Operator Logika Pada Bahasa Pemrograman C++

oleh
Operator Logika Pada Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ sering kali kita pelajari pertama kali sebagai pondasi untuk belajar bahasa pemprograman lainnya. Pada pembahasan kali ini mimin akan membahas Operator Logika Pada Bahasa Pemrograman C++.

Sama seperti bahasa pemprograman lainnya, Bahasa pemrograman haruslah memiliki Operator logika, agar dapat menerapkan algoridma kedalam program.

Operator Logika ini sangat diperlukan untuk membuat perkondisian. Operator Logika sering kali dikombinasikan dengan perator comparison untuk membuat sebuah logika kompleks.

Operator Logika Pada Bahasa Pemrograman C++ meliputi

  1. &&, AND (dan)
  2. ||, OR (atau)

contoh dalam bahasa C++

#include <stdio.h>

int main () {

	int angka1 = 60;
	int angka2 = 20;
	
    
	if (angka1 >= 60 && angka2 >= 60)
	{
		printf("Nilai Lulus \n");
	}else{
		printf("Tidak Lulus \n");
	}
	
	if (angka1 == 60 || angka2 == 10)
	{
		printf("Salah Satu kondisi True \n");
	}

}
image 57

jika kita lihat pada contoh kode di atas, pada kondisi pertama jika nilai dari variabel angka1 lebih dari samadengan 60 dan nilai dari variabel angka2 lebih dari samadengan 60 maka akan mencetak nilai lulus, jika tidak maka akan mencetak tidak lulus. Operator yang digunakan adalah && atau dan, oleh karena itu kondisi atara variabel angka1 dan variabel angka2 harus sama sama bernilai true.

Pada contoh berikutnya memiliki kondisi angka1 harus nilai 60 atau angka2 harus bernilai 10. Sedangkan yang kita miliki, variabel angka1 adalah 60 dan variabel angka2 adalah 20. Karena operator yang digunakan adalah || (atau), maka jika salah satu kondisi bernilai true maka blok program akan dijalankan.

Baca Juga Operator Comparison Pada C++

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *