kelebihan ubuntu server

Kelebihan dan Kekurangan Ubuntu Server

hello sobat republiccode.com kali ini kita akan membahas Kelebihan dan Kekurangan Ubuntu Server, kalian pernah mendengan mengenai sistem operasi ubuntu? mungkin beberapa dari kalian tidak asing dengna sistem operasi ini. sekilas mengenai ubuntu, Ubuntu merupakan Sistem Operasi komputer yang pertama kali dibuat pada 20 oktober 2004, dikembangkan oleh Cannonical Ltd. Dan untuk Ubuntu server sendiri merupakan Sistem Operasi yang dikembangkan khusus untuk menjadi sebuah server, dan Sistem Operasi Ubuntu Server ini berbasis CLI atau Command Line Interface, hanya menampilkan teks saja.

okey sekarang kalian telah mengetahui apa itu ubuntu dan bedanya dengan ubuntu server. Kedua sistem operasi ini sama, namun berbeda pada interfaces. Ubuntu Server hanya tersedia dalam mode CLI atau Comman Line Interfaces dan Ubuntu atau yang disebut dengan ubuntu dekstop menggunakan tampilan antar muka GUI atau Grafik User Interfaces.

Sistem Operasi ini merupakan Sistem Operasi yang banyak digunakan baik itu dekstop maupun versi servernya. Tentu hal demikian bukan tanpa alasan orang orang bnyak menggunakan Sistem Operasi ini. Mimin akan memberikan beberapa poin mengenai Kelebihan Ubuntu Server pada artikel ini. Simak dan baca dengan seksama artikel ini sampai tuntas ya XD.

Kelebihan Linux Ubuntu

Kelebihan dari Sistem Operasi Ubuntu Server pasti juga ada pada UbuntuDekstop. Sisa kalian yang mana yang kalian pakai.

Open Source

Salah satu nilai plus dari sistem Operasi Linux Ubuntu Server bersifat open source, bukan saja ubuntu server sistem operasi GNU Linux yang lainnya juga tersedia gratis Open Source, membaca kata gratis, tentu saja Sistem Operasi ini bisa kita dapatkan secara percuma tanpa membayar lisensi, bukan hanya itu, karena bersipat Open Source kita dapat berkontribusi dalam pengembangan Sistem Operasi ini.

Komunitas

Komunitas dalam penggunaan Sistem Operasi ini, banyak tersebar dimana – mana, komunitas indonesia saja di media sosial sekarang seperti di Facebook dan telegram saja sudah banyak, jadi kalian jangan khawatir jika mengalami stuck atau mencari teman untuk diskusi.

Tidak Rentan Virus

Keamanan Sistem Opersai GNU/Linux lebih aman dan kebal virus, hal ini karena untuk mengoperasikan beberapa aplikasi harus menggunakan akun administrator tertentu.

Bukan berarti Sistem Operasi ini Full aman, Sistem Operasi ini juga dapat terserang virus atau serangan lainnya, namun dengan mengutamakan memperketat keaman, resiko tersebut menjadi lebih berkutang.

Aplikasi Bawaan dan Driver Lengkap

aplikasi bawaan dan driver dari ubuntu relatif lengkap. Ini merupakan salah satu keunggulan dari GNU/Linux ubunut, dengan demikian kalian tidak perlu susah payah untuk mencari aplikasi misal seperti aplikasi pemutar video dan music ataupun driver yang kompitable. Hal tersebut daapt ditangani oleh kernel LINUX.

Software Center

Software center GNLU/Linux Ubuntu cukup mumpuni, dengan adanya software center ini, pengguna dapat dengan mudah untuk mengisntall aplikasi khusus untuk Sistem Operasi Ubuntu.

User Interfaces

Sistem Operasi Ubuntu Dekstop dibekali dengan GUI atau Grafik User Interfaces. Interface yang friendly membuat pengguna mudah untuk menggunakannya. Desain yang simple dan elegan juga menjadi faktor mudah digunakan, bukan hanya itu, beberapa pengaturan di ubuntu juga memungkinkan pengguna untuk mengatur gaya font dari tampilan sistem operasi.

Kekurangan Linux Ubuntu

ada beberapa kekuran menurut mimin juga dari sistem operasi ubuntu ini, diantanya

Tidak cocok untuk gaming

tentu saja, selain banyak game biasanya dibuat untuk sistem operasi windows, dan juga menurut mimin Ubuntu ini lebih untuk server bukan untuk gaming.

Perlu Belajar

Untuk penggunaan Sistem Operasi Ubuntu Server, dengan basis CLI, tentu kalian harus belajar terlebih dahulu dalam penggunaanya. Karena kalian disuguhkan dengan tampilan yang hanya tertera teks saja. Kalian perlu mempelajari perintah perintah dasar dan sebagainya.

Aplikasi Sedikit

aplikasi untuk ubuntu tergolong sedikit, tidak semua aplikasi tersedia, karena seperti yang mimin singgung pada bagian ubuntu tidak cocok untuk gaming, banyak aplikasi dibuat dikhususkan untuk windows, tidak multi platform.


apa kalian tertarik untuk menggunakan Ubuntu server sebagai Server Web kalian? di repuliccode telah terdapat tutorial untuk konfigurasi ubuntu server, khususnya Ubuntu Server 20.04 LTS.

kalian dapat mengunjungi artikel sebelumnya dengan judul

tutorial belajar ubuntu Server

di sana terdapat berupa lis untuk kalian dalam konfigurasi awal ubuntu server.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.