnya terdapat code – code dasar yang biasanya dipelajari. Tidak jauh dari yang namanya CRUD, dan manipulasi data menggunakan logika aritmatika.

Hal kebanyakan yang menurut mimin agak susah hanyalah dari rumus atau metode yang digunakan. Memahami dan mengaplikasikannya. Karena kalian perlu memaniulasi data yang ada di database dengan rumusan yang ada.

Dua poin tersebut memahami salah satu bahasa program dan menguasai dasarnya, mimin rasa kalian telah membangun sebuah pondasi untuk menjadi programer. Berikutnya klaian perlu melengkapi pondasi tersebut. Kelengkapannya terserah kalian, kalian ingin menjadi bagaima.

sampai sini artikel mengenai Hal Yang Harus Diahami Untuk Menjadi Programer, mungkin kalian ada tambahan atau kritikan mengenai artikel ini, silahkan isi kolom komentar atau kontak mimin langsung di bagian kontak kami. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.