tips dan trik cara mengatasi laptop ngelag mulai lemot

Cara Mengatasi Laptop Ngelag Mulai Lemot, Tips dan Trik

Mengatasi Laptop Ngelag Mulai Lemot memang perlu dilakukan, karena akan berpengaruk kepada kerjaan kita. Laptop lama kelamaan dapat lag atau lemot dengan sendirinya, bukan karena tidak ada penyebabnya. Tentu hal ini ada disebabkan oleh sesuatu hal yang lain dari laptop itu sendiri, selain masalah non teknis seperti umur laptop yang sudah lama atau tua, juga terdapat masalah teknis. Jadi masalah apa aja yang mempengaruhi dan menyebabkan laptop ngelag dan lemot? Berikut mimin akan menjelaskan dan memberikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika laptop sudah mulai terasa ngelag dan lemot. Berikut Tips dan Trik Cara Mengatasi Laptop Ngelag Mulai Lemot

Tips dan Trik Mengatasi Laptop Ngelag Mulai Lemot

Tips dan Trik Cara Mengatasi Laptop Ngelag

laptop ngelap disebabkan berbagai faktor yaitu :

  1. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Hal ini tidak dipungkiri lagi, jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang, tentu akan membabat habis CPU dan memory, sehingga jika kalian membuka aplikasi yang lain akan terasa berat. Cara untuk menanggulangi ini, tentusaja hapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai, tidak hanya aplikasi yang berjalan dilatar belakang, Juga aplikasi lainnya yang sudah usang dan tidak terpakai, Selain membebaskan pemprosesan CPU dan memory, kalian juga dapat membebaskan ruang penyimpanan kalian.

2. Terserang Virus

Berikutnya penyebab laptop ngelag dan lemot, kemungkin juga laptop kalian terkena virus komputer jahat yang berpotensi memakan kinerja CPU laptop atau komputer kalian. Solusi dari masalah ini, kalian dapat melakukan scanning virus keseluruhan secara terjadwal dengan antivirus kalian, perlu dicatat disarankan antivirus di dapat dari store atau official store terpercaya. Kalian juga dapat mengecek aplikasi terinstall dan berjalan, jika terdapat aplikasi mencurigakan kalian dapat menghapusnya, mungkin saja itu virus. Pengalaman mimin pernah terkena virus modek aplikasi yang otomatis terinstal jika kita berkunjung ke sebuah website, dan kemudian dia nantinya akan berjalan dibelakang dan memberatkan kinerja laptop.

Bukan hanya hal diatas yang dapat kalian lakukan, kalian juga dapat mengupgrade beberapa komponen laptop atau komputer kalian seperti :

Menggati HDD Menjadai SSD

kalian dapat mengganti hardisk penyimpanan kalian yang semula HDD Menjadi Solid State Drive atau biasa kita sebut dengan SSD. Kenapa harus SSD? karena SSD ini memiliki kinerja yang bagus dalam hal membaca file, dengan demikian jika kalian gunakan SSD untuk system tentu saat bootig akan menjadi lebih cepat.

3. Upgrade Kapasitas RAM

kalian dapat menambah RAM laptop kalian dengan yang kalian mau, dari 4GB, 6GB, 8GB atau lebih, sesuai kemampuan budged dan laptop kalian. Dengan menambahkan kapasitas RAM Laptop kalian akan mampu dan lebih bagus feforma nya dalam multi taksking.

4. Install Ulang

Kalian juga dapat melakukan install ulang Sistem Operasi kalian, guna untuk mengembalikan sistem ke semula. Dengan melakukan install ulang semua aplikasi yang terinstall akan kembali seperti semua, dengan bawaan sistem operasi langsung. Tanpa aplikasi luaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.