Tips dan Trik Mudah Belajar Coding Bagi Pemula

Tips dan Trik Mudah Belajar Coding Bagi Pemula

Hai sobat republiccode.com, apa kabarnya nihc? seperti di judul, mimin akan mebagikan Tips dan Trik Mudah Belajar Coding Bagi Pemula, ini sesuai dengan pengalaman mimin yang mimin alami ketika sedanga belajar coding. Mungkin kalian akan bingung di awal dan berkata “apa sih ini bahasa gk jela” xixixixi. dan sampai akhirnya akan terasa seperti bahasa sehari – hari. Coding itu tidak suah, Coding itu mudah, semua orang bisa melakukannya.

Trik Mudah Belajar Coding Bagi Pemula

Sekarang insdustri telah banyak bergerak di ranah teknologi digital, olehkarena itu coding atau bahasa pemprograman tertentu sangatlah dibutuhkan untuk membangun sebuah aplikasi ataupun software yang dibutuhkan, guna menunjang sebuah industri agar dapat bersaing di era digital.

Sekarang perusahaan makin gencar dalam mencari seseorang yang ahli dalam coding untuk membuat aplikasi yang mereka mau. Kabar baiknya belajar coding atau bahasa pemprograman tidak hanya terdapat di bangku sekolah kejuruan atau kuliah saja, kalian dapat mempelajarinya secara otodidak lewat buku ataupun internet.

Tips dan Trik Mudah Belajar Coding Bagi Pemula Ala Republiccode

berikut Tips dan Trik Mudah Belajar Coding Bagi Pemula.

Memilih Bahasa Pemprograman

Kalian untuk planing pertama, kalian dapat memilih bahasa pemprograman yang ingin kalian pelajari, mungkin kalian dapat belajar bahasa PHP untuk pembuatan website ataupun bahasa VB.Net untuk membuat aplikasi dekstop, atau yang lainnya, kalian dapat berfokus dalam satu bahasa dahulu, memahami konsep dan dasar dari ccodingan tersebut sampai menguasai betul betul.

Memahami Dasar Dari Coding

untuk pertama – tama kalian dapat mempelajari dasar dari coding tersebut, seperti variabel, operator aritmatika, struktur data, sytax program, function dll. Kalian dapat mempelajari ini terlebih dahulu. Dilengkapi dengan contoh contoh kecil, seperti cara menampilkan sebuah tulisan, deklerasi variabel ataupun penggunaan operator aritmatika.

Memahami Algoridma Program

berikutnya setelah kalian memahami dasar bahasa dari coding tersebut, kalian dapa latiahn ataupun mencoba merangkai sebuah algoridma program. Mualai membuat aplikasi kecil terlebih dahulu. Contoh seperti aplikasi hitung nilai rata-rata, Membuat to do list, DST. Setelah kalian mahir dalam pembuatan program dengan bahasa yang kalian pilih, kalian dapat berancang kejenjang yang lebih tinggi lagi, seperti membuat aplikasi yang didalamnya terdapat manipulasi data yang biasa disebut dengan CRUD atau Cread Read Update dan Delete, Terhubung dengan database.

Memperbanyak Latihan

seperti yang mimin jelaskan di atas, mulai belajar dengam membuat aplikasi kecil, kalian dapat mencari di internet, kemudian kalian buat dengan versi kalian sendiri, sampai akhirnya kalain mampu membuat aplikasi sekala besar dan menjadi hak paten untuk kalian. Di internet banyak sekalai bantuan ketika kalian mengalami error dalam membuat sebuah program. Seperti stakoferflow, di situ kalian bisa mendapatkan solusi dari error program kalian di dalam forum stakoferflow. Kalian juga dapat bergabung di forum online yang terbuka untuk umum yang membahas codingan yang kalian pilih. Di Facebook ataupun di Telegram telah banyak forum tersebut.

Mencari Pendukung

berikutnya kalian dapat mencari pendukung ataupun panduan seperti sebuah buku untuk belajar, mentor ataupun mengikuti kelas online maupun offline.

Dengan mencoba dan kemaun kalian dapat belajar codingan bahasa pemprograman apapun secara otodidak. Dengan belajar di internet menurut mimin kalian sudah cukup dan mendapatkan pondasi yang cukup kuat untuk terjun kelapangan, dan terkadang kita baru tau hal yang baru saat dilapangan. Beberpa hal ada yang tidak kalian dapatkan dalam belajar di bangku kuliah dan justru kalian dapatkan diluar dari itu. Saran dari mimin juga, jangan jadikan patokan belajar kodingan harus kuliah Teknik Informatika. Mimin lulusan D3 Teknik Informatika saat terju kelapangan ternyata banyak sekali ilmu yang tidak dipelajari di kuliahan dan padahal itu penting untuk bekal terjun kelapangan. Terus menggali dan jangan merasa cukup walaupun menemukan permata.

bagi kalain ada sesuatu yang ingin ditanyakan, atau mau request seseatu, misal min buat konten tutorial bikin CRUD sederhana dong dengan bahasa PHP, atau sebagainya, kalain dapat menghiasi kolom komentar atau kontak kami di menu kotak di atas.

Trimakasih telah berkunjung…. XD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.