lebih baik menggunakan framework atau tidak ya?

oleh
lebih baik menggunakan framework atau tidak ya?

lebih baik menggunakan framework atau tidak? itulah pertanyaan sering keluar oleh para programer. Holla sobat RC, bagaimana kabarnya nih? di sini mimin akan membahas seputaran persoalan klasik, persoalan biasa yang dialamai oleh programer, persoalan kecil namun sangat mengusik dan berimbas pada hasil kedepannya nanti, apakah itu, yap betul sekali seperti yang tertera pada judul lebih baik Menggunakan framework atau tidak?

pertanyaan tersebut sering terontar dan terbesit dibenak kita, sewaktu ngooding pasti terpikirkan, lebih baik menggunakan framework atau tidak. Selepas diri menggunakan framework atau tidaknya itu tergantung kebutuhan kalian, jika tidak juga tidak ada salahnya.

Kalian membutuhkan framework jika kalian kerja dalam team. Mimin pastikan itu, kalian membutuhkan sebuah standart struktur coding dari dalam sebuah team, guna agar memudahkan kalian dalam mengerjakan project.

framework lebih banyak dibutuhkan dalam kerja kelompok dibanding individu. Meskipun kalian indivitu ingin menggunakan sebuah framework juga tidak masalah, stayle codingan tergantung dari devloper masing – masing.

mungkin ada beberapa pendapat mengatakan mending menggunakan framework karena menjadi lebih mudah. ada juga yang berpendapat sebaliknya. Keduanya tidak salah, kembali kediri kalian sendiri. Ada beberapa yang merasa nyaman dengan cara coding cara mereka sendiri, dan ada beberapa yang mengikuti sebuah aturan. Semuanya kembali kepada kebutuhan kalian sendiri.

Jujur mimin lebih suka memakai framework untuk aplikasi jangka panjang dan berpotensi pindah tangan. Karena selain memudahkan dalam code dengan kemassan yang rapi, juga terdapat dokumentasi baku dari framework tersebut, misalkan bukan mimin lagi devlopernya, penerusnya masih bisa meneruskan dengan pedoman dokumentasi code dari framework tersebut.

perlu kalian ketahui, framework itu bukan codeigniter ataupun laravel saja lo. Banyak diluar sana terdapat framework selain itu. Dan yang masih pemahamannya mengenai Framewok dan native itu berbeda, kalian harus meluruskannya. misalkan framework PHP ada yang berpendapat. “Codeigniter itu framework berbeda dengan PHP Native”. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Perbedaan PHP Native dan Framework Link tertaut. Yang dimana Bahasa PHP Native lah yang digunakan untuk membangun framework.

sampai sini sudah mulai paham? atau tambah bingung?

jadi, sesuaikan dengan kebutuhan kalian, kalian bebas memilih untuk memakai framework atau tidak. Namun alangkah baiknya jika kerja dalam kelompok kalain menggunakan sebuah framework yang disepakati oleh team kerja tersebut, guna memudahkan pekerjaan untuk mengerjakan projek tersebut. Jika itu pekerjaan individu, terserah kalian. Kalian lebih nyaman memakai framework atau tidak.

Jika kalian ingin mempelajari seputaran framework dan cara membuatnya, mimin juga pernah membahas mengenai Membuat Framework MVC Sendiri. Membahas mengenai model MVC dan cara membuatnya. Dan untuk pengaplikasiannya membuat sebuah aplikasi sederhana menggunakan framework model MVC ini, kalian dapat mengunjungi artikel mimin yang berjudul Membuat CRUD Dengan Framework Sendiri (MVC).

dari semua itu dapat dipahami, kalian juga dapat membuat framewok model kalain sendiri, dengan cara atau metode kalian sendiri. Kalian dapat mengembangkan framewok buatan kalian. Kelebihan lainnya dari framework adanya dokumentasi dan atruan bagu dalam pengkodeean sehingaa memudahkan untuk proses pembanguan coding program, bahkan juga memudahkan devloper penerus dari project tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.