pengertian sosial media

pengertian sosial media

pada era digital sekarang, sosial media atau yang lebih dikenal dengan sosmed menjadi sebuah bahan konsumsi setiap hari, tanpa ber sosial media seakan hampa, namun sejauh ini apa kalian mengetahui apa itu sosial media ?. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian sosial media.

apa itu sosial media ?

pengertian Sosial media , Sosial media merupakan sebuah media interaksi dan bersosialisasi antar sesama secara daring, dapat dilakukan secara jarak jauh. Memungkinkan manusia melakukan interaksi tanpa dibatasi antar ruang dan waktu.

sosial media juga memiliki beberapa klasifikasi, bukan hanya sosial media yang berupa forum, namun dibagi beberapa klasifikasi.

berikut beberapa klasifikasi sosial media

1. Blog / web blog

web blog juga termasuk kedalam klasifikasi sosial media, di dalam blog terdapat beberapa konten, baik itu konten pribadi maupun dalam praktek sosial. Di dalam konten sebuah webblog dapat memuat sebuah konten artikel dengan foto, vidio ataupun media suara.

dengan blog ini pengguna bebas mengekspresikan konten sesuai apa yang pengguna inginkan. Contoh platform yang sering digunakan yaitu blogger dan wordpress.

2. Virtual Game Word

Apa kalian suka bermain game virtual word? Di dalam dunia game virtual word memungkinkan pengguna game tersebut melakukan interaksi antar pengguna dalam bentuk charakter unik, yang biasa disebut avatar. pengguna berinteraksi dengan pengguna lainnya melalui jejaring internet atau online.

3. Sosial Virtual

Sosial virtual ini pengguna memiliki lebih luas ruang gerak layaknya manusia pada duniaa nyata. Karena sosial virtual ini biasanya menggunakan alat yang bernama VR yang dipasangkan ke pengguna. Dengan alat ini, pengguna dapat bersosial dengan pengguna lainnya layaknya bertatap muka secara online dengan menggunakan avatar.

4. Jejaring sosial

jejaring sosial biasanya menggunakan sebuah aplikasi yang terpasang pada gawai ataupun perangkat elektronik lainnya, yang memungkinkan penggunanya dapat terhubung dengan pengguna lainnya di jejaring internet. Aplikasi tersebut mengijinkan penggunanya untuk terhubung dengan informasi pribadi seperti foto ataupun video. Contoh aplikasi ini adalah facebook.

5. konten klaborasi / gabungan

konten ini memungkin gabungan dari beberapa orang penulis atau pembuat. Cotnoh dari konten klaborasi ini adalah wikipedia.

6. konten komunitas

konten ini memungkinkan media sosial didalamnya pengguna dapat berbagi sebuah konten sekala besar seperti video, lagu, artikel, dll. Biasanya pada konten ini, penggunanya tidaklah diharuskan menggunakan halaman profil, jika menggunakan bisanya hanya tertera informasi ringkas dan dasar dari pengguna tersebut. Contoh dari konten komunitas ini adalah youtube.

dari beberapa sosial media, ada beberapa sosial media yang dapat kalian manfaatkan menjadi hal baik, contohnya seperti mendapatkan jaringan ataupun cuan.

Facebook

pengertian media sosial

Termasuk media sosial yang paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Termasuk masyarakat indonesia, kalian dapat menggunakan facebook ini sebagai hal baik, misalnya seperti menambah relasi ataupun teman di berbagai penjuru, Ataupun untuk mendapatkan cuan, kalian dapat mencari teman dan mempromosikan barang barang jualan kalian dapa akun facebook kalian.

youtube

apa pengertian media sosial

Youtube merupakan sosial media yang juga banyak digunakan termasuk indonesia, youtube merupakan soail media yang membagikan sebuah video. Lyaknya cenel televisi. Pengguna youtube jika ingin berbagi sebuah video diharuskan terlebih dahulu untuk membuat sebuah chenel, lalu kemudian membuat sebuah konten video.

Dari membuat sebuah konten video youtube kalian dapat menghasilkan uang, baik dari adsense ataupun endorse.

Instagram

pengertian media sosial menurut para ahli

Instagram sosail media yang populer untuk saat ini, klebihan dari instagram ini yaitu adanya feed, story dan IG TV. Kalian daapt memanfaatkan Instagram sebagai media promosu produk jualan kalian. Karena diingat pengguna IG sekarang makin hari makin banyak. Peluang bisnis di Instagram pun semakin mumpuni.

Linked In

media sosial ini, menurut mimin berbeda dari beberapa media sosial yang miminn sebutkan, karena pada Linked In ini biasanya khusus untuk menyampaikan lowongan pekerjaan, sebuah kualitas diri di dunia kerja, meingkatkan brand agar dilirik pasaran perusahan dan lainya. Yang berhubungan dengan dunia kerja.

Selain intu, linket In terdapat sebuah fitur portofolio pengguna linked in. Sehingga pada profil pengguna juga tertera pengalaman atau proyek yang pernah ditangani oleh pengguna, biasanay guna memudahkan rekrutment karayawan.

di luarsana masih banyak sosial media jika kalian gunakan bermanfaat untuk hal bagus, pada intinya adalah, tergantung dari penggunannya itu sendiri untuk bersosial media. Karena penggunanya itu lah yang akan mengarahkab kepada bersosial media apakan baik ataupun buruk. Jangan telebih dahulu menyalahkan sosial media, introfeksi diri terlebih dahulu, apakah sudah benar dalam bersosial media atau belum.

Sekian artikel dari mimin mengenai pengertian sosial media semoga bermanfaat dan sampaijumpah pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.