Program Menghitung rata-rata dengan C++

oleh

Didalam bahasa pemrograman C++ kita dapat menghitung rata- rata sesuatu kelompok informasi dengan memakai array. Array ataupun bahasa indonesianya merupakan larik membolehkan kita buat membuat sesuatu kelompok informasi dengan jenis yang sama dengan kapasitas dimensi yang bisa kita atur sesuai dengan kemauan kita. Bila kamu belum memahami apa itu array, nanti kita akan membahas mengenai array.

Tipe Data Array Bahasa Pemrograman C++

Contoh Program Menghitung rata-rata dengan C++

berikut code contoh program menghitung nilai rata – rata dengan bahasa C++

#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
int main()
  {
    int i, nilai, data[50];
    float rata,jum;
    
    cout<<"Banyaknya Data = ";
    cin>>nilai;
    cout<<endl;
    
    for (i=0; i<nilai; i++)
        {
           cout<<"Nilai ke-"<<i+1<<" = ";
           cin>>data[i];
           jum += data[i];
        }
        
    rata=jum/nilai;
        
    cout<<endl;
    cout<<"Nilai Total = "<<jum<<endl;
    cout<<"Nilai Rata-rata = "<<rata<<endl;
  getch();
  }

Penjelasan Program

Terdapat 2 header standar yang dimasukkan dalam program ini ialah iostream buat menanggulangi input output program serta conio.h buat menahan layar supaya tidak tertutup secara otomatis lewat function getch().

Didalam guna utama main aku membuat 5 variabel 3 dengan jenis integer serta 2 dengan jenis float.

Variabel i berperan buat inisialisasi nilai pada perulangan for. nilai dari variabel ini increment yang berarti setiap statement erulangan akan bertambah dan nantinya akan dipakai buat mengakses index array.

Variabel nilai berperan buat jumlah nilai yang hendak kita hitung rata- ratanya. variabel ini pula jadi batasan pada keadaan didalam perulangan for.

variabel array data[50] merupakan variabel array yang hendak kita tampung dari tiap nilai yang diinputkan oleh user. disini aku membuat dimensi kapasitas array tersebut sebanyak 50 ruang.

Variabel jum berperan buat menampung nilai total dari totalitas informasi yang dijumlahkan.

Variabel rata berperan buat menampunng hasil dari nilai total( jum) yang dipecah dengan jumlah informasi( n).

pengguna pada program ini pertama akan memasukkan banyaknya hitungan rata rata yang akan dihitung, nilai tersebut ditampung pada variabel nilai, berikutnya dilakukan perulangan dengan variabel i adalah 0 kondisi harus variabel i lebih dari variabel nilai, selama kondisi tersebut terpenuhi, maka perlungan akan terus dilakukan, dengan statement variabel i adalah increment, yang berarti setiap perulangan variabel i akan terus bertambah sebanyak +1.

di setiap blok perulangan, penggunaka anak memasukkan nilai yang akan dihitung yang ditampung pada variabel data[50], nilai index dari data ini ditentukan oleh variabel ini, sesuai dari setiap baris perulangannya.

berikutnya hasil rata-rata akan ditampung oleh variabel rata dengan isian variabel jum bagai variabel nilai. maka asilnya akan didapat.

Buat memperoleh nilai total yang dijumlahkan dari tiap nilai yang diinput memakai operator addition assignment(+=) dimana tiap nilainya hendak dijumlahkan serta dimasukan pada variabel jum.

Sebaliknya buat memperoleh nilai rata- rata merupakan dengan metode membagi nilai dari variabel jum dengan jumlah informasi pada variabel nilai. Sehingga hendak menciptakan output program semacam dibawah ini:

Program Menghitung rata-rata dengan C++

sampai sini artikel mengenai Program Menghitung rata-rata dengan C++, semoga bermanfaat, sampaijumpa pada artikel dan tutorial berikutnya.

baca juga mengenai materi lainnya mengenai bahasa pemprogram C++ Belajar Dari Dasar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.