CARA INSTALL QGIS PADA WINDOWS

oleh

INSTALL QGIS PADA WINDOWS – pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara install Qgis pada windows. sekilas mengenai Qgis atau Quantum GIS. GIS itu sendiri merupakan dari Geographic Information System atau sistem informasi geografis yaitu alat berbasis komputer untuk memetakan dan menganalisis hal-hal yang ada dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi. jadi Quantum GIS adalah perangkat lunak SIG berbasis open source dan free (gratis) untuk keperluan pengolahan data geospasial. Quantum GIS adalah software SIG multi platform. Quantum GIS ini dapat digunakan Quatum GIS ini dapat digunakan untuk input data SIG dang pengolahan data geospasil sebagai pilihan alternatif dari software SIG komersial seperti ArcView, ArcGIS atau Mapinfo Professional www.academia.edu

Dapatkan QGIS di www.qgis.org

LANGKAH-LANGKAH INSTALL QGIS PADA WINDOWS

Berikut ini merupakan cara penginstallan aplikasi QGIS.

kalian bisa mendapatkan aplikasi QuantumGIS, pada link di atas, pada website official Quantum GIS tersebut. Pilih terlebih dahulu aplikasi yang akan di install dengan versi yang sesuai dengan pc atau laptop yang anda gunakan. Kemudian jika sudah klik 2 kali pada aplikasi yang akan di install. Pada langkah kali ini penulis menggunakan aplikasi dengan versi 64 bit atau

install qgis pada windows

Langkah selanjutnya akan tampil sebuah form dari aplikasi pada saat setelah diklik 2 kali pada langkah sebelumnya. Jika sudah tampil selanjutnya penulis mengklik next untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Menginstal QGIS

Langkah selanjutnya adalah penentuan persyaratan linsensi yang akan digunakan pada aplikasi jika sudah selesai diinstall. Penulis akan menekan tombol I agree jika semua persyaratan lisensinya disetujui. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Menginstal QGIS dengan OSGeo4W Installer

Langkah selanjutnya adalah langkah penentuan lokasi dimana akan diletakkan file dari penginstallan aplikasi ini. Penulis kali ini akan meletakkan pada directory c yang terletak didalam folder program flied an dengan nama QGIS 2.18. jika sudah sesuai peletakkannya maka klik next untuk melanjutkan langkah berikutnya. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Tutorial Instal QGIS, Software Open Source untuk Pemetaan

Langkah selanjutnya adalah pilih komponen yang akan diinstall pada aplikasi ini. Pada langkah kali ini penulis memilih komponen QGIS yang akan diinstal. Jika sudah memilih komponen yang akan di install maka klik tombol install. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Install QGIS (Quantum Geographic Information System)

Langkah selanjutnya adalah langkah untuk penginstallan dari langkah-langkah sebelumnya. Tunggu hingga proses selesai. Untuk proses ini akan lebih lama dari proses sebelumnya. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Mengenal Aplikasi Sistem Informasi Geografi QGIS

Langkah selanjutnya adalah merupakan langkah terakhir, untuk menyelesaikan proses ini klik finish dan proses penginstallan pun selesai. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

LANGKAH INSTALASI QUANTUM GIS (QGIS)

Berikut ini adalah tampilan awal dari aplikasi QGIS 2.18. jika sudah selesai dalam penginstallan dan pada saat ingin membuka aplikasi nya tidak seperti tampilan dibawah ini maka installan tersebut salah atau salah dalam pembukaan aplikasinya karena terdapat beberapa file yang akan muncul pada saat installan selesai. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

cara instalasi quantum GIS

Berikut ini adalah tampilan dari aplikasi QGIS. Pada tampilan ini banyak sekali tool-tool yang terdapat didalam aplikasi ini. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

cara instalasi QGIS pada pc windows

baca juga QGIS : Apa Itu Quantum GIS ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.