sintaks dasar php yang wajib kamu ketahui

sintaks dasar php yang wajib kamu ketahui – pertama, PHP itu apasih ? serta buat apa kita mempelajarinya ? jadi PHP ialah bahasa pemprograman yang digunakan untuk membentuk atau mengembangkan aplikasi laman, yang menentukan pada sisi server ataupun server-side. PHP merupakan singkatan dari PHP : Hypertext Prepocessor. Mempelajari PHP untuk kuasai bahasa pemprograman laman, bukan hanya request tergolong banyak dipasaran perluasan dengan pemprograman PHP ini tergolong mudah, opensource serta dalam pengembangannya cepat, bahkan sekarang telah paling tidak ada beberapa framerowk – framework PHP akhirnya para pengembang atau programer dimudahkan dalam pembangunan aplilkasi, sehingga tak memulai dari 0 lagi.

sintaks dasar php

baca juga Perkenalan Bahasa Pemprograman PHP

dokumen PHP secara default memiliki ekstensi .php. Dalam memulai pembuatan program berbasis PHP, mengguankan tag”<?php” selaku pembuka serta tag “?>” selaku penutup. sebagai contoh menampilkan kalimat hello word.

<?php 
echo "hello word"
?>

tag php bisa dimanfaatkan sekali ataupun beberapa kali dala satu file sesuai kebutuhan, tag php juga mampu dikombinasi bersamaan dengan bahasa HTML. Dalam sampai saat ini telah sukses dalam menjadikan kalimat “hello word”, sebelum melangkah ketahap yang Lebih lanjut alangkah baiknya kita mengenal aturan penulisan sintak PHP terlebih dahulu.

sintaks dasar php menulis komentar

komentar dalam php dapat berperan selaku penjelasan – penjelasan ataupun dokumentasi dari skrip yang sudah dilakukan, dan bagian ini tak dieksekusi oleh browser. Dalam pembuatan komentar boleh melakukannya dengan meneruskan dua buah garis miring pada awal baris yang dijadikan komentar.

//ini komentar pada PHP
//baris ini tidak dieksekusi oleh browser

kalau komentar lebih dari satu baris mampu menggunakan tanda bintang (*) serta garis miring.

/* ini adalah komentar php
   lebih dari satu baris
   yang tidak akan sieksekusi */

simbol dollar ($) untuk mendifinisikan variabel

dalam pepmbuatan & penulisan rencana pasti tidak lepas dari variabel. di penulisan rencana PHP simbol dolar ($) digunakan untuk pendeklerasian variabel, variabel angka, string maupun array.

<?php
  $nomer = 1;
  $kalimat = "Hello Word";
  $buah = array("mangga","duren","leci");
?>

ahiri code php dengan titik koma ( ; )

penulisan baris isyarat dalam php mesti diakhiri dengan titik koma.

$kalimat = "Hello Word";

baca juga tahapan awal dalam mempelajari web programing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.