mengupas tentang website

mengupas tentang website

hello guys, kali ini kita akan sama – sama membahas dan mengupas tentang website. Website pasti tidak lepas dari kehidupan sehari hari ketika kalian browsing mencari suatu informasi di dunia maya. Misalnya membaca berita, pasti kalian mengunjungi sebuah website berita. Namun apakah kalian tahu apakah itu website?

Apa itu website?

untuk mengupas tentang website, kita akan membahas permulan yaitu mengenal apa itu website. Agar kalian memahami dan mengetahui apa itu website, simak artikel ini sampai habis ya.

website dapat kita artikan dan simpulkan adalah sebagai kumpulan halaman yang berisi berupa informasi atau data digital dalam bentuk teks, gambar, suara, video ataupun gabungan dari semua element tersebut. Informasi tersebut disediakan melalui jalur koneksi internet, sehingga dapat diakses dan dilihat oleh semua orang pengguna internet.

Halaman website dibuat dengan bahasa HTML, skrip HTML ini akan diterjemahkan oleh webbrowser sehingga dapat menampilkan dalam bentuk informasi yang dapat dibaca oleh manusia.

website miliki beberapa jenis yaitu diantaranya, website statis, website dinamis dan website interaktif. dari beberapa jenis website tersebut juga akan kita bahas disini, berikut pembahasannya

Website Statis

website statis yaitu jenis website yang isi dari web tersebut tidak diperbarui secara berkala, sehingga isinya selalu tetap sama dari waktu kewaktu. Website statis biasanya hanya digunakan untuk menampilkan sebuah profil pemilik website, profil perusahaan ataupun profil organisasi.

Website Dinamis

Website dinamis kebalikan dari website statis, website dinamis merupakan sebuah website yang isinya dapat diperbarui secara berkala oleh pemilik website. Contoh dari website ini seperti web berita dan blog.

Website Interaktif

website jenis ini sebenarnya termasuk didalam website dinamis. Sama halnya website dinamis, isi dari website interaktif, isinya dapat diperbarui dari waktu kewaktu. Namun bedanya dari website interaktif ini, isi informasinya tidak hanya dapat diubah oleh pengelola website saja, isi informasinya lebih banyak diubah oleh penggunanya, contoh dari website interaktif ini seperti website jejaring sosial, facebook, twitter ataupun website sejenisnya. Website yang condong lebih banyak penggunanya yang merubah informasinya bukan hanya media sosial, seperti marketplace juga demikian, contohnya tokopedia, bukalapak dan sebagainya.

Bahasa Pemprograman Web

berikutnya mengupas tentang website, kita akan membahas secara teori dan singkat mengenai bahasa pemprgoraman web yang digunakan untuk membangun suatu website.

untuk membangun sebuah website dibutuhkan beberapa bahasa pemprograman yang kemudian dikemas dan dibuild menjadi satu, sehingga hasilnya menjadi sebuah website dengam memiliki tampilan yang bagus dan dapat digunakan oleh manusia.

Bahasa pemprograman untuk membangun suatu web setidaknya menggunakan 5 unsur bahasa utama, dimana dari ke-5 bahasa ini memiliki perannya masing – masing

  1. HTML, Bahasa yang berperan untuk membangun sebuah tampilan antramuka kepengguna. Seperti membentuk struktur halaman website, menempatkan setiap elemen website sesuai layout yang diinginkan.
  2. CSS, Bahasa pelengkap dari HTML, kedua bahasa ini saling membutuhkan jika ingin membuat sebuah interface yang terata rapi. CSS berperan sebagai pembentuk desain web, dengan mengatur setiap element HTML, agar tampilan menarik.
  3. PHP, sebuah bahasa serverside. jadi bahasa ini berperan sebagai pemproses data pada sisi server sesuai dengan permintaan clinet. Bahasa ini juga sebagai jembatan antara database.
  4. SQL, bahasa ini berperan sebagai interaksi kepada database. Dengan menginplementasikan bahasa SQL pada programing web, memungkinkan website dapat melakukan interaksi dan manipulasi data antra web dengan database.
  5. JavaScript, merupakan bahasa yang diproses pada sisi clientside atau sisi pengguna. Dengan bahasa JavaScript dapat memanipulasi HTML dan CSS secara dinamis.

diatas merupakan 5 komponen bahasa yang umum digunakan dalam membangun sebuah web, selain menggunakan PHP dapat juga menggunakan bahasa ASP. Bahasa telah berkembang, dari komponen tersebut, ada yang telah berkembang menjadi berupa library seperti jQuery yang merupakan library function JavaScript.

Ada juga berupa yang namanya Boostrap. Boostrap merupakan sebuah framework CSS, berguna untuk memudahkan kalian dalam penggunaan CSS, dan juga mempercepat kalian dalam membangun sebuah tampilan web yang bagus.

Bahasa PHP pun juga berkembang dengan sebuah framework, dengan konsep OOP menggunakan model MVC, contohnya seperti framework Codeigniter.

Sekarang banyak perkembangan dari segi bahasa pemprograman, terutama dalam membangun sebuah website. Terdapat banyak sekali framework yang dapat kalian gunakan, dan tentunya dapat menunjang kinerja kalian dalam pemprograman.

sekarang kalian telah tahu bahasa yang digunakan dalam membangun sebuah website, namun bagaimana caranya jika klaian ingin membangun website, seperti menggunakan apa saja agar dapat membuat aplikasi berbasis web.

Aplikasi Yang Digunakan Untuk Programing Website

Kalian dapat menggunakan aplikasi untuk memprogram suatu web.

Text Editor

Kalian membutuhkan yang namnya texteditor untuk membangun sebuah website, Text Editor disini meruapkan aplikasi yang dapat membuat sebuah script programing, kebanyakan aplikasi text editor untuk programing biasanya gratis dan opensource.

Klaian dapat menggunakan aplikasi texteditor untuk programing seperti sublime, nitepad++ dan VSCode. atau aplikasi serupa. Mimin lebih recomendet sublime text, karena mudah dan lebih ringan.

Browser

kalian tentunya membutuhkan sebuah aplikasi browser untuk menampilkan hasil dari program kalian, pastikan browser kalian support dengan code yang klaian gunakan. misal CSS3 dan HTML 5 hanya support pada browser tertentu, kalian harus memastikan browser tersebut support dengan CSS3 dan HTML5.

Server

Kalian juga memerlukan sebuah server web. Kalian dapat membuat sebuah server local, jika pengguna windows kalian dapat menggunakan aplikasi XAMPP, lalu kemudian jakankan server web apache.

Jika klaian pengguna Linux Ubuntu, klaian dapat melakukan instalasi dan konfigurasi apache.

Aplikasi yang kalian build haruslah kalian lletakkan kedalam sebuah server. JIka klaian menggunakan bahasa PHP kalian wajib menggunakan server. Karena seperti yang kita tahu dan mimin bahas seblummnya, bahasa PHP merupakan bahasa serverside atau yang berjalan pada sisi server yang melayani request dari pengguna. Tanapa ada server tidak dapat berjalan.

untuk menjalankan aplikasi web yang kalian bangun, klaian tinggal memasukkan script build in kalian kedalam server kalian, lalu jalankan di browser dengan mengunjungi link server kalian sendiri. Misal kalian menggunakan XAMPP, folde untuk app web terletak pada htdoc, jadi aplikasi kalian sisa masukkan kedalam folder htdoc tersebut, kemudian klaian masukkan link aplikasinya. Misal folder aplikasi yang klaian masukkan kedalam htdoc adalah webku makal link untuk menjalankannya adlah localhost/webku.

Jika kalian ingin mengonlinekan aplikasi kalian, klaian masih tetap memerlukan yang namanya server, namun server tersebut dapat online mengudara di internet. Kalian dapat menggunakan layanan jasa hostingan. dengan mengugnakan layanan tersebut, klaian dapat mengonlinekan website kalian.

sampai sini pembahasan megenai mengupas tentang website, kita telah mengetahi secara teori, defini website, komponen bahasa utama untuk memmbangun web, serta aplikasi yang diganakan dalam membangun web.

semoga bermanfaat, sampaijumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.