Perbandingan HDD dan SSD

Perbandingan HDD dan SSD

yoooooo… soba, dari kalian, pasti tidak asing dari HDD dan SSD, mungkin juga dari kalian bingung, perbandingan diantara keduanya, kan sama – sama media penyimpanan, dari segi ukuran juga masih gedean HDD, dan lebih murah HDD. di sini kita akan membahas perbandingan HDD dan SSD. Apa yang membedakan dari keduanya, akan kita bahas di sini. Akan menjadi sebuah poin penting, jika kalian ingin menggati HDD ke SSD.

HDD atau yang kita kenal sebagai Hard Disk Drive, digunakan sebagai penyimpanan dalam sebuah komputer. media penyimpanan ini bersifat non-volatile memory yang berarti data yang kita simpan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

SSD atau Solid State Drive, kegunaannya juga sama dengan HDD yaitu untuk menyimpan data dan bersifat non-volatile memory. SSD merupakan teknologi baru untuk saat ini dalam media penyimpanan, berbeda dengan HDD jika membaca data harus membaca piringan magnetic yang berputar. SSD data disimpan pada microchip, yang membuat jika membaca data menjadi lebih cepat dibanding dengan HDD.

Perbandingan Hard Disk Drive ( HDD ) dan Solid State Drive ( SSD )

perbandingan dari keduanya terlihat kelebihan dan kekurangan diantara keduanya yang signifikan. berikut kekurangan dan kelebihan HDD dan SSD

Solid State Drive ( SSD )

Kelebihan Solid State Drive ( SSD )

  1. SSD lebih cepat dalam membaca ataupun mentransfer file. Karena kelebihannya inilah, jika kita menggunakan SSD untuk system penyimpanan dari Sistem Operasi. Disaat booting akan menjadi lebih cepat daripada menggunakan HDD.
  2. SSD jauh lebih ringan daripada HDD.
  3. lebih hemat daya, karena SSD hanya perlu sedikit daya untuk mengalirkan ke microchipnya.
  4. SSD lebih tahan guncangan, karena SSD menggunakan microchips, sehingga ketika terjadi guncangan, tidak menjadi masalah besar bagi SSD.

Kekurangan Solid State Drive ( SSD )

  1. harga SSD dipasaran tergolong mahal.

Hard Disk Drive ( HDD )

Kelebihan Hard Disk Drive ( HDD )

  1. HDD harga lebih terjangkau dan murah, dengan ukuran yang lumayan besar.

Kekurangan Hard Disk Drive ( HDD )

  1. Lebih berat dari SSD.
  2. kecepatan baca dan transfer file tergolong lambat, karena dalam proses baca harus membaca piringan optic yang ada pada komponen hardisk.
  3. daya yang diperlukan sedikit besar daripada SSD, karena butuh untuk menyalurkan ke beberapa komponen hardisk.
  4. HDD butuh sedikit perhatian dalam pemeliharannya, karena HDD dapat dikatakan tidak tahan goncangan. Goncangan atau benturan hardisk HDD bisa saja merusak komponen terutama piringan Optic mencaji tidak lagi presisi, tentu hal ini akan merusak hardsik.

dari beberapa poin di atas, dapat menjadi pertimbangan untuk klaian dalam mengganti HDD menjadi SSD. SSD cepat dalam membaca data, menjadikan loading menjadi lebih cepat. Jika untuk pengalam bermain game, saat loading akan menjadi lebih cepat. Jika kalian ingin loading cepat saat booting, kalian dapat menggunakan SSD sebagai local disk C, dan HDD sebagai local disk lainnya, untuk penyimpanan data sekala besar.

Untuk feforma berbmain game, kalain juga perlu upgrade yang lainnya, seperti RAM misalnya, selain itu juga faktorlainnya, seperti prosessor, kecepan prosessor dst.

semoga bermanfaat, jika kalian ada pertanyaan lainnya. kalian dapat menyakan ke mimin, di menu kontak kami. CMIWW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.