Tips Memilih Laptop

Tips Memilih Laptop, Hal yang harus kalian tahu

hello teman – teman, sobat sobat RC. apa kabar nih ? kalian ingin membeli laptop? namun bingung memilihnya ? Tenang kalia ini mimin akan memberikan sebuah Tips Memilih Laptop dan beberapa hal yang harus klaian ketahui dalam memilih dan menentukan laptop pilihan kalian.

Laptop pada jaman sekarang sudah menjadi alat essential, namun banyaknya jenis laptop kadang kala membuat kita menjadi bingung untuk memilh.

Laptop menjadi alat kerja komputer yang nyaman, mudah dibawa kemana saja dan dapat dipakai dimanasaja dan kaanpun. Tentu saja jika daya batrenya masih ada. Hehehe, atau ada colokan listrik. Ya kali kan, kalian d kafe, pengen ngerjain tugas, tapi laptop yang dibawa dayanya habis, tambah lagi gak ada colokan listrik. Jadi sama saja tidak bisa di operasikan, hehehe. Intinya, jangan lupa bawa colokan dan cesan nya ya teman teman. Karena sehebat apapun laptop anda jika tidak bisa nyala, tidak ada gunanya.

Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui, bukan hanya soal harga, namun kebutuhan sfesifikasi dan kelebihan laptop pilihan kalain juga perlu kalian ketahui dan perhatikan.

Berikut tios daari mimin untuk memilih laptop, simak artikel ini sampai habis ya…

CPU

Tips dalam memilih laptop yaitu kalian perlu mengentahui CPU laptop produk yang ditawarkan, semakin baru generasi CPU, semakin bagus pula. Semakin tinggi sfesifikasinya, semakin bagus juga. Jika kalian memerlukan laptop untuk kebutuhan gaming, mimin sarankan minimal Inter Core I5 atau Rayzen 5.

Kemmbali lagi, seperti yang mimn katakan, sesuai kebutuhan, jika kalian kebutuhan hanya untuk mengoperasikan office misalnya, Intel Core I3 pun sudah cukup sekali menurut mimin, I3 pun untuk editing foto juga memadai seperti menggunakan aplikasi PhotoShop dan Corel Draw keluaran tahun 2014 an.

Untuk laptop dengan kinerja yang berat, mimin sarankan minimal I5 ke atas, pengalaman mimin juga sih ini. Editing video dengan aplikasi sekelas after effect tidak bisa berjalan lancar di laptop dengan prosessor I3 dibandingkan I5. dan pengalaman bermain game yang baik tentu mimin rasakan menggunakan laptop dengan spesifikasi I5.

RAM

Hal yang perlu diperhitungnkan, selain CPU, salah satunya yaitu RAM. Teknologi makin berkembang, Software pun selalu update dan berkembang, tentusaja dibutuhkan Update perangkat dan kapasitas yang cukup untuk mengimbanginya.

Ram umunya untuk laptop sekarang Minimal 4GB, untuk desain dan gaming Minimal 8GB. RAM atau Random Access Memory digunakan komputer untuk menyimpan data sementara, yang data sementara tersebut dapat melakukan banyak hal. Hal hal yang sifatnya sementara untuk dikerjakan dalam komputer, akan dimasukkan kedalam RAM ini.

Apa efeknya jika RAM penuh ? jika RAM penuh, latop kalian tidak dapat melakukan apa -apa, akan berpengaruh ke kinerja laoptop kalain yang dapat menyebabkan lemot dan kemudian akhirnya ffreeze nit responding. Pekerjaan kalian tentu akan terhambat, dan salah satu caranya yaitu dengan mematikan laptop kalian, kemudian menghidupkannya lagi. Jika hal ini terjadi, tentu akan sangat merugikan untuk pekerjaan kalian.

Idealnya untuk laptop jaman sekarang setidaknya memiliki RAM 8GB. Untuk laotp yang standart hanya untuk office word dan internetan, mungkin 4GB udah cukup. Dengan catatan, tidak banyak aplikasi berjalan dilatar belakang.

Menggunakan HDD atau SSD

kalian tahu HDD dan SSD?

HDD, Hard Disk Drive, sebuah media penyimpanan yang bersifat non-volatile, yang berarti data dapat dsimpan secara permanen, HDD ini menggunakan piringan optic. dan SSD Solite State Drive, bersifat dan berfungsi yang sama dengan HDD namin SSD ini menggunakan teknologi microchip, yang memungkinkan pembacaan dari komputer menjadi lebih cepat.

Untuk mendapatkan feforma boot lebih cepat kalian dapat menggunakan SSD. Untuk lebih lanjut perbedaan antara HDD dan SSD kalian dapat mengunjungi artikel mimin sebelumnya dengan judul Perbandingan HDD dan SSD.

Kapasitas Beterai

dalam memlih, tentu kapasitas beterai juga menjadi pertimbangan, laptop yang tahan lama akan menjadi pilihan yang bagus dikala tempat ketiadaan listrik.

Dengan melihat peringkat baterai dalam Watt-jam (Wh) atau milliamp-jam (mAh) semakin besar angka-angka ini, semakin lama baterai dapat bertahan. Misalnya, baterai dengan peringkat dari 44Wh hingga 50Wh akan memberi kamu ketahanan daya terbaik.

hal penting lainnya juga yaitu kecepatan pengisian beterai laptop, ya kalia kan, jika daya besar mengeisi beterai seharian, hehe.

Memilih Reseller

nah ini menurut mimin penting sekali juga, karena kita juga perlu memilih reseller terpercaya. Patikan reseller yang klian pilih juga memberikan jaminan garansi. Lebih baik kalian menjumapi reseller officiallnya langsung, ketimbang yang meragukan, bisa jadi barang yang mereka jual belikan, barang palsu, ataupun rakitan, bisa dibilang kualitas buruk.

Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Laptop berikutnya, dari mimin, jika kalian misal budged pas pasan, dan juga kebutuhan hanya untuk mengetik, kalian bisa memberli laptop yang harga murah kisaran 6jtan juga sudah work it. tapi lain hal jika itu untuk editing ataupun gaming. Ini menurut pengalaman mimin juga sih, sewaktu kuliah, mimin pakai laptoh yang murah 6jtan Intel Core I3 + Invidia G-force. Untuk pengetikan dan pemprograman, aman dan lancar jaya.

sekian dari mimin, semoga tips di atas dapat membantu, samapi jumpah pada artikel berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.