Cara install debian 6 di VM-Ware

oleh

Yo. Kali ini kita akan memmbahas mengenai Cara install debian 6 via virtual mesin. Di sini mimn untuk virtual mesin menggunakan aplikasi yaitu VMWare. kalian dapat mendwonload VM-Ware di vmware.com.

Sekilas mengenai debian :

Debian merupakan sebuah sistem operasi berbasis kernel linux. Debian ini dapat di gunakan pada sistem operasi yang berlisensi GNU. Dimana debian ini dikembangkan secara murni tanpa ada sistem operasi yang telah ada. Selain itu juga dalam penginstalan sistem operasi debian ini terdapat 2 jenis tampilan yang akan di tampilkan setelah selesai penginstalan debian ini yaitu, debian versi GUI (Graphical User Interface) dan Debian versi CLI (Command Line Interface). Dimana pada debian versi GUI ini akan menampilkan seperti tampilan yang sama seperti windows namun sistem operasi ini berbasis linux. Sedangkan debian versi CLI ini hanya menampilkan terminal atau cdm yang ada di windows. Debian — Getting Debian

Langkah – Langkah Cara Install Debian

Penginstalan Debian Versi 6
Berikut merupakan langkah-langkah penginstalan Debian-6.0.6-i386-DVD-1.

Pada awal penginstalan debian ini yaitu dengan cara klik menu create a new virtual machine seperti dibawah ini.

install debian di virtualbox

Setelah itu klik dan akan muncul seperti dibawah ini. Jika sudah tampil maka akan terdapat 2 pilih yaitu ada typical (recommanded) dan custom (advanced). Selanjutnya dari 2 pilihan tersebut, pilihlah yang custom (advanced) seperti dibawah ini :

cara instal kali linux di virtual box

Setelah itu akan tampil seperti dibawah ini. Jika sudah maka klik next.

install debian di virtualbox

Setelah itu maka akan tampil seperti tampilan yang dibawah ini. Pada tampilan ini kita akan memilih ingin melakukan instalasinya dengan cara bagaimana, pada langkah kali ini saya mamilih installer disc image file (iso) yang mana pada pilihan ini kita harus memilih file yang mana yang akan di instal dengan cara klik pilihan installer disc image file lalu klik browser lalu pilih file yang akan di instal lalu pilih oke dan pilih next.

cara menginstal linux ubuntu beserta gambarnya

Setelah itu maka akan tampil seperti tampilan dibawah ini. Pada langkah ini kita disuruh untuk memberi nama pada file yang kita instal.

cara install virtualbox di ubuntu

Setelah itu akan tampil seperti tampil dibawah ini. Langkah berikut ini merupakan langkah proses konfigurasi jika sudah maka tekan next.

cara instal linux di vmware

Selanjutnya akan tampil seperti tampilan berikut ini. Pada langkah ini merupakan penentuan type dari sistem operasi yang akan di instal. Pada langkah kali ini penulis memilih pilihan use network address translation (NAT) jika sduah maka klik next untuk melanjutkan instalasi.

debian virtualbox

Setelah itu akan tampil seperti tampilan dibawah ini. Dimana pada tampilan ini kita menentukan select I/O conttoler type yang akan di instal. Pada langkah kali ini penulis memilih LSI logic (Recommenden).

install linux debian

Selanjutnya akan tampil, tampilan seperti dibawah ini. Pada langkah ini disuruh untuk memilih select a disk type dimana pada langkah ini penulis memilih SCSI (recommended).

tutorial virtualbox

Langkah selanjutnya adalah menentukan select a disk dimana pada langkah kali ini penulis memilih creat a new virtual disk. Yang akan tampil seperti dibawah ini jika sudah klik next.

cara mengoperasikan linux ubuntu

Langkah selanjutnya adalah menentukan specify disk capacity, dimana maximum disk size yang awalnnya 10 di ubah menjadi lima dan juga pada pilihan di bawahnya penulis memilih split virtual disk into multiple files. Selanjutnya klik next.

image 57

Selanjutnya adalah memberi nama file pada virtual. Pada langkah ini penulis menggunakan virtual Vmware jadi file yang disimpan .vmdk.

tutorial instalasi debian

Setelah itu maka akan tampil seperti tampilan dibawah ini. Pada langkah kali ini akan menampilkan hasil beberapa langkah yang telah dilakukan diatas sebelumnya.

cara instalasi linux debian

Setelah itu maka akan tampil seperti tampilan dibawah ini setelah diklik next. Pada tampilan berikut ini akan memproses dari proses setelah di next pada langkah sebelumnya.

cara menginstal linux debian

Setelah itu maka akan tampil seperti tampilan berikut ini yaitu tampilan awal dari debian. Dilangkah kali ini akan ada pilihan yaitu instal, grapich install dan lain-lain. Dari pilihan tersebut penulis akan memilih install, kenapa penulis memilih install? Karena penulis ingin menginstal debian dengan verrsi CLI, bukan dengan versi GUI. Setelah memilih dari pilihan tersebut maka selanjutnya tekan enter untuk melanjutkan perintah selanjutnya.

cara instal debian 8 di virtualbox

Langkah selanjutnya adalah akan tampil pilihan select a language. Pada langkah kali ini penulis memilih bahasa englis, jika sudah maka tekan enter untuk melanjutkan langkah berikutnya.

cara install linux di VM ware

Selanjutnya adalah akan tampil seperti tampilan dibawah ini. Pada langkah ini yaitu penulis disuruh untuk memilih lokasi, jika sudah memilih maka klik enter untuk melanjutkan tampilan berikutnya.

cara menggunakan VM Ware

Selanjutnya adalah akan tampil seperti tampilan dibawah ini. Pada langkah kali ini penulis disuruh untuk memilih layout keyboard yang akan digunakan, jika sudah maka klik enter untuk melanjutkan tampilan berikutny.

Cara setting VM Ware

Langkah selanjutnya adalah menunggu proses dari komponen-komponen yang sudah di lakukan sebelumnya.

install debian dengan VM Ware

Langkah selanjutny adalah tampilan untuk mengkonfirmasi dari jaringan yang sudah dilakukan sebelumnya.

cara install virtualbox di ubuntu

Langkah berikutnya adalah langkah untuk menata pengguna dan kata sandi untuk root yang digunakan pada debian yang digunakan.

langkah langkah menginstal debian

Langkah selanjutnya adalah mengisi untuk nama lengkap pengguna, jika sudah klik selanjutnya.

langkah langkah instalasi debian

Langkah selanjutnya adalah langkah untuk menentukan nama akun yang akan digunakan untuk debian yang digunakan. Jika sudah maka klik selanjutnya.

install debian 9

Langkah selanjutnya adalah pegisian dari kata sandi untuk pengguna dari akun debian yang digunakan. Jika sudah maka klik selanjutnya.

instal debian di virtualbox

Selanjutnya adalah akan ada langkah untuk menampilkan konfirmasi dari kata sandi yang telah dilakukan pada sebelumnya. Jika sudah maka klik selanjutnya.

cara instal debian 9 di virtualbox

Langkah selanjutnya adalah menentukan konfigurasi waktu yang dipilih adalah jakarta jika menggunakan bahasa indonesia. Jika sudah maka klik enter untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

cara menginstal debian 6

Selanjutnya adalah merupakan langkah prosesing dari langkah yang telah dilakukan sebelumnya tadi.

cara menginstall debian

Selanjutnya adalah langkah untuk menentukan partisi hard disk yang digunakan. Pada langkah kali ini terdapat 4 pilihan, pada 4 pilihan kali ini maka penulis memilih pilihan yang pertama. Jika sudah maka klik enter untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

cara install linux debian di virtualbox

Selanjutnya adalah langkah ini sama seperti langkah yang diatas, tetapi pada langkah kali hanya terdapat satu pilihan. Jika sudah maka klik enter.

linux debian adalah

Selanjutnya adalah langkah untuk menentukan tampilan partisi hard disk tetapi kali ini terdapat 3 pilihan, pada pilihan ini maka pilih lah yang pertama. Jika sudah klik enter untuk melanjutkan langkah berikutnya.

cara menginstal debian 7 di virtualbox

Langkah selanjutnya adalah langkah untuk menentukan partisi hard disk untuk selesai untuk menyelesaikan dari installasi debian. Jika sudah maka klik enter untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

cara instalasi linux debian

Langkah selanjutnya adalah menentukan partisi yang ingin diinstal. Pada langkah kali ini penulis tidak ingin menginstall partisi disk ini maka penulis memilih no. Jika iya maka klik enter untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

cara menginstal linux debian

Selanjutnya adalah merupakan lag=ngkah prosesing untuk langkah yang sebelumnya.

cara instal debian 8 di virtualbox

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengkonfigurasian pengelolaan paket, namun pada langkah kali ini peulis tidak ingin mengkonfigurasi ini maka penelusi memilih tidak. Jika sudah maka klik enter untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

cara install debian di virtual box

Langkah selanjutnya adalah menunggu perosesing dari langkah sebelumnya hingga proses tersebut selesai.

instal debian di virtual box

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengkonfigurasian popularity. Namun pada langkah kali ini penulis tidak ingin mengkonfigurasinya maka penulis memilih tidak. Jika sudah maka klik enter untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

tutorial instal debian di virtualbox

Selanjutnya adalah menunggu prosesing dari langkah sebelumnya dan tunggu hingga selesai.

install debian di virtual box

Langkah selanjutnya adalah langkah untuk melakukan pemasangan root inder akun pada hard disk. Pada langkah kali ini penulis ingin melakukan pemasangan ini maka penulis memilih iya untuk melanjutkan langkah berikutnya. Jika sudah maka klik enter untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

langkah instalasi debian

Langkah selanjutnya adalah langkah untuk menentukan pemilihan software. Pada langkah kali ini terdapat 2 software yang di centak atau yang di bintang maka pada software pertama adalah grepilcal desktop envorment dan software standrt system utilltle. Pada software pertama itu merupkan software untuk tampilan seperti desktop namun jika pada software bagian yang kedua adalah merupakan tampilan seperti terminal yang ada pada ubuntu atau cmd pada windows. Pada kali ini penulis memilih untuk melakukan penginstalan debian denga versi terminal atau cmd maka pada pilihan pertama penulis tidak melakukan pemberian bintang pada bagian itu, jadi yang di beri bintang hanya pada pilihan yang kedua. Jika sudah maka klik enter untuk melanjutkan langkah berikutnya.

cara instal linux di vmware

Langkah selanjutnya adalah langkah penyelesaian pada bagian installasi debian denga versi CLI. Untuk melanjutkan langkah ini yaitu dengan cara klik enter untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

instalasi linux debian

Langkah selanjutnya adalah langkah prosesing untuk penyelesaian dalam installasi debian versi CLI.

cara instal debian 6

Selanjutnya adalah prosesing maju untuk masuk kedalam debian yang telah di install tadi dengan memasukkan nama dan password yang telah di masukkan dari awal

virtualbox debian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *