SILO : SILO Dalam Struktur SEO

SILO dalam SEO merupakan sebuah pondasi kuat untuk optimasi SEO, optimasi SEO Onpage masih belum cukup, masih perlu mengorganisir struktur link page kita sesui dengan kategori dan tofik, ini dalam SEO disebut dengan “SILO”. jadi kamu harus membagi kategori dan sub kategori suatu konten website kamu, hingga konten tertata rapi dan dapat saling menguatkan relasi antara konten.

sebelum kalian mempelajari lebih dalam mengenai SILO, kalian harus mengetahui apa itu internal link. Karena SILO sangat erat dengan mengatur internal link yang tepat.

apa itu silo seo

Internal Link

Internal Link adalah sebuah tautan yang menghubungkan ke halaman berbeda di dalam website yang sama. praktiknya, link internal di tanaman di sebuah konten website pada sebuah kata yang dipilih kemudian dijadikan anchor text. nantinya ketika si pembaca mngklik anchot text tersebut, maka akan diarahkan ke halaman lain di website yang sama.

SILO dan Internal Link

setelah kalian memahami mengenai internal link, tentu kalian membutuhkan internal link di setiap page atau artikel yang kalian buat, terutama untuk pembaca guna memudahkan pembaca untuk mencari kelanjutan pembahasan dari artikel yang kalian buat. selain itu juga bermanfaat untuk mendistibusikan kunjungan kepada setiap artikel yang dibuat.

hal yang perlu diperhatikan dalam menanamkan internal link, yaitu meletakkan sesuai dengan tofik yang dibahas pada artikel, sehingga akan lebih alamai dan memudahkan pembaca untuk klik link. selain itu juga tautan link harus kepada konten yang saling berhubungan.

SILO dapat dibilang mengarah kepada kenyaman pembaca, jika sebiah blog atau wbsit berantakan, kemungkinan si pembaca akan merasa tidak nyaman dan akan menekan tombol kembali atau keluar. namun sebaliknya jika isi sebuah blog atau website terstruktur atau relevan, pasti akan membuat orang lebih betah dan nyaman mengunjungi website. ini adalah alasan mengapa SILO diperlukan dalam hal optimasi SEO. SILO sendiri merupakan pengaturan struktur link salam sebuah konten atau artikel.

Persiapan SILO

beberapa persoalan yang perlu kita persiapkan sebelum memulai teknik SILO ini merupakan kita mesti mempunyai konten atau artikel utaman yang nantinya akan menjadi pembuka atau awal pembahasan, yang nantinya akan memiliki beberapa sub pembahasan yang saling berkaitan. dan pembahasan atau konten pertama ini usahakan adalah pembahasan yang paling dicari oleh pembaca.

sebagai artikel pendukung dari artikel utama juga harus dibuat satu pembahasan, atau kelanjutan dari artikel utama, dan juga kita perlu mengatur pola internal link. dalam SILO pola internal link, seperti yang kita bahas sebelumnya, link antar konten haruslah satu wadah atau satu kategori dan pembahasan.

Cara Membuat SILO

untuk membuat struktur SILO ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, sebagai berikut.

  1. kita perlu membuat sebuah kategori dan sub kategori jika perlu untuk mengelompokkan konten atau artikel yang dibuat.
  2. dari kategori tersebut, dapat membuat sebuah artikel utama untuk membuka pembahasan, kalian dapat riset terlebih dahulu di google artikel apa yang paling banyak dicari oleh pembaca, dari situ buatlah pondasi awal artikel, dan kemudian buatlah turunan dari artikel tersebut.
  3. kemudian buatlah internal link sesuai pengelompokkan artikel yang telah dibuat. buat internal link di setiap konten yang dibuat sesuai kebutuhan.

Manfaat Menerapkan SILO

manfaat dari menerapkan SILO ini, selain membuat artikel kita saling terhubung, terutama internal link dari artikel ke artikel lain dalam website kita. menjadikan struktur website lebih rapi, menjadikan lebih user frendly, membuat pengunjung lebih memahami website kita ketika mereka masuk atau berkunjung ke website. dengan begitu akan membuat pengunjung lebih nyaman dan betah berada di website kita.

dengan menerapkan metode SILO ini, kita dapat menghemat biaya Back Link, karena telah didukung oleh artikel utama. namun kita tetap memerlukan optimasi SEO Off Page, agar hasil menjadi lebih maxsimal.

untuk website yang masih baru, perlu menerapkan teknik ini untuk meningkatkan feforma SEO nya, namun untuk website lama pun juga perlu menerapkan teknik SILO ini agar lebih maxsimal hasil SEO nya, agar tidak kalah saing dari kompentitor lainnya.

teknik otimasi SEO banyak sekali ragamnya tidak hanya perlu optimalkan SEO On Page dan SEO Off Page saja, perlu juga menerapkan teknik SILO ini, karena sebagai faktor untuk meningkatkan poin SEO juga.

baca juga “SEO On Page dan SEO Off Page : perbedaan” untuk memahami apa itu SEO On page dan SEO Off Page.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.