Jenis Jenis Web Server

jenis jenis web server – Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman – halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML https://idcloudhost.com/

dalam administrasi jaringan. Admin jaringan menggunakan sebuah webserver berbeda beda sesuai sfesifikasi dan kebutuhan sang admin jaringan, Web server tidak hanya terdapat satu namun terdapat beberapa jenis webserver. Berikut jenis jenis web server dalam administrasi jaringan.

Jenis Jenis Web Server Dalam Administrasi Jaringan Komputer

JENIS-JENIS WEB SERVER

Jenis-Jenis Web Server
Berikut ini merupakan jenis-jenis dari web server. Web server ini memiliki 7 buah jenis, yang mana dari ketujuh jenis web server tersebut memiliki karakter sendiri dan terdapat jenis yang terbaik dari semua jenis tersebut.

Apache Tomcat

a. Pengertian
Apache tomcat adalah server web berbasis opensource yang mendukung untuk penggunaan JSP (Java Server Pages). Secara default, server tomcat ini belum memiliki package admin, sehingga tidak ada akses untuk admin. Yang ada hanyalah tomcat manager untuk memdeploy aplikasi web melalui file .war dari java web. Ketika kita berusaha masuk ke URL admin ada keterangan Tomcat’s administration web application is no longer installed by default.

b. Cara Kerja
Menjalankan Services Apache Tomcat. Untuk menjalankan service Apache Tomcat, anda harus membuka services.msc dengan cara menekan Windows+R di desktop. Kemudian ketikkan services.msc [Enter] Selain itu, anda dapat mencarinya di Start menu maupun metro untuk pengguna Windows 8 dengan mengetikkan services.msc. Dapat melihat bahwa service Apache Tomcat belum running. Untuk menjalankannya, klik kanan padamApache Tomcat dan klik Start untuk memulai services.

c. Arsitektur
Berikut ini merupakan arsitektur-arsitektur yang dimiliki oleh apache tomcat yaitu:

Server
Di dunia Tomcat, Server mewakili seluruh wadah. Tomcat menyediakan implementasi standar antarmuka Server. , dan ini jarang disesuaikan oleh pengguna.

Layanan
Sebuah layanan merupakan komponen perantara yang hidup di dalam Server dan mengikat satu atau lebih Konektor untuk tepat satu mesin. Elemen Layanan jarang disesuaikan oleh pengguna, karena implementasi standarnya sederhana dan memadai: Antarmuka layanan.

Mesin
Suatu Mesin merepresentasikan pipa pemroses permintaan untuk Layanan tertentu. Karena Layanan mungkin memiliki beberapa Konektor, Mesin menerima dan memproses semua permintaan dari konektor ini, menyerahkan tanggapan kembali ke konektor yang sesuai untuk transmisi ke klien. The Mesin antarmuka dapat diimplementasikan untuk memasok Mesin kustom, meskipun ini jarang terjadi.
Perhatikan bahwa Mesin dapat digunakan untuk pengelompokan server Tomcat melalui parameter jvmRoute. Baca dokumentasi clustering untuk informasi lebih lanjut.

Tuan rumah
Sebuah host adalah sebuah asosiasi dari nama jaringan, misalnya www.yourcompany.com, ke server Tomcat. Mesin mungkin berisi beberapa host, dan elemen Host juga mendukung alias jaringan seperti yourcompany.com dan abc.yourcompany.com. Pengguna jarang membuat Host kustom karena penerapan StandardHost menyediakan fungsionalitas tambahan yang signifikan.

Konektor
Konektor A menangani komunikasi dengan klien. Ada beberapa konektor tersedia dengan Tomcat, yang semuanya menerapkan antarmuka Connector. Ini termasuk konektor Coyote yang digunakan untuk sebagian besar lalu lintas HTTP, terutama ketika menjalankan Tomcat sebagai server yang berdiri sendiri, dan konektor JK2 yang mengimplementasikan protokol AJP yang digunakan saat menghubungkan Tomcat ke server HTTPD Apache. Membuat konektor yang disesuaikan adalah upaya yang signifikan.

Konteks
Sebuah Konteks mewakili aplikasi web. Host dapat berisi beberapa konteks, masing-masing dengan jalur unik. The antarmuka Konteks dapat diimplementasikan untuk membuat Konteks kustom, tapi ini jarang terjadi karena StandardContext menyediakan fungsionalitas tambahan yang signifikan.

Komentar
Tomcat dirancang untuk menjadi implementasi Servlet Specification yang cepat dan efisien. Tomcat muncul sebagai implementasi referensi dari spesifikasi ini, dan tetap ketat dalam mematuhi spesifikasi. Pada saat yang sama, perhatian signifikan telah diberikan kepada kinerja Tomcat dan sekarang setara dengan kontainer servlet lainnya, termasuk yang komersial. Dalam rilis terbaru Tomcat, kebanyakan dimulai dengan Tomcat 5, kami telah memulai upaya untuk membuat lebih banyak aspek Tomcat dikelola melalui JMX. Selain itu, webapp Manager dan Admin telah sangat ditingkatkan dan ditingkatkan. Pengelolaan adalah area utama yang menjadi perhatian kami karena produk menjadi matang dan spesifikasi menjadi lebih stabil.

d. Perfoma
Konfigurasi Tomcat (/tomcat-configuration) secara default diarahkan untuk pengguna pertama yang mencari fungsionalitas yang kuat, tanpa kerumitan, out-ofthe- box. Namun, ketika ditempatkan dalam pengaturan dunia nyata, di mana beban server yang tinggi dapat diharapkan dan mencapai kinerja beban puncak terbaik yang mungkin sangat penting, penting untuk menyesuaikan pengaturan default ini berdasarkan kebutuhan situs Anda.

Ini mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, dan tentu saja bukan yang kecil, tetapi kabar baiknya adalah Tomcat adalah sistem yang sangat dapat dikonfigurasi, dan dengan mengikuti proses pengujian dan implementasi yang logis, dapat meningkatkan kinerja situs. Tcat (/misc/forms/download/tcat-lboxform. php) memberi Anda visibilitas mendalam ke dalam kinerja aplikasi web, dan memungkinkan untuk menyimpan konfigurasi optimal.

Jika telah melakukan semua yang bisa untuk menyesuaikan konfigurasi Tomcat agar sesuai dengan kebutuhan Anda, sekarang saatnya untuk melihat perbaikan pada arsitektur aplikasi. Proses ini lebih kompleks, tetapi peningkatan kinerja yang akan Anda lihat secara eksponensial lebih besar. Waktu terbaik untuk berpikir tentang mengoptimalkan aplikasi Anda untuk kinerja yang lebih baik dengan Tomcat adalah selama fase pengembangan. Menggunakan alat seperti JProbe atau OptimizeIt untuk mencari kemacetan apa pun karena sinkronisasi thread akan menghemat banyak kerumitan saat Anda menerapkan aplikasi.

Selain itu, baca teknik pengoptimalan khusus untuk setiap elemen aplikasi. Jika kinerja database lebih lambat dari yang dinginkan, pertimbangkan untuk menggunakan middleware untuk bertahan dan cache objek. Akan melihat lebih sedikit labrakan JVM untuk pembuatan, yang berarti lebih sedikit pengumpulan sampah, dan lebih sedikit kueri latensi db. Pertimbangkan factor-faktor seperti kesesuaian protokol untuk proyek tersebut. Misalnya, jika memuat data dalam jumlah besar, dan Anda memerlukan kinerja tinggi, XML adalah pilihan yang salah. Mengubahnya ke halaman statis dan melayani mereka dengan server web untuk mengambil beberapa beban yang tidak perlu dari Tomcat.

Melakukan cache pekerjaan yang sudah dilakukan alih-alih melakukannya lagi harus digunakan – ini adalah kunci untuk mencapai kinerja Tomcat terbaik. Batas paling signifikan untuk kinerja adalah tuntutan aplikasi web Anda, jadi pertimbangkan semua pilihan desain dengan hati-hati. Menerapkan teknik-teknik ini, dan sedang dalam perjalanan menuju performa Tomcat yang hebat.

f. Kelebihan
Berikut ini merupakan kelebih yang dimiliki oleh apache tomcat yaitu:

  1. Belum support IPV6
  2. Update/patchnya versi terbarunya lama keluar
  3. Fast-CGInya tidak berfungsi maximal
  4. Pemakainya tidak sebanyak Apache atau IIS(Komunitasnya tidak sebanyak Apache atau IIS)

g. Kekurangan
Berikut in merupakan kekurangan yang ada di dalam apache tomcat ini yaitu:

  1. Apache termasuk dalam kategori freeware.
  2. Apache mudah sekali proses instalasinya jika dibanding web server lainnya seperti NCSA, IIS, dan lain-lain.
  3. Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi.
  4. Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi.
  5. Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.

Microsoft windows Server 2003 Internet Information Server (IIS).

a. Pengertian

Internet Information Service (IIS) adalah komponen yang dapat digunakan untuk mengelola web, File Transfer Protocol (FTP), Ghoper, dan NNTP. Komponen IIS terdapat pada sistem operasi Windows NT ,Windows 2000, Windows XP, 7 dan Windows Server 2003. Pada Windows 98, supaya dapat mengelola Web diperlukan komponen Personal Web Server (PWS) walaupun tidak terdapat fasilitas untuk FTP.

PWS juga merupakan bagian dari IIS.  Komponen PWS terdapat pada CD master Windows 98 dan terletak pada direktori \add-ons\pws.

b. Cara Kerja
Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadifondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya. IIS telah berevolusi semenjak diperkenalkan pertama kali pada Windows NT 3.51 (meski kurang banyak digunakan) hingga IIS versi 6.0 yang terdapat dalam Windows Server 2003.

Versi 5.0 diintegrasikan dalam. Windows 2000, sedangkan Windows XP Professional memiliki IIS versi 5.1. Windows NT 4.0 memiliki versi 4.01 yang termasuk ke dalam add-on Windows NT Option Pack. Dalam Windows NT 4.0 Workstation atau Windows 95/98, IIS juga dapat diinstalasikan sebagai Microsoft Personal Web Server (PWS).

c. Arsitektur
Berikut ini merupakan arsitektur-arsitektur yang dimiliki oleh IIS.

Mode structural, subsystem dan manager
Tampilan permukaan struktur Windows Server 2003 mengungkapkan pengaturan fungsi yang sangat sederhana yang memisahkan peristiwa yang terkait sistem dari peristiwa yang berhubungan dengan pengguna. Ketika bergerak lebih dalam ke dalam komponen Windows Server 2003, akan melihat bahwa Microsoft telah merancang sistem operasi yang sangat terkotak. Pada bagian ini kita akan meninjau:
a. Lapisan struktural dari mode kernel, Lapisan Abstraksi Perangkat Keras (HAL), dan mode pengguna


b. Peran mode eksekutif Windows Server 2003 dan manajernya


c. Peran pengguna Windows Server 2003 mode dan subsistemnya

Mode Lapisan Struktural
Windows Server 2003 berfungsi dalam dua mode utama: kernel privileged, atau ex-ecutive, mode dan mode pengguna nonprivileged terbuka. Layanan sistem operasi tingkat rendah, data sistem, dan antarmuka ke perangkat keras dikontrol oleh mode kernel. Mode pengguna menangani semua hal lain yang tunduk pada antarmuka pengguna atau intervensi, termasuk subsistem Win32 default, subsistem opsional, dan aplikasi. Mode pengguna berinteraksi dengan data dan perangkat keras sistem melalui API yang sangat terintegrasi.

d. Perfoma
Kehadiran fitur-fitur canggih ini berarti Anda biasanya tidak perlu campur tangan secara manual untuk mencoba dan membujuk kinerja yang lebih baik dari konfigurasi. Untuk menggunakan alat pemantauan kinerja yang disediakan dengan Windows Server 2003 secara efektif memerlukan latar belakang yang kuat dalam arsitektur sistem komputer. Ini adalah pengetahuan yang sering membutuhkan administrator sistem selama bertahun-tahun untuk memperolehnya. Bagian ini membahas aspek arsitektur komputer yang sangat penting dalam memahami cara menggunakan alat kinerja Windows Server 2003 secara efektif, interaktif, dan banyak lagi.


f. Kelebihan
Berikut ini merupakan kelebihan dari IIS.
⦁ Lebih kompatibel dengan Windows karena memang IIS adalah keluaran Microsoft
⦁  Unjuk kerja untuk PHP lebih stabil, handal, dan cepat
⦁ Adanya kemampuan diagnostik untuk pelacakan kesalahan (bisa dikustomisasi)
⦁ Untuk platform .NET, user hanya bisa menggunakan IIS
⦁ Memiliki score tertinggi dari web server lainnya untuk masalah bug


g. Kekurangan
Berikut ini merupakan kekurangan dari IIS.
⦁ Tidak gratis (web server berbayar)
⦁ Port 80 (Port untuk layanan web) sangat mudah diserang oleh cracker
⦁ Keamanan file log juga sangat mudah ditembus sehingga system password pun akan mudah didapatkan


Lighttpd
a. Pengertian
Litespeed web server merupakan teknologi baru yang diciptakan untuk menggantikan Apache Web Server di masa mendatang. Litespeed menurut hasil riset mempunyai kelebihan yaitu 50% lebih cepat dalam memproses PHP dan lebih cepat 6x dibandingkan Apache Web Server.


b. Cara Kerja
Web Server yang alamat websitenya di http://lighttpd.net/ ini ditulis dalam bahasa pemrograman C. Dapat dijalankan pada sistem operasi Linux dan sistem operasi Unix-like lainnya, serta dapat pula dijalankan pada sistem operasi Windows. Lighttpd bersifat open source dan didistribusikan dengan lisensi BSD. Lighttpd mengklaim dirinya sebagai web server yang “memakan” sedikit space memori jika dibandingkan dengan web server lain. Selain itu lighttpd mempunyai kemampuan untuk mengatur cpu-load secara efektif dan beberapa fitur advance seperti FastCGI, SCGI, Auth, Output-Compression, URL-Rewriting dan lain-lain


c. Arsitektur
Jejak memori yang rendah (dibandingkan dengan server web lain), beban CPU ringan dan sasaran kecepatannya membuat lighttpd cocok untuk server yang mengalami masalah beban, atau untuk menyajikan media statis secara terpisah dari konten dinamis. Lighttpd adalah perangkat lunak bebas / sumber terbuka, dan didistribusikan di bawah lisensi BSD. Lighttpd berjalan di Linux dan sistem operasi mirip. Unix lainnya dan Microsoft Windows (di bawah Cygwin). Juga di bawah Windows, itu dapat dikontrol menggunakan program Standyy Lighty Tray.


d. Perfoma
Lighttpd saat ini sudah menjadi kompetitor kuat bagi Apache –khususnya jika memory yang tersedia terbatas atau workload terdiri dari banyak file status. Lighttpd (sesuai namanya) adalah web server yang ringan dan “ringan itu baik”. Lighttpd mengklaim dirinya sebagai web server yang “memakan” sedikit space memori jika dibandingkan dengan web server lain.


e. Fitur
Berikut ini merupakan fitur-fitur yang dimiliki oleh Lightttpd

Load-balancing FastCGI, SCGI, dan HTTP proxy support

Chroot support

Web server berbasis select()-/poll()-/epoll()

Support untuk skema notifikasi event yang lebih efisien seperti kqueue dan epol

Conditional rewrites (mod_rewrite)

SSL dan TLS support, via OpenSSL.

Otentikasi terhadap sebuah server LDAP

Statistik RRDtool

Rule-based downloading dengan kemungkinan penanganan sebuah script hanya otentikasi

Server Side Includes support

Modules support

Minimal WebDAV support

f. Kelebihan
Berikut ini merupakan kelebihan dari Lighttpd.

Performa PHP mampu meningkat 50%

Mampu melebihi performa Apache hingga 6x lebih cepat

Pembatasan validasi HTTP request

Anti DdoS

Pencegahan System Overloading

Recover dari kegagalan secara langsung dan otomatis

Kompatibel dengan Cpanel, Plesk dan direct admin

Dukungan kompatibilitas dengan mod_security request filtering

Kompatibel dengan Apache .htaccess


g. Kekurangan
Berikut ini merupakan kekurangan dari llighttpd.

Belum support IPV6

Update/patchnya versi terbarunya lama keluar

Fast-CGInya tidak berfungsi maximal

Pemakainya tidak sebanyak Apache atau IIS (komunitasnya tidak sebanyak Apache atau IIS)

Sun Java System Web Server
a. Pengertian


b. Cara Kerja
Sun Java System Web Serveris yang aman, handal, mudah menggunakan server Web yang dirancang untuk situs menengah dan besar. Tersedia di sistem operasi paling utama, Java System Web Server menyediakan organisasi dengan platform penyebaran tunggal untuk layanan Web, JavaServer Pages (JSP), Java Servlet teknologi, NSAPI dan CGI.

Ini juga menawarkan built-in kemampuan reverse-proxy HTTP untuk menyediakan HTTP depan sangat scalable-end untuk server aplikasi atau HTTP server asal. Antarmuka FastCGI menyediakan platform yang stabil dan terukur untuk pihak ketiga teknologi scripting seperti PHP, Ruby on Rails, Perl, Python, dan banyak lagi. Sun Java System Web Server merupakan perangkat lunak infrastruktur yang canggih yang tersedia tanpa biaya. Jika memerlukan dukungan dan ganti rugi, rencana Sun menawarkan dukungan dan lisensi untuk pembelian.


c. Arsitektur
Server Web menggabungkan modular arsitektur yang diintegrasikan dengan semua produk dalam keluarga server Sun Java TM System. Selain itu, Server Web mendukung berbagai API dan teknologi pemrograman yang memungkinkan melakukan hal berikut:

Hasilkan konten dinamis sebagai tanggapan atas permintaan klien

Ubah dan perluas perilaku server

Ubah konten yang disimpan di server

Sun Java System Web Server mencakup sejumlah modul perangkat lunak, yang dibahas dalam topik berikut di bagian ini:

Mesin Konten


d. Perfoma
Berikut ini merupakan perfotma dari sun java system web server 6.1.

Peningkatan Keamanan
Fungsionalitas baru dalam Sun Java System Web Server 6.1 memungkinkan Anda untuk membatasi akses menggunakan otentikasi file datar. Tidak seperti versi sebelumnya dari Server Web, Sun Java System Web Server 6.1 juga mendukung Java Security Manager. Java Security Manager dinonaktifkan secara default ketika menginstal produk.

Migrasi Mudah
Sun Java System Web Server 6.1 memungkinkan migrasi mudah dari iPlanet Web Server versi 4.1 dan 6.0.

Dukungan WebDAV
Sun Java System Web Server mendukung protokol Web Distributed Authoring and Versioning (WebDAV), yang memungkinkan penerbitan web kolaboratif.


f. Kelebihan
Berikut ini merupakan kelebihan dari Sun Java System Web Server 6.1.

Aman dan mudah dalam penggunaan.

Menyediakan organisasi dengan platform penyebaran tunggal untuk layanan Web, JSP, Java Servlet teknologi,NSAPI,dan CGI.

Merupakan perangkat lunak infrastruktur yang canggih

Gratis/Tanpa biaya


g. Kekurangan
Berikut ini merupakan kekurangan yang dimiliki oleh Sun Java System Web Server 6.1.

Tidak gratis (web server berbayar)

Keamanan file log mudah ditembus sehingga sistem password pun akan mudah didapatkan.

Komunitasnya sedikit

Xitam Web Server
a. Pengertian
Xitami adalah web server untuk beberapa sistem operasi, baik Windows 3.x, Windows 9x, Windows NT, OS/2, Digital OpenVMS, serta UNIX dan variannya.

b. Cara Kerja
Berikut ini merupakan cara kerja dari Xitami.

Server mendukung HTTP/1.0, FTP, CGI/1.1, protokol SSI, peta sisi server gambar, jenis MIME yang ditetapkan pengguna, akar beberapa dokumen, koneksi persistent, pada konfigurasi ulang server-the-fly, pesan kesalahan disesuaikan, multibahasa dokumen HTML dan multibahasa CGI script, HTTP GET, HEAD, PUT, DELETE, PINDAH, dan COPY metode, bisa kustomisasi HTTP header;

Keamanan, otentikasi dasar per direktori, hak akses FTP per user dan per direktori, on-the-fly user dan manajemen

Password, Unix setuid, membatasi akses dengan alamat IP, CGIS aman, opsi SSL (Xitami / Pro);

Logging, CLF, IIS, XML, dan format file log kustom, log file bersepeda diprogram, asynchronous reverse DNS lookups;

Virtual host: host multihoming HTTP dan FTP, HTTP/1.1 virtual host, konfigurasi independen penuh (log file, ruang web, hak akses) per host virtual.

Konfigurasi, diedit file konfigurasi, atau melalui antarmuka administrasi berbasis web (WBA) yang mencakup wizard virtual host, DNS server (restart, menghentikan), memonitor koneksi aktif, dan konfigurasi penuh dengan pilihan server, keamanan, pengguna, dll.

Aplikasi, langsung dukungan untuk skrip CGI di Perl, awk, Rexx, Python, qaza protokol untuk plug-in extensions, protokol SSI untuk halaman web dinamis, ISAPI di Windows, protokol filter untuk filter halaman web sewenang-wenang, LRWP protokol untuk persisten (cepat CGI) aplikasi dalam Perl, C, Python, Java, Java Servlets;

Deployment: menginstall siap-to-run, portabel ke Windows, OS / 2, Unix, OpenVMS, situs web sepenuhnya portabel dan aplikasi web.

Kinerja, mesin multithreading internal, cepat bahkan pada sistem lebih lambat, footprint kecil, pilihan untuk membatasi koneksi HTTP dan FTP, FTP manajer kuota.


c. Arsitektur
Berikut ini merupakan arsitektur dari Xitami.

Keamanan: otentikasi dasar per direktori, hak akses FTP per user dan per direktori, on-the-fly user dan manajemen password, Unix setuid, membatasi akses dengan alamat IP, CGIS aman, opsi SSL (Xitami / Pro).

Logging: CLF, IIS, XML, dan format file log kustom, log file bersepeda diprogram, asynchronous reverse DNS lookups.

Virtual host: host multihoming HTTP dan FTP, HTTP/1.1 virtual host, konfigurasi independen penuh (log file, ruang web, hak akses) per host virtual.

Konfigurasi: diedit file konfigurasi, atau melalui antarmuka administrasi berbasis web (WBA) yang mencakup wizard virtual host, DNS server (restart, menghentikan), memonitor koneksi aktif, dan konfigurasi penuh dengan pilihan server, keamanan, pengguna, dll.

Aplikasi: langsung dukungan untuk skrip CGI di Perl, awk, Rexx, Python, qaza protokol untuk plug-in extensions, protokol SSI untuk halaman web dinamis, ISAPI di Windows, protokol filter untuk filter halaman web sewenang-wenang, LRWP protokol untuk persisten (cepat CGI) aplikasi dalam Perl, C, Python, Java, Java Servlets.

Deployment: menginstall siap-to-run, portabel ke Windows, OS / 2, Unix, OpenVMS, situs web sepenuhnya portabel dan aplikasi web.

d. Perfoma
Sebagai server web open source multiplatform yang kecil, cepat, dan kuat. Produk ini terdiri dari dua bentuk: versi gratis dan Xitami Pro. Satu-satunya perbedaan antara keduanya (selain harga) adalah bahwa Pro menambahkan lapisan SSL, yang mendukung enkripsi yang kuat SSL / 2, SSL / 3, dan TLS. Kinerjanya mesin multithreading internal, cepat bahkan pada sistem lebih lambat, footprint kecil, pilihan untuk membatasi koneksi HTTP dan FTP, FTP manajer kuota.


f. Kelebihan
Berikut ini merupakan kelebihan dari Xitam web server.

  1. Open source yaitu dapat mengambil file program beserta file sumbernya
  2. Dikeluarkan dalam banyak platform
  3. Cepat dan kuat,hal ini disebabkan karena menggunakan high performance SMT multithreading technology.
  4. Mudah dalam setup dan pengoperasian.
  5. Serta dukungan dokumentasi teknis yang sangat memadai
    g. Kekurangan
    Berikut ini merupakan kekurangan dari Xitami
  6. Web server ini sangat kecil ukurannya, tidak sampai 1 MB
  7. Komunitasnya tidak sebanyak Apache dan IIS

Zeus Web Server
a. Pengertian
Zeus Web Server adalah server web proprietary untuk Unix dan Unix-seperti platform (saat Solaris, FreeBSD, HP-UX dan Linux).Dukungan untuk AIX, Tru64, dan Mac OS X dijatuhkan pada tanggal 10 Juni 2008. zeus tampaknya mati karena belum diperbarui sejak Januari 2010 , dan perusahaan tidak lagi menawarkan solusi server yang sama.


b. Cara Kerja
Para penulis asli dan pendiri perusahaan adalah University of Cambridge lulusan Damian Reeves dan Adam Twiss. Zeus didesain untuk menjadi web server kinerja tinggi dan sering digunakan oleh vendor hardware mengirimkan SPECweb99 tolok ukur untuk hardware mereka. Selain melayani konten statis, Zeus mendukung konten dinamis melalui CGI, FastCGI, Apache JServ, ISAPI, NSAPI, mod_perl, SSI dan Otentikasi Zeus Terdistribusi dan Konten (ZDAC), sebuah protokol FastCGI seperti proprietary.

Sementara Zeus terutama bersaing dengan server web komersial lainnya seperti Server Web Sistem Sun Java, juga mengklaim tingkat tinggi kompatibilitas dengan Apache HTTP Server (misalnya htaccess dan. Mod_rewrite), dengan harapan bahwa pengguna apache akan bermigrasi ke Zeus Mempertahankan kehadiran web handal yang berupaya dengan tekanan bisnis saat ini, serta tantangan di masa depan, bukanlah tugas yang mudah. Zeus memahami tantangan dan sejak tahun 1995 telah melayani arsitektur menyebarkan web untuk perusahaan seperti Cable dan Wireless, eBay, NEC BIGLOBE, dan Demon Internet.

Zeus Web Server yang paling scalable performa tinggi perangkat lunak server web yang tersedia, solusi bisnis penting fondasi untuk web terkemuka di dunia hosting, penyedia konten dan aman e-commerce perusahaan. Manajemen berbasis web yang fleksibel, kemampuan integrasi aplikasi yang luas, dan kisaran paling komprehensif fitur yang tersedia dari perangkat lunak server komersial, bergabung untuk memberikan solusi berbasis web secara penuh extensible dan masa depan-bukti.

c. Arsitektur
Sebagai tambahan untuk penyajian konten statis, Zeus mendukung konten dinamis melalui CGI, FastCGI, Apache JServ, ISAPI, NSAPI, mod_perl, SSI dan Zeus Distributed Authentication and Content (ZDAC), sebuah protokol khusus FastCGI. Sementara Zeus terutama bersaing dengan server web komersial lainnya seperti Sun Java System Web Server, Zeus juga mengklaim kompatibilitas tingkat tinggi dengan Apache HTTP Server, dengan harapan bahwa pengguna Apache akan bermigrasi ke Zeus ketika beban server mereka meningkat.


d. Perfoma
Zeus Web Server menggunakan sejumlah kecil proses I / O single-threaded, yang masing-masing mampu menangani puluhan ribu koneksi simultan. Jumlah besar, dalam hal ini, bagus. Namun, untuk mengikuti proses I / O, organisasi akan membutuhkan peralatan yang sangat cepat atau sekelompok server yang bagus. Untungnya, server Web Zeus menjadi asli dengan dukungan

pengelompokan server Web. Hal ini memungkinkan satu set server Web bertindak sebagai server Web tunggal untuk pengguna akhir dan memungkinkan beban melayani halaman Web untuk diseimbangkan di satu set komputer yang berbeda dan (dengan asumsi suatu perusahaan memiliki bandwidth) beberapa koneksi.


f. Kelebihan
Berikut ini merupakan kelebihn dari jenis web server ini.

  1. Manajemen berbasis Web yang fleksibel
  2. Kemampuan integrasi aplikasi yang luas
  3. Dan kisaran paling komprehensif fitur yang tersedia dari perangkat lunak server komersial.

g. Kekurangan
Berikut ini merupakan kekurangan dari jenis web server ini.

  • Belum support IPV6
  • Update versi terbarunya lama keluar
  • Pemakainya tidak sebanyak Apache atau IIS


Nginx
a. Pengertian
Nginx dengan cepat memberikan konten statis dengan penggunaan efisien sumber daya sistem.Hal ini dapat menyebarkan dinamis HTTP konten di jaringan menggunakan FastCGI handler untuk script , dan dapat berfungsi sebagai perangkat lunak yang sangat mampu penyeimbang beban Nginx menggunakan asynchronous -event pendekatan untuk menangani permintaan yang diprediksi memberikan kinerja yang lebih bawah beban, kontras dengan Apache HTTP server model yang menggunakan berulir atau proses yang berorientasi pada pendekatan-permintaan penanganan.


b. Cara Kerja
Nginx menggunakan arsitektur asinkron yang berbasis event-driven dalam menangani permintaan (request) (NGINX Software, 2017). Selain untuk web server, Nginx juga dapat digunakan untuk reverse proxy caching, load balancing, media streaming, dan lain sebagainya. Nginx terkenal dapat menangani koneksi yang bervolume tinggi. Karenanya, Nginx umumnya digunakan sebagai reverse proxy caching (NGINX Software, 2017).


Pada saat client melakukan request, Nginx akan menerima request tersebut dan membuat sebuah kunci hash untuk kemudian disimpan ke dalam memori. Kemudian, Nginx akan mengecek apakah kunci hash yang dihasilkan terdapat dalam memori. Apabila tersedia, Nginx akan melayani request dengan mengambil file cache dari file sistem dan akan langsung diberikan kepada client tanpa perlu melibatkan web server. Jika kunci hash tidak tersedia dalam memori, reqeust akan diteruskan ke web server. Web server akan menanggapi request tersebut dan akan disimpan dalam file sistem untuk kemudian diteruskan ke client (Czeraszkiewicz).


c. Arsitektur
Sehingga mampu memanfaatkan seminimal mungkin thread untuk memproses request dari user, sehingga akhirnya memori yang terpakai oleh Nginx menjadi minimal. Karena memori yang dipakai sangat kecil, maka hasilnya server menjadi ringan dan jauh-jauh lebih responsif (memiliki respon super cepat).

Nginx dengan event-basednya, dan apache dengan process-based, bisa dengan analogi restoran. Anggaplah kita mengetahui ada dua restoran siap saji, yang pertama adalah restoran apache, dan yang satu lagi adalah restoran nginx. Analogi restoran apache seperti ini. Suatu hari ada pemesan yang menelepon ke restoran siap saji apache, untuk memesan beberapa jenis makanan. Maka operator akan mengangkat telepon dan menanyakan akan memesan makanan apa, sekaligus mencatatnya.

Operator sambil mengangkat telepon kemudian mengirimkan daftar makanan yang dipesan, lalu menunggu makanan yang dipesan tersebut siap. Jika makanan sudah siap maka operator (sambil mengangkat telepon si pemesan) memberitahukan bahwa makanan sudah siap tinggal di kirimkan. Setelah makanan yang dipesan semuanya selesai maka operator kemudian menutup telepon, dan baru bisa kembali mengangkat telepon untuk pemesan selanjutnya. Sehingga jika ada 10 pemesan berbarengan maka diperlukan 10 operator.


d. Perfoma
Semakin banyak thread yang terpakai, maka semakin banyak memori yang terkuras. Ini sebabnya Apache tidak akan mengalami masalah selama hanya sedikit orang yang mengaksesnya. Tetapi baru akan menjadi berat dan lambat ketika sudah banyak orang mengaksesnya sekaligus. Apache memiliki jutaan fungsi sedangkan yang digunakan itu hanya 6 saja. Yang mana 6 fungsi ini sudah ada dalam nginx. Lalu sampai sejauh manakah kemampuan Nginx untuk menghemat memori jika dibandingkan dengan kemampuan Apache? Bob Ippolito sudah membuktikan dengan uji cobanya.

Ia memiliki sebuah server yang dipersiapkan untuk menangani sepuluh juta request setiap harinya, ini berarti server tersebut diharuskan menangani beberapa ratus request per detiknya. Ketika Bob mengujinya dengan menggunakan Nginx (setelah berbagai konfigurasi dan tweak), puncak tertinggi penggunaan memori hanyalah 15MB saja dan hanya memanfaatkan 10% resource CPU. Dengan beban yang sama, lalu diujikan kepada Apache ternyata Apache gagal akibat menjalankan terlalu banyak thread. Jumlah memori yang terpakai adalah 400MB untuk semua stack thread. Dan bahkan terjadi memory leak sekitar 20MB setiap jamnya. Intinya nginx memiliki performa jauh-jauh lebih baik ketimbang apache.


e. Fitur
Barikut ini merupakan fitur-fitur yang dimiliki oleh jenis web server ini.
⦁ Handling of static files, index files, and auto-indexing
⦁ Reverse proxy with caching
⦁ Load balancing
⦁ Fault tolerance
⦁ SSL support
⦁ FastCGI support with caching
⦁ Name- and IP-based virtual servers
⦁ FLV streaming
⦁ MP4 streaming, using the MP4 streaming module
⦁ Web page access authentication
⦁ gzip compression
⦁ Ability to handle more than 10000 simultaneous connections
⦁ URL rewriting
⦁ Custom logging
⦁ Server-side includes


f. Kelebihan
Berikut ini merupakan kelebihan dari jenis web server ini.
⦁ Performanya yang tinggi, stabil, memiliki banyak fitur
⦁ Mudah dikonfigurasi
⦁ Tidak bergantung kepada thread untuk melayani klien
⦁ Fast-CGInya tidak berfungsi maximal


g. Kekurangan
Berikut ini merupakan kekurangan dari jenis web server ini.
⦁ Menggunakan hanya sedikit sumberdaya pada server
⦁ Belum support IPV6
⦁ Update/patchnya versi terbarunya lama keluar
⦁ Pemakainya tidak sebanyak Apache atau IIS (komunitasnya tidak sebanyak Apache atau IIS)

beberapa penjelasan di atas merupakan jenis jenis web server yang iasa digunakan adminstrasi jaringan komputer dalam mebangun sebuah server website. Dari beberapa jenis jenis web server tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Kalian dapat memakai salah satu untuk memenuhi kebutuhan kalian dalam membangun sebuah server website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.