trading head

Program Bilangan Ganjil atau Genap C++

oleh
oleh
Program Bilangan Ganjil dan Genap C++

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Program Bilangan Ganjil atau Genap C++, yang dimana pada program ini kita tidak jauh dari operasi artimatika suatu pemprograman yaitu modulo. Modulo digunakan untuk menentukan apakah bilangan tersebut ganjil atau genap.

Konsep Bilangan Ganjil Atau Genap

Sebelum kita memahami bagaimana program ini bekerja, mari kita bahas konsep dasar dari bilangan ganjil dan genap. Dalam matematika, bilangan genap dapat dibagi habis oleh 2 tanpa sisa, sementara bilangan ganjil tidak dapat. Konsep ini menjadi dasar bagi program kita.

Kode Program Bilangan Ganjil atau Genap C++

Program yang dibuat saat dijalankan pengguna dapat menginputkan sebuah bilangan. Kemudian dengan menggunakan operator modula untuk menentukan sisa bilangan tersebut, jika dibagi oleh 2 tidak bersisa atau hasilnya 0 maka bilangan tersebut genap, jika tidak maka bilangan tersebut ganjil.

Sederhananya jika hasilnya 0 maka bilangan tersebut genap dan jika hasilnya adalah 1 maka bilangan tersebut adalah ganjil.

Berikut implementasi kode program Bilangan Ganjil atau Genap C++

#include <iostream>

int main() {
    int angka;

    // Meminta pengguna memasukkan bilangan
    std::cout << "Masukkan sebuah bilangan: ";
    std::cin >> angka;

    // Menentukan apakah bilangan ganjil atau genap
    if (angka % 2 == 0) {
        std::cout << angka << " adalah bilangan genap." << std::endl;
    } else {
        std::cout << angka << " adalah bilangan ganjil." << std::endl;
    }

    return 0;
}

pada program tersebut menggunakan std::cin untuk menginputkan nilai kedalam variabel angka. lalu kemudian masuk kedalam percabangan jika variabel angka modulo 2 hasilnya adalah 0 maka akan menampilkan bilangan genap jika kondisi berniali false, atau hasilnya bukan 0 maka akan menampilkan bilangan ganjil.

Hasil Running Program Bilangan Ganjil atau Genap C++

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *