Menu Dasar WordPress

pada artikel kali ini kita akan membahas Menu Dasar WordPress, setelah kita mengetahi cara instalasi wordpress sehingga menjadi sebuah website dengan template yang telah kita inginkan. Artikel ini merupakan lanjutan dari artilek sebelumnya yang berjudul Membuat Website Dengan WordPress.

artikel in merupakan tutorial wordpress untuk pemula, jika kalian adalah pemula, klian tempat sekali mampir di website ini, jika ada pertanyaan kalian dapat mengajukan di kolom komentar, atau di kontak kami. Jika kalian mengajukan pada kontak kami, kami akan membalas pertanyaan kalian lewat email.

seperti yang kita bahas sebelumnya, artikel ini membahas mengenai wordpress self hosted.

Bagi kalian yang belum membaca artikel sebelumnya, agar kalian tidang ketinggalan pelajaran sebelumnya kalian dapat mengunjungi LINK dibawah ini

Membuat Website Dengan WordPress

dalam pembelajaran wordpress dasar ini, kita akan membahas mengenai cara menggunakan wordpress secara dasar, contohnya seperti membuat post.

Menu Dasar WordPress Yang Harus Kalian Ketahui

menu dasar ini wajib kalian ketahui dan pahami, untuk memulai website kalian.

Dashboard WordPress

menu pertama ketika kalian membuka wordpress kalian adalah menu Dashboard->home, di dalam menu ini berisi ringkasan laporan mengenai website kalian ataupun jalan pintas cepat untuk mengakses menu menu wordpress, contohnya seperti quict darft, ataupun berisikan komentar komentar yang ada pada website kalian.

Menu Dasar WordPress

Post

pada artikel kali ini kita akan membahas secara mendalam dan singkat mengenai menu post ini. ketika kalian memilih menu ini, pertama kalian akan diarahkan kepada menu all post. selain dari menu all post, juga ada menu seperti add new, categories dan Tag. untuk menu allpost sendiri yaitu untuk menampilkan semua postingan dari website kalian. jangan lupa untuk menghapus post Hello Word. jika kalian biarkan kemungkinan nanti akan terindex oleh google.

Menu Dasar WordPress yang wajib kalian ketahui

untuk menabahkan post atau membuat postingan baru, klik add new. tampilan dari membuat postingan baru sebagai berikut.

cara membuat blog di wordpress bagi pemula

masukkan Title Post kalian, lalu kemudian isikan konten post kalian. semisal saya membuat sebuah postingan seperti berilut

apa itu gravatar

kalian juga dapat memasukkan tag, jika kalian menginginkannya dan memilih kategori, namun di sini kita belum mebuat sebuah kategori, kategori secara default yaitu uncategorized

tutorial wordpress indonesia

jika sudah selesai, klik tombol publis yang ada pada kanan pojok atas.

hasil post pertama kita

tutorial wordpress lengkap
jika kalian lihat didalam menu post->all post, maka akan ada

Category & Tag

untuk menambahkan category, kalin, klik menu categorie, pada form add new category kalian dapat mengisikan name, slug dan Parent Category jika ada. sebagai contoh.

tips wordpress

klik add new category, kategori kita selesai dibuat

materi wordpress

menambahkan tag, kalian dapat menuju menu tag. Tag merupakan suatu fitur dari wordpress untuk mengelompokkan postingan, postingan dapat terdiri dari beberapa tag, pengunjung dapat mengklik dari tag yang disediakan untuk menemukan postingan dengan tag yang sama.

apa bedanya dengan kategory ?

tag bedanya dengan kategory, tag tidak dapat memiliki tingkatan seperti category, atau disebut tag tidak memiliki parent tag, sperti parent category, selain itu juga tag biasa digunakan untuk menunjukkan spesifik dari konten tersebut, tidak seperti category yang memiliki arti luas.

tutorial wordpress untuk pemula

klik add new tag, dan kemudian tag baru terbentuk. tag juga akan tebentuk otomatis ketika langsung menuliskan tag baru pada saat publish postingan atau ketika edit tag.

belajar cms wordpress

untuk menambahkan tag dan category baru kepostingan, kalian hanya perlu klik quick Edit, dengan cara mengarahkan krusor di bawah judul, kemudian pilh category dan tag yang ingin kalian ganti atau tambahkan, kemudian klik apply

belajar wordpress untuk pemula

sekian dari tutorial di artikel kali ini, berikutnya kita akan membahas menu yang lain. silahkan cek pada artikel

belajar wordpress lengkap dari dasar sampai mahir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.