Sistem Operasi adalah, Penjelasan Lengkap

Sistem Operasi adalah, Penjelasan Lengkap

Penjelasan Lengkap Sistem Operasi – pengguna perangkat elektronik seperti gawai smart phone, komputer PC ataupun laptop sekarang kebutuhan terhadap alat tersebut semakin meningkat. Namun apakah kalian tahu apa yang selama ini membuat benda tersebut dapat kita sebagai pengguna, dapat menggunakan dengan mudah. Berinteraksi atau melakukan hal – hal yang kita inginkan kepada gedged ataupun laptop.

PErangkat elektronik, contohnya seperti laptop untuk mengelola seperti halnya device, diperlukan yang namanya sistem operasi. Sistem Operasi atau yang sering disebut Operating System (OS) merupakan sebuah kesatuan dari perangkat komputer, agar perangkat komputer dapat dimanajement dan dioperasikan, maka dari itu dibutuhkannya Sistem Operasi. Bukan hanya komputer, seperti halnya gawai smart phone pun membutuhkan sistem operasi.

Pada artikel klai ini, mimin akan membahas mengenai sistem operasi, menjelaskan secara lengkap singkat dan padat mengenai OS. Sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai kepada kalian mengenai Sistem Operasi.

apa itu Sistem Operasi ?

secara definisi umum, Sistem Operasi atau Operating System atau juga yang sering dikenal sebagai OS, yaitu sebuah perangkat lunak (Software) System yang mampu mengelola sumber daya (Resource) baik itu berupa perangkat lunak (Software) ataupun perangkat keras (Hardware). seperti halnya mengelola input output, dilakukan oleh sistem operasi.

Sistem Operasi diletakkan pada lapisan utama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer booting atau menyala. Sedangkkang software lainnya dijlankan ketika komputer menyala dan OS berjalan. Kemudian OS akan melakukan tugas inti seperti. Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI.

Sistem Operasi sekarang telah mengalami berbagai macam perkembangan seiringnya berkembang teknologi, makin canggih teknolo makin berkembang juga. Untuk saat ini, pada artikel ini dibuat, sistem operasi windows sekarang yang terbaru adalah windows 11.

Opertaing System atau OS umunya terdiri dari beberapa bagian diantaranya :

  1. mekanisme boot
  2. Kernel, Inti dari OS
  3. Shell atau biasanya yaitu Command Interpreter yang bertugas untuk membaca inputan pengguna.
  4. library atau pustaka – pustaka yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver, yang berguna untuk interaksi ke perangkat tambahan, misal seperti printer, mouse dan sebagainya.

Jenis Sistem Operasi

Operating System pun sekarang sudah memiliki beberapa jenis, seperti OS komputer ataupun Os mobile.

Operating System komputer

Opertaing System komputer PCataupun laptop memiliki beberpa jenis diantaranya yaitu :

WINDOWS

sistem operasi adalah

sistem operasi paling banyak digunakan untuk saat ini. OS windows ini biasa digunakan untuk komputer Laptop ataupun PC yang digunakan untuk kegiatan sehari hari seperti pekerjaan kantor, multimedia dan lainnya.

OS ini banyak digunakan selain user friendly juga dianggap banyak kompatible dengan perangkat lain, sebab banyaknya pengembang software yang support akan OS Windows.

LINUX

fungsi dari sistem operasi adalah

Sistem operasi ini disediakan secara gratis open source, kalian bisa mendapatkan OS ini gratis dengan cara dwonload pada situs resminya. OS ini biasanya digunakan oleh para orang – orang advance seperti programer dan ahli jaringan. Namun tidak meutup kemungkin untuk dipergunakan untuk multimedia.

OS ini merupakan sumber terbuka, OS ini seperti UNIX yang dibangun di atas kernel linux, sebuah kernel linux yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. Linux dirilis dibawah lisensi publik GNU Versi 2

Mac OS

perangkat lunak yang bukan termasuk kedalam sistem operasi adalah

Mac OS atau Macintosh Operting System system yang dikembangkan oleh apple, OS ini hanya dapat berjalan pada perangkat apple. OS ini dikatakan memiliki kinerja yang bagus dan cepat, sehingga cocok untuk editing, multimedia. Selain itu juga, di katakan OS ini dari para pengguna Mac OS, lebih sedikit bug dari OS ini, karena apple selalu melakukan inovasi, dan OS ini juga sulit untuk diretas.

MS DOS

MS DOS

MS DOS atau lengkapnya yaitu Microsoft Disk Operating System, OS yang dulu populer pada tahun 1980-an, digunakan untuk komputer IBM atau yang kompatible dengan MS DOS. MS Dos untuk saat ini tidak lagi dipasarkan, setelah mereka membuat OS yang memiliki tampilan antarmuka dalam bentuk grafis (Grafik User Interfaces) GUI, yang sekarang ini disebut dengan windows.

Semenjak windows dilahirkan, MS-DOS sudah tidak lagi dipasarkan.

UNIX

jika klaian mencari OS dengan multi user dan multi taksking, mungkin OS UNIX ini adalah solusinya. OS ini awalnya ditunjukkan untuk dipakai oleh internal Bell System, AT&T kemudian melisensikan Unix ke pihak luar pada tahun 1970-an, yang menyebabkan muncul banyak variasi Unix yang dibuat oleh akademisi maupun perusahaan komersial seperti yang dibuat oleh Universitas California, Berkeley (BSD), Microsoft (Xenix), IBM (IBM AIX), dan Sun Microsystems (Solaris).

Android

Sistem Operasi Android

adroid merupakan OS berbasis linux yang dirancang untuk perangkat layar sentuh, contohnya seperti smart phone dan tablet. OS android awalnya dikembangkan oleh android inc. Didukung dan difasilitasi oleh google, yang kemudian dibeli pada tahun 2005. Pada tahun 2007 OS ini dirilis secara resmi, bersamaan dengan bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan.

Chromium OS

Chromium OS

Chromium OS merupakan OS gentoo linux yang dikembangkan oleh google. OS ini menggunakan Google Chrome sebagai interfaces utamanya. Tidak seperti OS lainnya, Chrome OS hanya dapat berjalan pada pada perangkat keras tertentu dari mitra manufaktur Google yang dibawah nama Chromebook.

Fungsi Penting Sistem Operasi

dari beberapa OS di atas, tentu memiliki beberapa fungsi penting, berikut fungsi penting dari sistem operasi.

  1. Menjalankan Operasi dasar, sebagai dasar untuk sebuah perangkat, untuk menjalankan operasi operasi dasar dalam menggunakan sumber daya, baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak.
  2. Mengatur Kinerja, OS berperan dalam negatur kinerja perangkat, seperti fungsi dari perangkat keras berupa memory, harddisk CPU dan lainnya. Agar kinerja perangkat tersebut berjalan dengan lancar.
  3. Menampilkan Visual, tentu saja OS befungsi untuk menampilkan sebuah visual dari sebuah perangkat yang kita gunakan, misalnya seperti laptop dan smartphone android. Menampilkan tampilan viual GUI ke pengguna untuk mengatur sumber daya.
  4. Menjalankan Program Aplikassi, Dengan adanya OS, memungkinkan untuk memasang dan menjalankan sebuah program aplikasi. Baik itu bawaan OS itu sendiri maupun aplikasi dari luar, yang mendukung OS yang digunakan.

Sekian artikel dari mimin RC. mengenai Sistem Operasi atau Operaing System, yang akrab dikenal dengan OS. Semoga artikel ini bermanfaat sampaijumpah pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.