Belajar Membuat Program Java Netbeans

Belajar Membuat Program Java Netbeans- Netbeans merupakan sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) berbasis Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing sendiri adalah sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan di berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan juga  Solaris https://materibelajar.co.id/.

Jangan lupa buat download aplikasi netbeans http://netbeans.apache.org/ sebagai persiapan code editor untuk Belajar Membuat Program Java Netbeans

Cara Membuat Program JAVA Menggunakan Netbeans

⦁ Java
Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan pada pembuatan aplikasi. Java di buat pada tahun 1991 yang diciptakan oleh james gosling. Sebelum diberi nama java bahasa pemrograman ini adalah diberi nama oak, yang berasal dari nama sebuah pohon yang tumbuh dihalaman rumah james gosling. Untuk nama java sendiri diambil dari berasal nama kopi tubruk yang disukai oleh james gosling. Maka dari itu bahasa pemrograman ini diberi nama dengan sebutan java yang berasal dari kata asing dari jawa adalah java.


⦁ Program Java
⦁ Langkah pertama adalah membuka aplikasi netbeans nya terlebih dahulu. Jika sudah terbuka maka akan tampil halaman awal dari aplikasi netbeans tersebut. Untuk membuat programnya yaitu dengan klik tombol new project. Jika sudah simpan dalam bentuk javaaplication, dan beri nama sesuai dengan keinginan. Jika sudah maka akan tampil form project baru. Seperti tampilan di bawah ini.

Belajar Membuat Program Java Netbeans
Cara Membuat Program JAVA Menggunakan Netbeans

⦁ Langkah selanjutnya adalah melakukan perintah yang akan digunakan didalam java untuk menampilkan hasil runningan dengan kalimat maka perintah yang digunakan adalah system.out.println (“nama saya adalah “ +nama). Sebelum menggunakan perintah tersebut maka harus menentukan tipe data dan variable yang di gunakan terlebih dahulu. Cara nya adalah dengan sintax string nama = “cahya aprilia”;. Jadi nanti pada saat di running yang muncul adalah “nama saya adalah cahya aprilia”. Untuk penulisan perintahnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Untuk merunning pada program ini yaitu dengan cara menekan tombol mulai yang berada pada bagian atas sebelah kanan atau dengan menekan f6.

MEMBUAT PROGRAM JAVASCRIPT DENGAN NETBEANS

Berikut ini adalah tampilan dari hasil perintah yang dituliskan diatas.

Pemrograman Javascript Langkah Awal Belajar Javascript

⦁ Langkah berikutnya adalah merupakan latihan kedua yaitu membuat kop surat yang terdiri nama, alamat, kodepos dan tujuan. Untuk menampilkan kop surat tersebut yaitu dengan cara menuliskan nama tipe data dan variabel yang akan digunakan. Penulisan perintahnya sama saja dengan sebelumnya namun kali ini penulis menggabung semua variabel yang akan digunakan dengan pemisahnya adalah tanda koma. Dan utuk pemanggilan variable-variabel tersbut dengan cara yang sama dengan cara sebelumnya, pada langkah kali ini penulis menggabung variabel didalam satu tipe data belum tentu didalam pemanggilannya digabung juga, karena dalam pemanggilan tidak dapat digabung bisa saja di gabung jika itu saling berhubungan. Untuk cara diatas dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Untuk merunning pada program ini yaitu dengan cara menekan tombol mulai yang berada pada bagian atas sebelah kanan atau dengan menekan f6.

Perbedaan antara Java dan JavaScript

Berikut merupakan hasil runningan dari program java diatas.

⦁ Langkah berikutnya adalah merupakan latihan 3. Dimana pada latihan kali ini yang di buat adalah nama-nama dosen beserta mata kuliah yang di ajar. Pada langkah kali ini perintah yang di gunakan dalam latihan sebelumnya. Namun pada kali ini ada perbedaan sedikit dari pemanggilan variabelnya yaitu dimana dosen yang mengajar sesuai dengan mata kuliah nya setiap setelah pemanggilan nama dosen di tambah +mk1. Untuk meratakannya penulis menambahkan spasi dan titik dua pada nama dosen yang ada di variabelnya. Untuk merunning pada program ini yaitu dengan cara menekan tombol mulai yang berada pada bagian atas sebelah kanan atau dengan menekan f6.

MEMBUAT PROGRAM JAVA MENGGUNAKAN NETBEANS
Panduan Belajar JavaScript Untuk Pemula

Berikut ini merupakan hasil runningan dari perintah yang di lakukan sebelumnya.

Program Sederhana Dengan JavaScript

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.