Konsep sistem basis data

oleh
konsep dasar sistem manajemen basis data

Konsep dasar sistem basis data – Untuk saat ini terlihat, dapat diambil kesimpulan bahwa sistem basisdata merupakan aspek penting dari kehidupan, secara tidak langsung tanpa kita sadari, dalam kehidupan sehari hari, kita membutuhkan yang namanya basis data. Contohnya ketika anda ingin berbelanja kesebuah mall, mungkin terlebih dahulu mampir ke ATM untuk mengambil uang dalam jumlah tertentu atau sekedar melihat saldo tabungan. Sesampainya di mall, mungkin kita akan memilih barang barang yang akan dibeli, menentukan kualitas dan harga, lalu kemudian memutuskan untuk membelinya. Langkah langkah kita itu pasti melibatkan basis data, sekalipun mungkin pada taraf paling sederhana. pada contoh yang dipaparkan sebelumnya merupakan contoh dari apa yang dinamakan aplikasi basisdata tradisional, yang lebih sering menyimpan dan memanggil teks atau angka – angka.

Konsep dasar sistem basis data

Disini kita akan membahas sekilas mengenai Definisi Sistem Pengolahan Data dan Kekurangan dari Basisdata Tradisioanl. Pada artikel ini diharafkan kalian menangkap dari konsep dasar sistem basis data

Definisi Basis Data

dari website dicoding.com Database ataupun basis Data merupakan kumpulan informasi yang dikelola sedemikian rupa bersumber pada syarat tertentu yang silih berhubungan sehingga gampang dalam pengelolaannya. Lewat pengelolaan tersebut pengguna bisa mendapatkan kemudahan dalam mencari data, menaruh data serta membuang data.

secara umum, basis data dapat didefinisikan sebagai koleksi dari data-data yang terorganisir sedimikian rupa sehingga data mudah disimpan dan dimanipulasi atau diperbarui, dicari, diolah dengan perhitungan tertentu serta dihapus. Secara teoritis yang namanya basisdata tidak harus berhubungan dengan yang namanya komputer ataupun perangkat lunak komputer, misalnya seperti catatan pekerjaan rumah hari ini yang dibuat oleh ibu rumah tangga juga merupakan basis data dalam bentuk sederhana. Setidaknya sampai sini telah memberikan bayangan dikepala kalian mengenai apa itu basis data.

pada pembahasan artikel kali ini tentusaja konteknya mengenai basis data hubungannya dengan sistem berbasis komputer.

Sistem Pengolahan Data

pada awalnya pengolahan basisdata dengan sistem berbasis komputer belum dikenali. komputer belum begitu dipergunakan seperti sekarang ini, dulunya komputer digunakan untuk perhitungan ilmiah dan rekayasa yang menggunakan perhitungan matematika rumit, namun menggunakan data data yang relatif sedikit. Agar dapat berguna untuk aplikasi bisnis, komputer harus dapat melakukan penyimpanan, manipulasi, serta memanggil berkas yang berukuran besar. sistem pemproses berkas berbasis komputer dikembangkan untuk memnuhi kebutuhan ini.

sistem pemprosesan berkas memiliki kekurangan serta keterbatasan, akhirnya sistem pemrosesan berkas digantikan oleh sistem pemproses basis data bisnis masa kini.

Kekurangan Sistem Pemprosesan Berkas

  1. bergantungnya program dan data.
  2. duplikasi data
  3. keterbatasan berbagai data
  4. proses pengembangan membutuhkan waktu yang lama.
  5. kesulitan dalam pemeliharaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.