Membahas Tentang MySql, Kupas tuntas

oleh
Membahas Tentang MySql, Kupas tuntas

Hello sobat, apa kabarnya nih, ketemu lagi pada mimin, mimin republiccode, pada kali ini, kita akan mengupas dan membahas bersama tentng MySql, Apa itu MySQL ? Mysql dengan logo dolphin, dan dibawahnya bertuliskan My SQL. Kita awali dengan mengenal Mysql terlebih dahulu.

Membahas Tentang MySql : Apa Itu MySql ?

Mysql Merupakan sebuah Jenis Database dengan jenis open source, Mysql banyak sekali digunakan untuk membuat sebuah aplikasi, dan database digunakan sebagai media untuk penyimpanan data yang diperlukan untuk aplikasi.

Secara definisi MySql adalah sebuah Database Management System (DBMS), dengam menggunakan perintah Structure Structured Query Language ( SQL ). Mysql terdapat dua buah lisensi. Lisensi Free perangkat lunak bebas dan shareware perangkat pemilik yang penggunanya terbatas.

Bagusnya dari MySQL ini termasuk ke dalam RDBMS atau kepanjangannya yaitu Relational Database Management System. Sehingga dalama pengolahan data dapat menggunakan tabel, kolom, baris, di dalam struktur database- nya. Jadi, dalam proses pengambilan informasi memakai tata cara relational database. Serta pula jadi penghubung antara fitur lunak serta database server.

Fungsi Dari MySql

Setelah kalian mengenal Mysql secara definisi, berikutnya kita akan membahas mengenai fungsi dari MySql. MySql sangat berguna untuk manipulasi mengelola sebuah data.Secara garis besar, Fungsi daari MySQL ini diperuntukkan membuat serta mengelola database pada sisi server yang muat bermacam – macam data dengan memakai bahasa SQL. Fungsi lain yang dimiliki yaitu mempermudah pengguna dalam mengakses informasi berisi data dalam wujud String atau lajimnya untuk pengguna yaitu dalam bentuk bacaan, yang bisa diakses secara personal ataupun publik dalam website ataupun aplikasi lainnya yang menggunakan database MySql.

Nyaris segala penyedia server website ataupun host sediakan sarana buat MySQL dalam pengembangan aplikasi berbasis web buat dikelola oleh website pengembang. Setelah itu, antarmuka dari MySQL merupakan PHPMyAdmin. Yang berperan buat menghubungkan antara bahasa pemrograman PHP dengan MySQL buat proses pengelolaan basis informasi pada website.

Dengan MySQL, memungkinkan kalian membuat dan mengelola sebuah data baik itu berupa data master, skunder maupun primer, dan lalu kemudian diolah menjadi kesatuan sehingga menghasilkan informasi.

Kelebihan MySql

Berikut ini ialah sebagian kelebihan, diukur dari segi pemakaian serta fitur yang dipunyai.

1. Bersifat Open Source

Buat pemakaian dari MySQL bisa diakses oleh siapa saja serta kapan saja. Sebab mempunyai 2 lisensi, ialah Aplikasi Gratis serta Shareware. Tidak hanya itu pula tercantum dalam sistem manajemen database yang disediakan secara free. Dan, mempunyai banyak komunitas serta dokumentasi buat menolong kamu dalam meningkatkan aplikasi memakai database server.

2. Menunjang Pemakaian Multi User

MySQL pula bisa digunakan secara bersama– sama dalam satu waktu sebab bersifat Multi User. Sehingga, kamu tidak perlu takut disaat mengakses basis data secara bersamaan. Keuntungannya disini merupakan, regu pengembang bisa mengerjakan database secara bersamaan( team work).

3. Terintegrasi dengan Bahasa Pemrograman yang lain

Kelebihan lain merupakan bisa terintegrasi dengan bahasa pemrograman yang lain semacam pada PHP. Dengan memakai PHPMyAdmin selaku perantara, kamu telah dapat membuat basis informasi pada website server dengan lebih efisien. Setelah itu, bisa digunakan pula buat kebutuhan pengembangan fitur lunak dengan memakai framework semacam Laravel, serta CodeIgniter.

4. Tipe Data Yang Berfariasi

Jenis tipedata yang disajikan dalam MySql pula sangat variatif. Seperti jenis informasi Varchar, Integer, Double, Float, Double, Date, dll. Dengan demikian, kalian dapat mengkelompokkan bermacam informasi yang cocok dengan masing masing tipe data. hal ini juga dapat meningkatkan kinerja dalam pengolahan data agar lebih efesien.

5. Struktur Tabel Lebih Fleksibel

Bila dibanding dengan struktur tabel dari database yang lain semacam Oracle serta Postgre, MySQL terkategori lebih gampang. Kenapa demikian? Sebab selaku contoh dalam proses eksekusi pada ALTER TABLE lebih gampang digunakan serta cepat diproses.

6. Sistem Keamanan yang Mumpuni

MySQL bisa mengendalikan hak akses pengguna dengan enkripsi. Tidak hanya itu, ada sebagian fitur keamanan yang lain semacam, tingkat nama pada host, serta pembuatan subnet mask. Jadi, bukan berarti dengan perangkat lunak open source keamanan jadi kurang baik.

7. Tidak Memerlukan Kapasitas RAM yang Besar

MySQL bisa diinstal pada fitur dengan kapasitas RAM terbatas. Bila dibanding dengan database lain, bisa dijalankan dengan kapasitas memori yang kecil. Sangat sesuai digunakan oleh tiap orang buat menolong pengembangan aplikasi dengan mengkonsumsi RAM yang rendah.

8. Fitur lunak Portable

Kelebihan selanjutnya yang dipunyai oleh MySQL merupakan perangat lunak yang bersifat portable. Portable disini artinya merupakan sistem basis informasi bisa diolah dalam bermacam platform Sehingga, bisa dijalankan baik dari sisi Windows, Linux, ataupun Mac OS.

8. Support buat Spesifikasi Hardware yang Rendah

MySQL sangat menunjang buat fitur hardware yang mempunyai spesifikasi rendah. Jadi, jangan takut buat kalian yang mempunyai spek Komputer/ laptop yang masih rendah. Dengan memakai DBMS ini, kamu pula dapat membuat sistem basis informasi buat server dalam suatu web.

10. Mempunyai performa yang baik

Kelebihan berikutnya yang dipunyai merupakan dari sisi performa yang dimilikinya. Kecepatan dalam penindakan kueri sangat cepat. Setelah itu, pula bisa menanggulangi proses SQL per satuan waktu.

Kekurangan dari MySQL

Setelah kita mengetahui kelebihan dari MySql, kita akan mengenalo beberapa kekurangannya, setiap ada kelebihan, pasti ada beberapa kekurangannya, berikut kekurangan dari MySQL.

1. Kurang Cocok Untuk Pengembangan Game atau Aplikasi Mobile

Ini menurut mimn sih, menggunakan MySql kurang cocok untuk pengembangan seperti Game atau aplikasi mobile, karena MySql lebih mudah untuk sebuah database server dengan metode cloud, dengan real time.

2. Kurang Mendukung Untuk Data Dalam Sekala Besar

Untuk data sekala besar seperti Big Data, diambil dari beberapa sumber, dengan menggunakan MySQL kurang mendukung, karena MySQL diperuntukkan untuk mengelola data dengan sekala kecil sampai middel, ramah dengan perangkat dengan kapasitas rendah.

itulah hal mengenai tentang MySQL, Membahas dan Mengupas Tentang MySql secara garis besar. seperti definisi, fungsi kelebihan dan kekurangan. MySql database yang populer di dalam dunia programer. Namun menurut mimin MySql kurang cocok untuk manajement data yang sekala besar, seperti BIG DATA atau Big Query. Karena memang MySql diperuntukkan untuk sistem perangkat rendah. Alternatifnya kalian dapat menggunakan oracle.

MySql dijalankan dengan perintah Query, jika kalain juga ingin tahu tentang mengenai apa itu query, kalian dapat mengecek artikel dengan judul. Apa itu query sql ?. Sampai sini artikel mengenai MySql, semoga bermanfaat, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.