teknik informatika belajar apa aja sih

teknik informatika belajar apa aja sih?

hai sobar RC, apa kalian ingin mengambil jurusan teknik informatika, namun ragu ? dan tidak tahu teknik informatika belajar apa aja sih?. Hal ini menurut mimin kalian meski tahu jika kalian ingin mengambil jurusan teknik informatika, karena tidak sedikit teman mimin ada yang mengira teknik informatika itu belajar klo gak microsoft word ya Excel. Mimin serius. Bukan hanya itu, malah ada yang tidak tahu sama sekali, asal masuk jurusan aja, ada juga yang ikut temannya. Alhasil, dari merka ada yang merasa tidak sesuai dan memutuskan berhenti.

Sangat disayangkan dipertengahan jalan, kalian berhenti. Terbuang waktu dan uang dan hasilnya sia sia. Hiks*.

Teknik Informatika merupakan salah satunya jurusan yang banyak diminati, dan tidak sedikit juga spekulasi orang mengenai jurusan ini, dan ternyata saat masuk kedalamnya tidak seperti yang dibayangkan. Seperti yang mimin singgung d awal, beberapa spekulasi teman – teman mimin.

Oleh karena itu karena itu, klaian alangkah baiknya tahu terlebih dahulu, apa teknik informatika itu.

Apa Itu Teknik Informatika ?

Teknik Informatikan adalah jurusan perguruan tinggi yang mempelajari dan menerapkan dari prinsip ilmu komputer. Seperti matematis dalam perancangan, pengujian serta pengembangan software atau perangkat lunak komputer. Dengan artikan, pada jurusan Teknik Informatika ini akan menerapkan sebuah sistem pengolahan data dengan cara komputerisasi menggunakan kaidah proses logika.

di dalam jurusan teknik informatika.

Jika kalian memilih jurusan Teknik Informatika, sesuai dengan pengalaman mimin, kalian akan lebih banyak berkecimpung dalam dunia pemprograman, dalam artian di sini pemproraman seperti membuat sebuah aplikasi komputer (Programing). Pengembangan prangkat lunak dan Jaringan Komputer.

Mimin dulu lebih banyak kearah programing teori maupun praktiknya, seperti belajar program membuat aplikasi web, android dan PC. Jika itu halnya berkuti pada programing sebuah aplikasi software, tentu kalian juga akan belajar yang namanya database. Serta mempelajari perkembangan metode ataupun logaridma Teknik Informatika. Misal seperti data maining, big data ataupun machine learning.

Tentu seperti yang mimin katakan, Teknik Informatika pun ada yang naamnya jaringan komputer, klaian di dalamnya akan mempelajari segala tentnag jaringan komputer teori ataupun praktik, misal seperti cara membangun jaringan komputer sederhana, krimping kable, instalasi server seperti ubuntu ataupun debian. Kalian juga belajar tentang keamanan jaringan komputer Kriptografi.

Sedikitnya juga mimin dulu dalam jurusan Teknik Informatika, mempelajari Multimedia, seperti Editing Foto, Membuat Logo atau Editing Video. Meski ini tidak begitu banyak mimin dapat jurusan teknik informatika. Karena biasanya ini memiliki jurusan tersendiri. Namun masih tergolong di dalam teknik informatika. Apalagi jika kalian mengambil D3 seperti pengalaman mimin, kalian akan belajar banyak. Karena kalian akan belajar teknik informatika bisa dikatakan adalah pondasinya. Olehkarena itu, akan banyak hal kalian pelajari. Ya ini juga kata dosen dan pengalaman mimin hehehe.

Untuk tugas akhir untuk kelulusan, misal seperti skripsi. Biasanya klaian diminta membuat sebuah produk kalian contohnya seperti membuat sebuah aplikasi atau software yang didalamnya memiliki trobosan terbaru untuk mengatasi masalah yang lama.

contoh, kalian bekerja di sebuah kantor dengan administrasi surat menyurat menggunakan buku induk. Lalu kalian mengambil hal ini sebagai studi kasus, lalu memberikan sebuah solusi untuk membuat aplikasi surat menyurat. Yang nantinya registrasi dan pengarsipan surat menyurat akan terpusat di sebuah server. Keuntungannya tidak lagi menggunakan buku induk, karena sudah digantikan dengan register online tadi, dan jika mencari history surat begitu mudah, karena tinggal mencari surat yang dimaksud di aplikasi.

di atas merupakan contoh kecil dari tugas akhir jurusan teknik informatika. bagimana apa kalian masih berminat masuk dan belajar teknik informatika ?

Mengapa Memilih Jurusan Teknik Informatika ?

nah ini mungkin akan membuat kalian tertarik, mengapa memilih jurusan teknik informatika ? Jurusan teknik informatika sekarang menjadi jurusan yang sedang banyak diminati, artinya sekarang banyak sekali pesaingnya untuk penerimaan siswa baru teknik informatika. Hal ini bukan tanpa alasan, salah satunya jika kalian reningkan sejenak. Jaman sekarang semakin maju, teknologi dimana – mana, gawai menjadi teman sehari hari, dan pekerjaan kantor sekarang lebih banyak menggunakan komputer ataupun laptop. Tidak seperti dulu hanya menggunakan mesin ketik.

tentu dalam hal tersebut, tidak luput dari yang namanya kemudahan dalam dunia komputer saat bekerja. Yang mempelajari hal ini adalah di jurusan teknik informatika salah satunya. Seperti yang mimin sebutkan di atas, yaitu dengan membuatkan sebuah aplikasi kantor untuk memudahkan pekerjaan kantor.

dan ini hanya salah satunya. dan tentu masih banyak lalinnya.

Pekerjaan Yang Bisa Didapatkan Jurusan Teknik Informatika

Pekerjaan yang dapat kalian miliki jika kalian adalah seorang jurusan teknik informatika daintaranya yaitu

Programer

Teknik informatika tidak jauh dengan yang namanya programer, tentusaja tidak jauh dari kemungkian kalian dapat memiliki profesi programer. Untungnya dari profesi ini kalian dapat bekerja secara free line dan untuk besar, bisa saja berkisar 5-10jt an. Tergantung kaliannya negosiasi dan dealnya. Untuk profesi programer mendapatkan uang dengan nomina 5-10jt an untuk satu aplikasi bukanlah hal yang mustahil. Bahkan kalian bisa mendapatkan lebih.

System Analyst

Pekerjaan dari system analyst biasanya berdampingan dengan programer, dimaan dari perkerjaan profesi ini bertugas untuk meanalisis sebuah sistem perusahaan atau instansi yang berjalan, kemudia mendiskusikan kepada programer untuk menmbuat sebuah sistem baru yang memudahkan pekerjaan denga sebuah software.

Databse Enginer

tugas dari profesi ini yaitu merancak dan memonitoring database kompleks. Entah itu kalian merancang sebuah database dari data yang bisa dikatakan unnormal, smapi ke bentuk BCNF. Pekerjaan ini biasanya juga berkaitan dengan programing. Database yang tadinya sudah dinormalisai akan di distribusikan kepada programing.

Network Administrator

Network administrator, bertugas untuk mengawasi sebuah jaringan komputer pada sebuah instansi atau perusahaan, seperti analisis sampai evaluasi jaringan komputer.

dari pekerjaan di atas, dari berbagai yang mimin dapatkan, gajih minimalnya adalah 5jutaan. bahkan kalian bisa mendapatkan lebih. Pekerjaan dari seorang teknik informatika, tidak hanya yang mimin sebutkan diatas, tentu masih banyak lagi, semakin perkembangnya teknologi informasi, pekerjaan untuk jurusan teknik informatika semakin berkembang juga. Dan semakin banyak dibutuhkan.

Salah satu keuntungan dari profesi teknik informatika, dapat bekerja secara freeline, dan kalian dapat mendirikan sebuah kantor atau perusahaan kalian sendiri, misal seperti membangun sebuah tim untuk jasa pembuatan aplikasi.

Profesi yang mimin sebutkan di atas, hanya sebagian kecilnya, yang mmin sering jumpahi di selebaran brouser di tempat mimin, mungkin jika di kota – kota besar akan lebih banyak dan lebih sfesifik lagi.

Ada banyak pekerjaan Teknik Informatika. Yang paling banyak di cari biasanya mengisi bagian administrasi perkantoran berbasis komputer di tempat mimin, mungkin yang dibutuhkan adalah jurusan teknik informatika, namun bisa dikatakan, materi belajar yang didapatkan di masa kuliah mengambil jurusan teknik informatika, sangat sedikit, bisa dikatakan tidak ada sama sekali.

Apa jurusan teknik informatika itu berat ?

mimin dapat mengatakannya bisa dibilang tidak untuk orang yang memang menikmati dan memang suka, hatinya ada di teknik informatika. Yang meras berat, mungkin bagi mereka yang merasa salah masuk jurusan, dan menolak untuk belajar dan menerimnaya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.