Tips dan Trik Belajar Database Mysql

Tips dan Trik Belajar Database Mysql

hai sobat republiccode.com, mimin akan membagikan pengalaman mimin dalam belajar Database Mysql. Mimin akan membagikan tips dan triknya belajar database ini dari awal atau dari 0. Semoga tips dan trik ini bermanfaat khususnya untuk pemula yang mau Belajar Database Mysql.

perlu kalian ketahui, database Mysql ni sekarang telah banyak digunakan oleh aplikasi – aplikasi di luar sana, dan pemprograman sekarang pun juga telah banyak menggunakan database ini. Bahkan bagi yang belajar pembuatan aplikasi dengan codingan, Belajar Database Mysql merupakan hal wajib yang harus di bisa oleh seorang programing. Karena dalam sebuah aplikasi tentu akan bermain kepada yang namanya adalah data dan data tersebut akan dilakukan manipulasi dan manajement data, seperti, hapus, Tambah, edit, dan lihat. Tempat untuk menampung data – data tersebut dapat menggunakan yang damanya Databse. Dan salah satu databse yang terkenal, seperti yang telah mimin singgu di atas, yaitu Mysql. Untuk itu mimin akan membagikan Tips dan Trik Belajar Database Mysql berikut.

1. Mempelajari DDL DML dan DCL

sebagai pemula kalian harus memahami dan Mempelajari DDL DML dan DCL. Dimana DDL atau Data Definition Language iyalah sebuah perintah SQL yang berkaitan dengan pendefinisian suatu struktur database. Fungsi DDL terdiri dari: CREATE, RENAME, ALTER, dan DROP. Sedangkan DML atau kepanjangan dari Data Manipulation Language, merupakan perintah SQL yang berkaitan dengan manipulasi atau pengolahan data dalam table. Yang terdiri dari fungsi SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE. Dan terakhir DCL atau kepanjangan dari Data Control Language yang biasa digunakan untuk merubah hak akses dan isu lain yang berhubungan dengan keamanan database dengan fungsi, GRANT dan REVOKE.

2. Menguasai Query Dasar

untuk seorang pemula tentu kamu wajib menguasai hal dara, untuk Database Mysql ini adalah kamu wajib menguasai Query dasar terlebih dahulu. Query dasar yang wajib kalian kuasai yaitu untuk manipulasi dan manajement data seperti

Lihat, Tambah, Edit, dan hapus. secara pertahap dan mempelajari DDL, DML dan DCL.

3. Terus Belajar dan Mencoba

hal berikutnya tentu kalian juga harus terus belajar dan mencoba, kalian dapat belajar dan mencoba tidak harus dalam studikasus yang nyata. Kalian dapat belajar menggunakan data dummy dengan bermodalkan laptop kalian sebagai server Mysql kalian, dengan demikian kalian dapat dengan bebas belajar tanpa takut kesalahan yang patal. Untuk penginstalan Mysql jika menggunakan komputer windows, kalian dapat menggunakan aplikasi yang bernama “XAMPP”. Didalamnya terdapat beberapa paket server yang siap dijalankan dengan hanya sekli klik, dan komputer kalian sudah siap menjadi sebuah server local atau localhost.

untuk belajar kalian tidak harus menempuh bangku kuliah atau jurusan tertentu untuk menjasi Expert dalam bidang ini, kalian dapa namun Jika kalian memiliki uang lebih kalian dapat mengikuti seminar ataupun calss onlie atau sejenisnya. diluar dari itu semua kalian dapat mempelajarinya di goole, youtube ataupub buku – buku yang terkait sudah kuat untuk pondasi kalian dalam hal database ini. Untuk lebih mengasahnya kalian dapat berlatih dan belajar membuat sebuah aplikasi kecil yang menggunakan databse sampai aplikasi yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.