bahasa php

Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP 8.0

Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP 8.0 – PHP merupaan singkatan dari “PHP: Hypertext Prepocessor”, adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan dan pengembangan aplikasi atau situs berbasis WEB, dan dapat digunakan bersamaan dengan HTML dan Javascript. Bahasa pemprograman PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1993. pada awalnya PHP adalah singkatan dari Personal Home Page Tools. PHP dapat digunakan sebagai bahasa pemprograman untuk membangun sebuah CMS – php.net

untuk mengetahi versi PHP yang kalian pakai, kalian dapat mengecek pada php info kalian, artike dengan judul Cara Membuat PHPinfo di Localhost. madalah artitel yang membahas cara membuat phpinfo

Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP

PHP sekarang telah banyak mengalami perkembangan, versi untuk terbaru saat ini adalah versi PHP 8.0, jadi apa ajakah keunggulan dari PHP 8 ini

Keunggulan Bahasa Pemrograman PHP Verisi 8.0

dilansir dari niaga hostinger, PHP 8 memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.

JIT (Just In Time) Compiler

JIT Compiler merupakan sebubah metode untuk menambah atau meningkatkan kinerja program yang diinterpretasikan. Karena saat sebelum program dijalankan, JIT Compiler telah mengkompilasi program menjadi sebuah kode bahasa mesin. dengan JIT juga eksekusi kode program akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan bahasa PHP versi sebelumya.

pada versi PHP sebelumnya, compiler kode program, interpreter akan melakukan proses mengurai, mengkompilasi serta eksekusi kode. Proses itu dilakukan setiapkali dan sekian kali setiap request script, tentu hal ini akan mengakibatkan pemborosan ruang CPU.

namun berbeda pada versi PHP 8 ini, dilengkapi dengan metode kompiler JIT. JIT Compiler PHP8 mempunyai kode mesin aktual yang bisa berkolaborasi dengan OPCache. Jadi, dikala terdapat request terhadap skrip serta cache telah ada di OPCache, skrip itu hendak langsung diteruskan ke CPU buat dikompilasi.

denga PHP dilengkapi JIT ini, maka proses kompiler akan menjadi lebih cepat dan ringan, ramah dengan CPU tentunya, karena seperti kita bahas JIT ini berkloborasi dengan OPChace. setidaknya dapat meningkatkan kinerja 3 kali lebih cepat.

Weak Maps

Weak Maps merupakan struktur informasi yang bisa menampung objek. Berbeda dengan Weak Reference pada PHP 7. 4, Weak Maps pula bisa mensterilkan cache dari objek yang tidak direferensikan lagi. Dalam PHP, kala terdapat variabel dari objek dihapus, hingga hendak terdapat pengecekan rujukan ke objek tersebut. jika tidak terdapat variabel lain, maka aman buat menghapus objeknya.

Nah, dengan fitur Weak Maps pada PHP 8, proses penghapusan itu jadi lebih otomatis.

Union Type

Union type merupakan sesuatu nilai yang mempunyai representasi sama di suatu posisi dan

bisa menerima sebagian tipe variabel. Nah, sebab PHP menunjang Union Type, Kamu dapat mendeklarasikan variabel dalam sebagian jenis.

Type ataupun null, memakai sintaks spesial? Type dan array ataupun Traversable, memakai jenis spesial iterable

Pada PHP tipe terdahulu, tipe penyatuan arbitrer tidak didukung oleh kedua hal tersebut. Sehingga programmer cenderung memakai anotasi PHPDoc selaku pemecahan.

PHP 8 sekarang telah muncul dengan union type secara native.Jadi, Kamu tidak butuh lagi memakai anotasi PHPDoc. Kamu dapat menetapkan sebagian jenis parameter dengan sintaks T1T2… di seluruh posisi.

Terdapat sebagian keuntungan dari union type.

  1. sebab jenis nilai parameter yang dapat diresmikan sendiri, Kamu bisa menjauhi mungkin terbentuknya error dengan lebih baik.
  2. data jenis yang kurang pembaharuan juga dapat dihindari.

Penggunaan ::Class For Objects

Pada tipe PHP sebelumnya Kamu wajib memakai get_class() buat menetapkan kelas ke objek. Tetapi pada PHP 8 ini lebih dipermudah dan diperpendek, Kamu bisa memakai:: class to objects buat membenarkan kode sumber jadi lebih singkat dan sedikit.

NullSafe Operator

untuk versi PHP sebelumnya untuk melakukan pengecekan nilai null di PHP 7 Kamu butuh memasukkan kode is_null pada sebagian baris kode. Dengan PHP 8 ini hanya memerlukan operator ?-> unutk melakukan pengecekkan NULL.

Constructor Property Promotion

Fitur baru PHP 8 selanjutnya merupakan Constructor Property Promotion. Fitur ini sangat membantu dalam penulisan kode program, karena dengan fitur ini berperan mengurangi penyusunan atau penulisan atribut berulang pada class constructor. Dengan terdapatnya fitur Constructor Property Promotion pada PHP 8, penyusunan atribut jadi lebih pendek, lebih gampang dibaca.

namun penggunaan ini cuma dapat digunakan pada promoted parameter semacam parameter yang dimulai dengan public, protected, serta private.

Named Arguments

Pada tipe PHP 7. 4, Kamu perlu mencermati dan memperhatikan urutan pemberian argumen untuk mengirimkan argumen ke sebuah fungsi. pada PHP 8, Kamu dapat mengirimkan argumen ke sebuah fungsi menggunakan satu nama pengenal. dengan PHP 8, penulisan argumen memiliki sebuah name argument. sehingga urutan argumen tidak mempengaruhi pemanggilan

Match Expression

PHP 8 memperkenalkan fitur Match Expression. Fitur ini mirip dengan Switch pada PHP 7. Bedanya, Match Expression mempunyai sintaks yang lebih ringkas serta nyaman. Tidak hanya itu, Match Expression memiliki fungsi seperti berikut :

Match expression bisa mengembalikan value

Match expression cuma menunjang ekspresi tunggal serta tidak memerlukan statment break.

Match expression melaksanakan perbandingan yang sangat ketat

Attributes

Attributes merupakan metode buat berikan penjelasan pada konfigurasi, sehingga bisa dibaca oleh mesin pada deklarasi dalam kode.

Pada tipe PHP sebelumnya, Kamu melaksanakan dokumentasi parameter serta nilai memakai PHPDoc. Nah, fitur Attributes di PHP 8 mempermudah Kamu buat memakai metadata terstruktur dengan sintaks asli PHP.

Numeric Strings

Pada tipe tadinya, komparasi string dengan angka pada PHP versi sebelumnya mengganti string ke angka. Setelah itu baru melaksanakan komparasi antara integer ataupun float. Metode ini rentan bug ataupun permasalahan keamanan.

Numeric Strings menjadikan PHP 8 lebih baik. Karena numeric strings mengganti string jadi angka saat sebelum melaksanakan komparasi. Tujuannya buat menjauhi kesalahan komparasi. metode ini dapat mehindari bug ataupun permasalahan keamanan pada tipe tadinya.

Consistent type errors for internal functions

Fitur ini hendak menimbulkan pesan error serta letak error kala terdapat kesalahan koding. Kesalahan ditunjukkan dengan TypeError:… ataupun ValueError:….

Dengan terdapatnya fitur ini, Kamu bisa mengenali letak error. Tidak hanya itu, Kamu pula hendak mengenali metode membetulkan error statement.

sumber : niagahostinger

sekarang kebanyakan penyedia hostinggan telah mendukung dengan PHP 8.0, jadi website kalian akan tetap memiliki kinerja yang baik. trus bagaimana jika ingin menggunakan php yang masih versi dibawahnya? kalian dapat mengubahnya di cpanel masing masing penyedia hostingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.