Sistem Informasi Geografis

oleh
Sistem Informasi Geografis

republiccode.com – bagi kalian yang baru masuk jurusan TI pasti pernah mendengar atau mempelajari mengenai Sistem Informasi Geografis atau yang sering disebut dengan SIG, pada artikel ini akan membahas perkenalan mengenai SIG.

baca juga manfaat dari Sistem Informasi Geografis (SIG)

Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG)

sistem informasi geografis atau SIG adalah suatu kumpulan kumpulan yang terorganisir dari perangkat keras komputer (Hardware), perangkat lunak komputer (Software), data geografi, dan personel yang dapat didesain untuk memperoleh, menyimpan, memanipulasi, memperbaiki, menganalisis dan menampilkan semua bentuk informasi ( Cread, Update dan Delete ) atau dikenal dengan istilah (CRUD) yang bersifat geografis.

SIG menampilkan informasi dalam bentuk grafis dalam sebuah peta.

Komponen SIG

menurut R. Astrini dan P. Oswald terdiri dari

  1. perangkat keras,perangkat keras dalam SIG harus memiliki media penyimpanan dan pemprosesan yang besar, karena menyimpan informasi pemetaan yang cukup banyak. prangkat keras juga mensukung pemetaan dan analsis geografi dan memiliki kemampuan untuk menampilkan citra maupun gambar dengan resolusi tinggi, serta dapat mengelola data yang tepat dalam SIG
  2. data, dalam SIG data dapat dibedakan menjadi data spasial dan non spasial. data spasial adalah data representasi fenomena permukaan bumi ,data spasial berkaitan dengan posisi koordinat tertentu. dan data non spasial mempresentasikan aspek – aspek deskripsi atau penjelasan dari suatu fenomena di permukaan bumi dalam bentuk kata-kata, angka, ataupun tabel.
  3. brainware, atau yang disebut sebagai manusia sebagai orang yang menjalankan, membuat atau orang yang memperoleh informasi dari SIG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.