Menghitung Luas Persegi Panjang Program C++

oleh
Menghitung Luas Persegi Panjang Program C++

Menghitung Luas Persegi Panjang Program C++ – hai, kali ini mimin akan membagikan sebuah contoh program lagi menggunakan bahasa pemprograman C++, sesuai dengan judul, yaitu menghitung luas persegi panjang. Rumus matematikanya yaitu :

Luas = Panjang * Lebar

rumus tersebut akan kita masukkan kedalam sebuah code program C++

baca juga kumpulan Contoh Program Bahasa C++ dari republiccode.com

berikut source code program:

#include <iostream>
using namespace std;

int main (){
	float luas,panjang,lebar;
	cout<<"MENGHITUNG LUAS PERSEGI PANJANG"<<endl;
	cout<<"-------------------------------"<<endl;
	cout<<"Masukan Panjang\t\t: ";
	cin>>panjang;
	cout<<"Masukan Lebar\t\t: ";
	cin>>lebar;
	luas=panjang*lebar;
	cout<<"Luas Persegi Panjang\t: "<<luas<<endl;
	return 0;
}

pada program di atas, menggunakan module iostream guna untuk menangani input dan output program, biasa menggunakan cin dan cout, berikutnya menggunakan code using namespace std; untuk mempermudah penulisan code cin dan cout. dalam program tersebut menggunakan fungsi non void, atau biasa kita menggunakan fungsi int main() { … } yang berarti kita harus menggunakan return 0 untuk menyatakan program berakhir dengan normal.

dalam code tersebut terdapat 3 buah variabel yaitu luas, panjang dan lebar dengan tipedata float. kemudian dalam program ketika dijalankan, pengguna akan memasukkan sebuah nilai value berupa angka dapat berupa bilangan bualt atau bilangan pecahan, Value tersebut pertama akan ditampung di dalam variabel panjang, berikutnya sama dengan sebelumnya, pengguna akan memasukkan sebuah value dan akan di tampung di dalam variabel lebar. Proses berikutnya akan kedua nilai di dalam variabel panjang dan lebar akan dimasukkan kedalam variabel luas. Kedua variabel panjang dan lebar akan dikalikan dengan operator artimatika. Hasilnya tersebut akan ditampung di dalam variabel luas.

Menghitung Luas Persegi Panjang Menggunakan Bahasa Program C++

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *