Aplikasi Hitung Harga Diskon dengan Program C++

oleh
Hitung Harga Diskon dengan Program C++

kali ini, mimin akan membagikan sebuah contoh program, sesuai dengan judul yaitu Aplikasi Hitung Harga Diskon dengan Program C++, hal pertama yang harus kita ketahui yaitu rumus dari diskon itu sendiri, Misal kita membeli barang dengan harga 200.000 ribu rupiah, mendapatkan diskon suatu produk senilai 20%, maka untuk menghitungnya 20%x200.000 = 160000. Jika sudah memahami dari rumus diskon tersebut, kita tinggal implementasikan kedalam sebuah program.

Program Aplikasi Hitung Harga Diskon

code program :

#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
  float harga, diskon,potongan, total;
  cout << "==========================\n";
  cout << "Program Diskon Dengan C++\n";
  cout << "==========================\n";
  cout << "Masukkan jumlah harga: ";
  cin >> harga;
  cout << "Masukkan diskon (%): ";
  cin >> diskon;
  cout << "==========================\n";
  potongan = (diskon/100)*harga;
  total = harga-potongan;
  cout << "Harga asli: " << harga << endl;
  cout << "Potongan: " << potongan << endl;
  cout << "Total yang harus bayar: " << total << endl;

}

pada code di atas, karena kita menggunakan input output, maka menggunakan libray iostream, dan untuk mempermudah penulisan cin dan cout, menggunakan code using namespace std; pada program tersebut terdapat variabel harga, diskon, potongan dan total dengan tipedata float.

Pada program tersebut, pengguna akan memasukkan harga terlebih dahulu, value tersebut kana ditampung oleh variabel harga. Berikutnya pengguna akan memasukkan jumlah besaran diskon yang didapatkan, besaran diskon tersebut akan ditampung pada variabel diskon.

Berikutnya nilai nailai yang dimasukkan oleh pengguna akan di seleksi dengan rumus aritmatika pemprograman.

 potongan = (diskon/100)*harga;

Karena diskon menggunakan persen, alam matematikan persen yaitu per seratus atau bagi dengan seratus. dimasukkan kedalam kurung agar diselseksi lebih dulu, lalu kemudian dikalikan dengan harga. rumusan tersebut hasilnya akan ditampung oleh variabel potongan. Sampai sini kita telah mendapatkan hasil potongan harga kita.

berikutnya total bayar yang nanti nilainya akan dimasukkan kedalam variabel total, rumusnya yaitu harga – potongan, maka hasilnya akan didapat. Hasil harga yang kita bayar.

Hitung Harga Diskon dengan Program C++

sekian tutorial dari kami, semoga membantu kalian ya, dalam belajar bahasa C++, kalian juga bisa mendapatkan beberapa contoh pemprograman C++ lainya pada artikel sebelumnya dengan judul “Contoh Program Bahasa C++” dengan link tertaut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.