Perbedaan antara HTTP dan HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS

hello guys, apa kabar sobat RC? kali ini mimin akan membahas mengani Perbedaan HTTP dan HTTPS. Kalian pasti pernah mendapatkan istilah ini ketika ingin mengunjungi situs website tertentu, Http atau Https ini terdapat pada address bar pada browser kalin.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

terkadang ada yang menggunakan Http dan kadang ada juga https. Jadi diantara keduanya memliki perbedaan, disini kita akan membahas mengani Perbedaan HTTP dan HTTPS, simak dan baca artikel ini sampai habis ya.

HTTP atau kepanjangannya adalah Hypertext Transfer Protocol, merupakan protoko; jaringan yang tugasnya mengatur jalannya proses untuk menampilkan halaman website pada browser kalian. HTTP juga sebagai protokol untuk dapat melakukan pertukaran informasi antar web server dengan client.

HTTP dapat kalian jumpahi pada adress bar browser kalian pada awal teks address. setiap kali kalian ingin mengunjungi halaman web, pasti akan terdapat protokol ini.

tapi mengapa yang ada https bukan http ?

disinilah perbedaan dari http dan https, jika kalin menjumpahi atau mengunjungi website dengan http, berarti data yang dikirim dari browser ke server tidak terenkripsi, hal ini menyebabkan rawan disalahgunakan. HTTPS sebaliknya, jika menggunakan protokol HTTPS itu berarti data yang dikirim dari browser ke server itu dienkripsi.

HTTPS atau kepanjangannya adalah Hypertext Transfer Protocol Secure, merupakan hasil pengembangan dari protokol sebelumnya yaitu HTTP, protokol ini memiliki enkripsi dan pengaman yang lebih ketat, sehingga client lebih aman ketika mengakses konten dari halaman web.

dulunya HTTPS hanya terdapat pada website penting, atau didalamnya terdapat sebuah transaksi atau sebuah data pribadi, misal seperti toko online atau media sosial, namun sekarang semua website diwajibkan menggunakan HTTPS. seperti browser contohnya google crome, jika website tersebut tidak memiliki kemanan yang melalui protokol HTTPS, maka akan muncul seubuah pringatan website tidak aman, demikian juga pada browser mozilla firefox.

perbedaan ini yang paling mencolok kelihatan dari http dan https yaitu dari segi keamanan dan dukungan dari browser, khususnya kedua browser yang mimin sebutkan yaitu mozilla dan crome.

Secara garis besar setiap interaksi internet website khususnya, menggunakan http terlebih dahulu, namun jika ingin menggunakan https, kita memerlukan yang namanya sertifikat SSL atau kepanjangannya Secure Socket Layers. tanda website menggunakan SSL tentunya akan menggunakan protol HTTPS, dan pada address bar terdapat sebuah gambar gembok.

protokol http vs https

Kalian bisa mendapatkan sertifikat SSL dengan cara bayar berlangganan. Namun kalian juga bisa mendapatkan sertifikat SSL secara gratis dan terpercaya, tentu yang gratis tidak sebaik yang berbayar. Untuk pemakaian kalain dapat sesuaikan sesuai kebutuhan kalian, mimin sarankan jika website penting yang terdapat sebuah transaksi dan data rahasia, mungkin seperti jual beli yang terdapat data pelanggan dan saldo dalam aplikasi, mungkin kalian harus menggunakan SSL yang lebih baik daripada yang gratisan. Namun jika hanya sebagai blog, mimin rasa kalian dapat menggunakan SSL yang gratis. SSL gratis yang dapat kalian coba yaitu SSL dari Let’s Encrypt.

beberapa hosting dari indonesia juga sudah support dengan pemasangan Let’s Encrypt, dan dapat dilakukan secara otomatis, jika kalian menggunakan VPS (Virtual Privater Server) kalian juga dapat menggunakan Let’s Encrypt, dengan cara melakukan penginstalan lewat terminal.

Sampai sini artikel mengenai Perbedaan HTTP dan HTTPS semoga bermanfaat, sampai jumpa pada artikel berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.