Xampp : Pengertian Xampp dan Fungsi

Pengertian XAMPP Lengkap dengan Fungsi dan Cara Instalasi

Xampp : Pengertian Xampp dan Fungsi – Bagi kalian yang mengambil jurusan ranah Teknologi Informatika, atau pernah belajar dan baca baca soal Teknologi Informatika, kalian pasti pernah mendengar mengenai aplikasi Xampp, tentusaja apalagi kalian yang belajar menenai aplikasi website, pasti mengel dan mengetahi aplikasi Xampp ini. aplikasi Xampp ini sangat populer digunakan oleh pelaku IT terutama yang masuk dalam ranah web Devloper.

nah bagi kalian yang baru belajar dan yang memperdalam ilmunya, pasti kalian akan bertanya tanya. aplikasi apasih itu Xampp?. disini akan kita bahas secara singkat mengenai aplikasi Xampp. mempelajari tentang aplikasi Xampp adalah tahapan awal yang wajib dilakukan, karena dengan menggunakan aplikasi ini kalian dapat menghemat uang kalian, kalian dapat menggunakan komputer kalian sebagai server website, tanap harus membangun server secara berkala, atau menyewa jasa hostingan.

Pengertian Xampp

Xampp adalah sebuah perangkat lunak komputer atau software Open Source, yang mendukung di berbagai sistem informasi, baik itu windows, linux atau mac os, aplikasi Xampp digunakan sebagai server standalone, atau server yang berdiri sendiri, yang biasa disebut dengan localhost.dari nama Xampp memiliki sebuah makna yang mana huruf X itu yang berarti merupakan Cross Platform, atau sebagai simbol aplikasi dapat dijalankan di tempat sistem operasi yang berbeda, seperti OS windows, Linux, Mac dan juga Solaris. dan huruf lainnya diambil dari sebuah aplikasi yang dibungkus menjdai satu dalam apliaksi. Huruf A merupakan awalan Apache, huruf M merupakan awalan dari Mysql atau mariaDB yang sekarang ini, Hurup P merupakan awaln dari PHP dan Perl.

Fungsi XAMPP

fungsi xampp sebagai halnya sebuah server, namun berjalan pada server lokal, dengan aplikasi xampp sebagai server lokal dapat membantu untuk mengembangkan sebuah website secara offlie sebelum nantinya dimasukkan kedalam hosting.

dengan menggunakan xampp dapat membuat sebuah jaringan server intranet, dengan demikian dapat menampilkan konten yang ada didalam website kepada orang lain tanpa harus terkoneksi ke internet, namun menggunakan cukup dengan terkoneksi kejaringan intranet lokal, dan mengases server lokal.

XAMPP bekerja secara offline layaknya web hosting biasa namun tidak bisa diakses oleh banyak orang.

Maka dari itu, XAMPP biasanya banyak digunakan oleh para mahasiswa maupun pelajar untuk melihat hasil desain website sebelum akhirnya dibuat online menggunakan web hosting yang biasa dijual dipasaran.

Bagian Penting Xampp

Aplikasi xampp memiliki beberapa bagain penting sebagai webserver, terutama untuk sebuah pengembang website

htdoc

untuk instalasi xampp PC pasti memiliki sebuah folder htdoc dialamnya, folder htdoc ini yang berperan penting untuk menjalankan sebuah aplikasi berbasis web, karena dalam folder htdoc ini berfungsi untuk menyimpan seluruh file dan dokumen yang akan menyusun aplikasi web.

kapasistas penyimpanannya dalam htdoc ini mengikuti dari penyimpanan hardisk komputer yang digunakan.

untuk mebuka folder htdoc ini, kalian hanya perlu membuka folder instalasi xampp, didalamnya ada folder htdoc.

Control Panel

Control Panel pada xampp,digunakan dan berfungsi untuk mengatur, menjalankan dan mengelola fitur secara umum. berikut beberapa firtur dari control panel.

  • Apache, Web server yang digunakan dalam XAMPP.
  • MySQL, Database yang digunakan dalam XAMPP.
  • FileZilla, FTP Server yang dapat digunakan untuk memindahkan file antar komputer pada jaringan lokal.
  • Mercury, Mail Server berfungsi untuk menerima dan mengirim email pada suatu jaringan lokal.
  • Tomcat, Fitur ini berfungsi untuk mempercepat akses data pada halaman aplikasi website dengan mendapatkan Java Server Pages (JSP)
Xampp: Definisi, Fungsi, Komponen, dan Cara Menggunakan

Di Control Panel juga terdapat sejumlah tombol yang menjalankan fungsi penunjang lain:

  • Config : Tombol ini menuju halaman konfigurasi dasar pada XAMPP.
  • Netstat : Untuk mengecek aplikasi yang berjalan di port default XAMPP.
  • Shell : Membuka CMD. Anda bisa menggunakannya untuk melakukan konfigurasi pada web server menggunakan script CMD.
  • Explorer : Sebuah shortcut bagi Anda yang ingin langsung masuk ke folder instalasi XAMPP di windows explorer.
  • Services : Untuk menampilkan semua service yang pada saat itu sedang berjalan di background.
  • Help : Menu bantuan yang mengarahkan Anda pada forum komunitas XAMPP.
  • Quit : Tombol untuk menutup software XAMPP

PhpMyAdmin

cara menggunakan xampp

phpmyadmin ini merupakan sebuah program yang digunakan untuk mengelola dapatabse, phpmyadmin tidak hanya digunakan pada server local, namun sekarang kebanyak dari webhosting juga menggunakan phpmyadmin ini, untuk memudahkan dalam pengelolaan database.

Melalui PhpMyAdmin, kamu dapat melakukan segala konfigurasi database. kamu dapat melakukan penuliskan script query menggunakan program ini.

Cara membuka PhpMyAdmin di XAMPP cukup sederhana, dengan menuliskan URL http://localhost/phpMyAdmin di web browser. namun jangan lupa phpmyadmin dan mysql diaktifkan pada control panel.

Fitur Xampp

aaplikasi xampp ini memiliki beberapa fitur yang sangat bermanfaat, terutama dalam webserver. Diantaranya yaitu

Apache

apache sebagai webserver dari xampp, fitur dari apache ini dapat dimanfaatkan untuk menjalankan sebuah aplikasi websi pada serverlocal terlebih dahulu, sebelum akhirnya dijalankan pada server web secara online.

MySql

Mysql pada xampp, yang sekarang ini menggunakan MariaDb, digunakan untuk nampung sebuah data, yang dinamaan database, didalamnya terdapat banyak sekali data table, dan papat dimanipulasi datanya, seperti Create, Read, Update dan Delete atau istilahnya dalam IT adalah CRUD.

Php

dengan menggunakan xampp, juga dapat menjalankanPHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. dan sekarang PHP menjadi sebuah bahasa pemprograman yang powwerfull untuk membangun sebuah website.

baca juga Cara menginstall xampp di windows

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.