Mengenal Apa Itu HTML

Mengenal Apa Itu HTML

untuk membuat sebuah aplikasi web ataupun sebuah website, pastinya tidak lepas dengan yang namanya HTML. Artikel sebelumnya kita telah membahas tentang mengenal web. Jika klaian ingin membangun web, klaian perlu untuk membangun code HTML untuk membuat sebuah tampilan antarmuka. Pada artikel kali ini mimin akan membahas mengenai Mengenal Apa Itu HTML, sebagai landasan awal kalian dalam belajar bahasa HTML dari pemula samapi mahir.

Baca juga mengupas tentang website, untuk mengenal apa itu website.

Apa Itu HTML ?

untuk mengenal html, jelas klaian harus mengetahui apa itu HTML.

HTML atau merupakan sebuah singkatan dari Hypertxt Markup Language, yaitu merupakan sebuah bahasa standar web yang dikelola penggunanya oleh W3C atau World Wide Web Consortium. Berupa tag tag yang menyusun setiap element dari website.

HTML dalam web berperan sebagai penyusun struktur halaman website yang menempatkan setiap elemen website sesuai layout yang diinginkan oleh pembuat web.

Script HTML disimpan pada sebuah file dengan ekstensi .html. untuk pembuatan script html dapat menggunakan txt editor seperti sublimetxt yang dapat mengenali unsur script dan tag html.

Aplikasi texteditor untuk membuat script html sangatlah banyak, seperti sublimetext, notepad++, VisualCode dan lain lain, aplikasi yang sejenis.

kalin juga dapat menggunakan aplikasi prabayar seperti adobe dream weaver.

Unsur Code HTML

HTML terdiri dari berbagai unsur yang membentuk struktur skrip HTML, yaitu tag, atribut dan element.

Tag

Tag merupakan simbol khusus atau juga disebut dengan markup berupa dua karakter < dan > yang mengapit suatu teks sebagai nama tag. contoh seperti tag <body>.

Didalam HTML terdapat sebuah tag pembuka dan penutup sebagai pembatas dari pengaruh suatu tag tersebut, penutup tag ditandai dengan tanda / setelah tanda <. contoh </body> yang berarti merupakan tag penutup dari <body>

tag boleh ditulis dengan huruf besar, huruf kecil ataupun campuran dari keduanya, karena bahasa HTML bersifat incase sensitive. contoh, <BODY></BODY>, <Body> </Body> , <body> </body>. Semuanya memiliki hasil yang sama, namun lebih baik mengikuti aturan standart penulisan yaitu dengan huruf kecil semua.

di dala tag, kita dapat mengisi tag lain, dan kemudian menutupnya, contoh <body><H1>hello</H1><p><b>dunia</b></p></body>. Namun jika kalian salah dalam penulisannya dalam bahasa HTML tidak muncul berupa pesan error, namun hanya tampilan tidak akan sesuai dengan harapan.

Atribut

Atribut dalam HTML yaitu yang mengatur bagaimana elemen dari suatu tag akan ditampilkan. Penulisan atribut di dalam simbol tag setelah nama tag dengan dipisahkan oleh spasi. atribut ada yang memiliki nilai yang ditulis dalam sebuah tanda petik(“…”) dipisahkan oleh simbol samadengan (=) dari nama atribut.

contoh :

<h1 align="center">helo</h1>

atribut hanya ditulis pada tag pembuka, di ahir tag hanya menulis penutup tag saja.

jika ingin memasukkan atribut yang berbeda beda pada satu buah tag, dapat diterapkan dengan pemisah yaitu spasi contoh

<table align="center" border="1px">

Element

Element merupakan bagian dari skrip HTML yang terdiri dari tag pembuka, isi elemet dan tag penutup. Jika program dijalankan maka yang ditampilkan hanya isi elemnt sesuai dengan tag dan atribut yang diberikan. Contoh

<p> hello </p>

jika program dijalankan pada browser maka akan muncul sebuah kaliamat hello

Struktur Dasar HTML

bahasa HTML memiliki struktur dasar dalam penulisannya. HTML disimpan dengan ekstensi .html jika didalamnya tidak mengandung script php. Jika didaamnya mengandung script php maka disimpan dengan ekstensi .php.

penulisan bahsa html ada struktur tag yang harus dituliskan dengan sebuah struktur code yang telah ditentukan, setiap code html harus menerapkan struktur tersebut, berikut struktur code html yang harus diterapkan dalam penulisannya:

<!DOCTYPE HTML>
<html>
    <head>
        <title> Judul website kalian</title>
    </head>
    <body>
         Isi dari website kalian
    </body>
</html>

dari tag tag di atas memiliki penjelasan seperti berikut


<!DOCTYPE HTML>

merupakan tag awal dari code html yang berguna untuk menginformasikan pada browser bahwa dokument yang dibuka oleh browser adalah HTML. Tag ini perlu dicantumkan pada setiap awal penulisan html.


<html>
...
</html>

merupakan tag sebagai pembuka dan penutup html.

<head>
       ....
</head>

tag ini digunakan untuk mengisikan informasi tentnag dokumen HTML, apa yang terdapat pada tag head ini tidak akan ditampilkan pada browser.

<title> Judul website kalian</title>

tag ini digunakan untuk memberikan judul website, yang kemudian ditampilkan pada bagian tab website.

apa itu html
 <body>
         Isi dari website kalian
 </body>

tag yang digunakan sebagai menunjukkan isi dari website, yang berada didalam tag ini akan ditampilkan pada browser.

sampai sini artikel mengenai Mengenal Apa Itu HTML, dapat kita ketahui bahasa HTML memiliki struktur baku yang harus kita gunakan setiap pengkodeaannya dan sifat dari kode HTML ini incase sensitive, yang berarti huruf kecil ataupun besar itu tidak menjadi masalah, namun alangkah baiknya mengikuti guide line standar penulisan yaitu dengan menggunakan hurufkecil disetiap penulisan tagnya.

Semoga artikel mengenai Mengenal Apa Itu HTML ini bermanfaat, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.