Pemrograman berorientasi objek

oleh

Pemrograman berorientasi objek  (Object Oriented Programming atau disingkat OOP) adalah paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek yang merupakan suatu mPBO ini Greader adalah singkatan dariPemrogramman Berorientasi Objek. Bahasa pemrograman java Greader biasanya adalah bahasa yang biasa digunakan pada PBO https://news.garudacyber.co.id/

Pemrograman berorientasi objek atau dikenal dengan PBO sekarang sudah sangat populer dan beberapa bahasa pemprograman telah menerapkannya, salah satunya yaitu bahasa pemprograman java ini. Bagi kalian yang baru dan ingin belajar mengenai JAVA PBO ini, mimin

Perulangan Pada Pemrograman berorientasi objek

Perulangan
Perulangan tau juga disebut looping merupakan salah satu cara untuk mengulangi beberapa bentuk nilai yang diulang berkali-kali sesuai batas waktu yang telah kita tentukan. Adanya perulangan memudahkan kita dalam pemograman dan mempersingkat pengodean, dimana kita tidak perlu lagi memasukan nilai satu persatu. Kita bisa menggunakan perulangan dalam jumla yang besar dalam masalah nilai yang kita ulang. Perulangan memiliki beberapa jenis yaitu perulangan for, while, do-while, rekursi. Masing-masing perulangan memiliki cara kerja yang berbeda baik itu perulangan for ataupun while apa lagi cara pengodeannya juga beda. Akan tetapi tidak semua perulangan itu akan digunakan untuk membuat aplikasi, perulangan yang paling umum digunakan ialah perulangan for.

Jenis-jenis Perulangan
Berikut ini merupakan Janis-janis dari perulangan yang termasuk kedalam program java ini. Untuk jenis-jenis dari perulangan ini terdapat 6 buah jenis yaitu pernayataan for, while, do while, contunie, break dan counter. Untuk lebih jelasnya lagi dapat dilihat pada penjelasan dibawah ini.

⦁ Pernyataan for
Pernaytaan for ini merupakan jenis perulangan yang sering digunakan. pada perulangan for ini merupakan sebuah perulangan yang digunakan untuk mengulang sebuah proses yang diketahui sudah jumlahnya. Pada perulangan for ini memiliki bentuk umum yang digunakan pada pembuatan sebuah program. Untuk bentuk umumnya dapat dilihat dibawah ini.
public class Prak_301 { 02
public static void main (String[] args) { 03
for(int i=1; i<5; i++) }}
diatas merupakan bentuk umum dari perulangan for. Dari bentuk umum tersebut merupakan terdapat tipe data dan variable yang digunakan pada program yang telah dibuat. Jika penggunaan bentuk umum diatas tersebuy digunakan akan terjadi error maka bias saja salah di pemanggilan variabelnya atau juga dapat salah dalam pemasukan jumlah angka yang dimasukkan. Untuk mengatasi kesalahan tersebut dapat dilakukan dalam pembentulan pemasukkan angka atau juga dapat dilakukan pada pembenaran di pemanggilan variabelnya.

⦁ Pernyataan while
Pernyataan while ini merupakan perulangan yang tidak dapat dipastikan nilai perulangan yang akan dilakukan. Pada perulangan ini pun juga memiliki bentuk umum yang dapat digunakan pada pembuatan program. Bentuk umu ini dapat membantu penulis membuat sebuah program yang menggunakan perulangan while. Bentuk umum dari perulangan while ini dapat dilihat dibawah ini.
import java.util.Scanner; 02 public class Prak_305 { 03 public static void main (String[] args) {
04 Scanner masukan = new Scanner (System.in); 05
int n=0, total=0, bil=9; 06
while (bil!=0)
diatas merupakan bentuk umu dari perulangan while. Pada perulangan while ini memiliki bentuk umum yang berbeda dengan perulangan for. Dimana pada perulangan while ini hanya memanggil variable yang digunakan tanpa harus ada tipe data yang digunakan. untuk itu dari bentuk umum perulangan ini sangat membantu dalam pembuatan sebuah program yang akan dibuat oleh penulis.

⦁ Pernyataan do..while
Pernyataan do..while ini merupakan perulangan do while, dimana perulangan do while ini merupakan perulangan yang prinsip kerjanya sama seperti pernyataan while. Perbedaannya hanya pada pengujian kondisi perulangan, dimana pada perulangan do..while ini pengujian dilakukan pada akhir blok. Pada perulangan do..while ini juga memiliki bentuk umum yang dapat membantu penulis membuat sebuah program yang diinginkan.

⦁ Pernyataan counter
Pernyataan counter ini merupakan perulangan ini hanya digunakan sebagai tamabahan pada saat menggunakan perulangan yang lainnya. Counter ini merupakan variable yang menyimpan hasil operasi secara kontinyu missal : hasil = + 5 atau ditulis hasil += 5. Pada variabel ini digunakan untuk membuat sebuah variabel yang akan membantu dalam pembuatan sebuah program. Pada variabel ini memiliki bentuk umumnya. Berikut merupakan bentuk umum dari variabel counter.
import java.util.Scanner; public class Prak_304 {
public static void main (String[] args) {
Scanner masukan = new Scanner(System.in);
System.out.println(“Masukkan batas bilangannya : “);
int batas = masukan.nextInt();
int hasil = 0;
for(int i=1; i<=batas; i++)
hasil += i;
System.out.println(“Total jumlahnya adalah : “ + ha

⦁ Pernyataan break.
Pernyataan kali ini adalah pernaytaan break. Dimana pada break ini merupakan perulangan yang dapat menghentikan perulangan, sehingga dari perulangan tersebut walupun proses perulangan belum berakhir. Pada perulangan kali ini merupakan perulangan yang sering digunakan untuk memberhentikan sebuah perulangan yang akan dilakukan pada program tersebut. Berikut merupakan contoh penggunaan perulangan break.

import java.util.Scanner;
public class Prak_303 {
public static void main (String[] args) {
Scanner masukan = new Scanner(System.in);
System.out.println(“Masukkan sebuah bilangan : “);
Pada contoh diatas meru pakan contoh untuk penggunaan dari perulangan break. Dalam penggunaan break ini pun juga dapat

Comtoh Program
a. pernyataan for

Perulangan Pada  Pemrograman berorientasi objek
Pemrograman berorientasi objek

b. pernyataan while

Belajar java Pemrograman berorientasi objek
image 51

c. Pernyataan Do..While

image 52
image 53

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.