Tipe Data Array Bahasa Pemrograman C++

oleh

Tipe Data Array Bahasa Pemrograman C, tipe data yang mengandung nilai yang berbeda dengan satu variabel yang sama. Banyaknya data ditentukan dengan index didalamnya, index dalam array ini biasa ditandai dengan tanda kurung siku [ .. ], didalamnya terdapat nomer yang mempresentasikan letak data. index ini biasa dimulai dari angka 0 ( nol ).

Tipe Data Array Bahasa Pemrograman C++

contoh :

char nama[30];
int jumlah[50];

pada contoh di atas, variabel nama dengan tipe data char dengan elementp 30, yang berarti variabel tersebut dapat di isi oleh 30 karakter, dan varibel jumlah dengan tipe data int element 50 berarti bahwa variabel tersebut dapat di isi dengan 50 buah nilai dengan bertipe int.

dengan menggunakan array akan menghemat penulisan dan mempermudah pencodean. mungkin kalian masih agak bingung, kita lanjut dengan contoh berikut.

misal kalian ingin membuat 5 buah nilai ke dalam variabel maka kalian akan menuliskan

int nilai1, nilai2, nilai3, nilai4, nilai5;

dengan cara di atas tentu akan mempersulit kalian dalam penulisan code, trus bagaimana jika ada 100 nilai lebih. Untuk mempermudah kalian cukup menggunakan array

int nilai[5];

Format Penulisan Tipe Data Array Bahasa Pemrograman C

berikut merupakan bentuk umum dalam format penulisan code program array

tipe_data nama_variabel[jumlah_element]

perlu diketahui, seperti kita bahas sebelumnya di pertama, index array dimulai dari 0, jika penulisan kalian semisal nilai[5], maka index akan dimulai dari 0, 1, 2, 3 dan 4. maka dari itu, jika kita ingin mencetak atau menampilkan nilai suatu array kita perlu mengetahu niali yang dicetak terletak pada index keberapa. contoh

int nilai[0]=1, nilai[1]=10, nilai[2]=100, nilai[3]=90;

semisal kita mau mencetak nilai index ke 2 maka hasilnya adalah 10.

baca juga, Program Menghitung rata-rata dengan C++ menggunakan array

baca juga materi mengenai bahasa pemprograman C ++

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *